Hindari Berbagai Kesalahan Dalam Menata Dapur

Dapur merupakan salah satu ruangan penting di sebuah rumah. Tidak berlebihan rasanya jika Anda menyisihkan waktu dan tenaga untuk menata dapur sedemikian rupa hingga menjadi ruang yang nyaman. Hal ini karena Anda biasanya menghabiskan banyak waktu di dapur untuk menyiapkan makanan, bersih-bersih hingga ngobrol santai dengan keluarga atau teman.

 

Jika Anda tidak memiliki budget untuk menggunakan jasa interior designer yang mumpuni tidak masalah! Anda pun bisa menata dapur sendiri sesuai dengan selera dan juga style yang diinginkan. Tidak peduli jika Anda memiliki dapur sempit, menata dapur sempit nan minimalis bukanlah hal yang mustahil. Meski demikian, ada hal-hal yang harus Anda hindari agar dapur lebih fungsional dan nyaman. Berikut ini ada 5 kesalahan saat menata dapur yang harus Anda hindari.

 

Kitchen Triangle yang Diabaikan

Kitchen triangle merujuk pada area memasak yang menghubungkan 3 fungsi sekaligus, yaitu area memasak, meracik bumbu dan mencuci bahan. Ketiga fungsi ini diwakili oleh kompor, lemari es dan bak cuci piring. Ketiga peralatan dapur ini harus ditata berdekatan satu sama lain agar flow memasak jauh lebih cepat dan efektif. Hindari meletakkan ketiga alat dapur ini berjauhan agar dapur kecil Anda lebih fungsional dan nyaman.

 

Tidak Ada Ventilasi

Meski dapur Anda kecil, jangan melupakan keberadaan ventilasi di dapur. Anda membutuhkan sirkulasi udara yang baik di dapur agar semua bau dan asap saat memasak bisa keluar dan berganti dengan udara segar. Tanpa ventilasi, dapur kecil Anda akan terasa pengap, sehingga bisa membuat kurang nyaman saat harus memasak di dalamnya. Selain itu, sirkulasi udara yang tidak baik di dapur juga bisa menimbulkan masalah lain, yaitu perkembangbiakan kuman dan bakteri yang bisa buat dapur tidak sehat.

 

Sistem Pencahayaan yang Buruk

Banyak yang memasang sistem pencahayaan ala kadarnya di dapur karena menganggap dapur hanya space untuk memasak. Namun pencahayaan yang salah akan membuat dapur Anda terlihat lebih kecil dan sumpek. Selain itu, pencahayaan dapur yang temaram akan mengundang serangga dan hewan pengerat seperti kecoa dan tikus untuk masuk ke dapur. Pertimbangkan untuk menggunakan lampu yang terang dan untuk sentuhan artistik bisa dengan menambahkan lampu di bawah lemari kabinet untuk menciptakan ilusi ruangan yang lebih luas.

 

Tidak Memasang Kabinet

Banyak yang beranggapan dapur kecil tidak perlu diisi terlalu banyak furnitur. Namun dari sekian banyak furnitur yang ada di dapur, lemari kabinet adalah yang terpenting. Disini Anda bisa menyimpan berbagai bumbu dapur hingga peralatan masak dan makan sehingga dapur terlihat lebih rapi.

 

Melupakan Dinding Ubin (Backsplash)

Saat menata dapur, Anda jangan sampai melupakan memasang ubin di dinding yang dekat dengan kompor dan juga bak cuci piring. Hal ini untuk mencegah minyak dan air mengenai dinding yang bisa membuat dinding terlihat kotor dan lembab.

 

Dengan mengetahui 5 hal-hal yang harus dihindari saat menata dapur diatas, paling tidak Anda bisa memiliki dapur bersih minimalis modern meski tanpa bantuan profesional. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan kerapihan barang-barang yang ada di dalam dapur agar dapur kecil Anda selalu terlihat rapi. Karena memiliki dapur kecil bukan alasan untuk buat dapur terlihat seadanya, yuk segera atur kembali dapur Anda agar lebih rapi, sedap dipandang dan nyaman!

TOP