Dapur Bersih Bebas Jamur

Ada banyak material pembuat perabotan yang bisa ditemukan di setiap rumah. Mulai dari perabotan yang terbuat dari logam seperti stainless steel, besi dan aluminium hingga yang terbuat dari kayu. Kondisi cuaca sekaligus sirkulasi udara di dalam rumah bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya jamur di perabotan yang ada di rumah.

 

Salah satu ruangan yang harus Anda perhatikan kebersihannya dan harus bebas dari jamur adalah dapur. Di dapur, Anda menyiapkan makanan bagi keluarga hingga menyimpan berbagai peralatan makan yang setiap hari digunakan keluarga. Jamur dapat mengontaminasi bahan makanan yang Anda miliki hingga membuat udara di dalam dapur tidak sehat. Akibatnya, tidak hanya makanan Anda yang tidak higienis, tetapi kesehatan juga bisa terganggu jika terlalu lama terpapar jamur yang ada di udara.

 

Terdapat banyak celah di mana jamur bisa berkembangbiak di dapur, misalnya di spons cuci piring yang kotor di kitchen set yang sering lembap maupun sampah yang tidak dibersihkan. Masalahnya, jamur terkadang tidak terlihat oleh mata atau terbentuk di area-area yang susah dijangkau atau tersembunyi di dapur. Agar dapur Anda bebas jamur, berikut ini cara-cara yang bisa Anda coba lakukan.

 

1.     Perhatikan kitchen set yang ada di dapur Anda. Jika ada bagiannya yang sudah rusak, keropos atau terasa lembap, segera beri baking soda untuk menyerap kelebihan kelembapan yang ada di kitchen set, lalu setelah itu beri minyak cengkeh atau cengkeh yang sudah ditumbuk halus di sekitar kitchen set yang berjamur. Cengkeh diketahui mengandung antiseptik yang bisa membasmi jamur secara alami. Setelah ditaburi cengkeh, gunakan kain bersih untuk menghilangkan sisa cengkeh sekaligus jamur yang ada di kitchen set Anda. Lapisi juga permukaan kitchen set Anda dengan pernis agar terhindar dari jamur dan pelapukan.

 

2.     Hindari menyimpan bumbu-bumbu masak dalam waktu lama karena bisa mengundang jamur untuk berkembang biak di sekitarnya dan membuat seisi dapur terkontaminasi jamur juga.

 

3.     Perhatikan sirkulasi di dapur Anda. Pastikan jendela maupun ventilasi berfungsi dengan baik jadi aroma-aroma setelah memasak bisa keluar dan berganti dengan udara segar. Hal ini juga untuk mengatur kelembapan di dapur agar tak bisa ditumbuhi jamur.

 

4.     Bersihkan spons pencuci piring setiap hari dan ganti spons secara berkala.

 

5.     Untuk telenan dari kayu, jangan digunakan untuk memotong daging mentah dan selalu disinfeksi dengan air panas dan perasan lemon untuk menghilangkan bakteri di permukaannya. Selain itu, keringkan permukaan talenan kayu sebelum disimpan untuk mencegah timbulnya jamur di permukaannya.

 

Meski membutuhkan tambahan waktu dan tenaga untuk membersihkan dapur, namun hal ini akan semakin membuat Anda menjadi ibu yang baik yang sangat memperhatikan detail untuk menjaga kebersihan dapur sekaligus menjaga kesehatan keluarga. Dapur bersih minimalis pun bukan lagi sekedar wacana. Selamat mencoba!

TOP