Saat Hari Raya, Anda Wajib Memiliki Alat Dapur Ini

Hari Raya biasanya identik dengan berbagai sajian masakan khas dan kue kering yang akan disajikan untuk sanak keluarga dan tetangga yang berkunjung ke rumah. Saat menyambut hari raya, biasanya tugas ibu rumah tangga akan semakin banyak. Mulai dari bersih-bersih rumah yang seakan sudah menjadi tradisi menjelang hari raya hingga menyiapkan berbagai makanan dan kue kering untuk menjamu para tamu yang datang berkunjung.

 

Agar kegiatan masak memasak Anda semakin efektif untuk menyambut hari raya, Anda harus memiliki berbagai alat dapur khusus untuk mendukung pekerjaan tersebut. Dengan alat masak yang sesuai, kegiatan masak memasak pun akan jauh lebih cepat. Berikut ini ada daftar alat-alat dapur yang wajib Anda miliki saat menyambut hari raya atau hari besar lainnya.

 

Timbangan

Saat memasak kue kering, ada takaran khusus untuk setiap bahan-bahan yang dipakai, misalnya tepung gula, margarin dan sebagainya. Disinilah mengapa Anda perlu memiliki timbangan agar bisa mengatur takaran berbagai bahan pembuat kue dengan pas, sehingga kue yang dihasilkan bisa lebih maksimal.

 

Mixer

Masih alat dapur untuk membuat kue kering, mixer atau mesin pengaduk sangat dibutuhkan untuk membuat berbagai kue kering khas hari raya di Indonesia. Mixer ini sangat besar manfaatnya untuk mencampur berbagai bahan dasar hingga menjadi adonan kue yang siap dipanggang.

 

Oven

Selain untuk memanggang berbagai kue kering untuk sajian hari raya, oven juga bisa digunakan untuk kegiatan masak sehari-hari, misalnya memanggang ayam hingga pizza untuk dikonsumsi keluarga. Jadi jangan lupa untuk membeli oven karena alat dapur yang satu ini selalu berguna di setiap masa, meski hari raya sudah lewat.

 

Panci Presto

Beralih ke alat dapur untuk memasak berbagai menu khas hari raya, panci presto bisa membantu proses masak menjadi lebih cepat dan efektif. Anda bisa menggunakan panci presto untuk memasak masakan berbahan daging hingga merebus ketupat dengan waktu yang lebih singkat.

 

Panci Besar

Panci besar sangat berguna bagi Anda yang ingin memasak makanan berkuah khas hari raya dalam jumlah banyak, misalnya seperti kuah untuk pelengkap ketupat, opor ayam, gulai dan menu istimewa lainnya. Panci berukuran besar memungkinkan Anda untuk masak dalam jumlah besar dalam sekali masak, sehingga tidak harus masak berkali-kali seperti saat menggunakan panci berukuran kecil.

 

Blender

Agar bisa menghaluskan banyak bumbu masak lebih cepat, keberadaan blender wajib Anda miliki di dapur. Anda bisa menghemat banyak waktu ketika harus menghaluskan berbagai bahan makanan untuk memasak dibanding harus diulek dengan tangan.

 

Berbagai Jenis Pisau

Untuk memperlancar proses masak memasak, ada baiknya Anda memiliki koleksi pisau lengkap sesuai dengan fungsinya, misalnya pisau untuk memotong daging, mengupas kulit buah dan sebagainya. Ada baiknya menggunakan pisau yang berbeda saat mengolah makanan agar tak terjadi kontaminasi bakteri dan menjaga kebersihan makanan.

 

Dengan begitu banyaknya peralatan dapur yang harus Anda miliki untuk menunjang kegiatan masak-memasak yang lebih efektif, Anda harus bisa menata dapur sedemikian rupa agar tetap rapi dan bersih. Letakkan peralatan dapur yang penting dekat dengan area memasak agar Anda tidak perlu mencarinya kesana kemari. Selain itu, jangan lupa untuk mencuci semua peralatan dapur dengan bersih dan menyimpannya dengan benar agar selalu bersih saat akan digunakan lagi untuk memasak.

TOP