Cara Tepat Agar Kitchen Sink Anda Bersih Bebas Bakteri

Dari semua peralatan yang ada di dapur, kitchen sink atau yang sering juga dikenal sebagai wastafel merupakan salah satu peralatan dapur yang perlu Anda bersihkan setiap hari. Hal ini karena sink selalu digunakan setiap hari tanpa terkecuali, mulai untuk membersihkan sayuran sebelum dimasak hingga mencuci piring kotor setelah masak dan juga makan bersama keluarga. Sebagai salah satu tempat yang seringkali kotor di dapur, kebersihkan kitchen sink Anda sangat perlu diperhatikan karena dapat berpengaruh pada kebersihan dapur secara keseluruhan.

 

Sisa-sisa makanan, kotoran dan noda yang dibiarkan dapat menimbulkan masalah baru, seperti kontaminasi bahan makanan hingga timbulnya jamur serta bakteri. Hal ini mungkin tidak pernah Anda pikirkan sebelumnya, namun logikanya Anda membersihkan berbagai piring kotor, daging mentah, sayur hingga buah-buahan disini yang membuat tempat cuci piring Anda sangat berpotensi menjadi kotor. Agar sink Anda tetap bersih dan higienis, berikut ini ada cara tepat membersihkan kitchen sink yang bisa Anda coba di rumah masing-masing.

      Gunakan sarung tangan karet untuk melindungi tangan Anda dari kontaminasi bakteri maupun kotoran yang ada di sink.

      Tutup lubang air lalu isi sink Anda dengan air panas hingga penuh.

      Beri perasan jeruk nipis atau lemon ke dalam sink Anda. Masukkan juga potongan lemon atau jeruk nipis yang sudah diperas ke dalamnya.

      Biarkan selama 1 (satu) jam atau hingga airnya dingin.

      Setelah air di dalam sink dingin, buka sumbat lubang air untuk menguras air tadi. Jangan lupa ambil potongan lemon atau jeruk nipis yang diletakkan didalam sink agar tidak menyumbat jalur air sink.

      Untuk membersihkan permukaan sink, Anda bisa menaburkan baking soda ke seluruh permukaan sink lalu menggosoknya dengan sikat bersih.

      Bisa juga dengan membuat pasta dari campuran air dan baking soda, lalu letakkan soda tadi di spot-spot sink yang terlihat kotor atau ada endapan kotoran.

      Gosok dengan sikat untuk menghilangkan kotoran sekaligus baking soda

      Bersihkan permukaan sink dengan air.

      Untuk disinfeksi alami dan juga membuat sink Anda tampil mengkilap, potong lemon menjadi dua bagian lalu taburi garam diatasnya. Gosok-gosok potongan lemon tadi di permukaan wastafel dan biarkan kira-kira 15 menit.

      Setelah itu bilas dengan air hingga bersih.

      Agar lubang air sink juga bersih dan bebas dari bau tak sedap, tuang cuka ke dalam lubang sink dan biarkan beberapa menit.

      Lalu siram lubang air sink dengan air panas untuk menghilangkan sisa-sisa makanan yang mungkin mengendap di aliran air sink sekaligus mengeliminasi bau tak sedap di dalamnya.

      Keringkan sink dengan kain lap dan Sink Anda kembali bersih, mengkilat dan higienis.

 

Karena sink selalu digunakan setiap hari, maka tidak ada salahnya untuk membersihkan sink setiap hari kan! Anda bisa melakukannya di malam hari setelah selesai makan malam agar sink kembali bersih saat harus digunakan lagi keesokan harinya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

TOP