Cara Efektif Membersihkan Oven

Cara Efektif Membersihkan Dan Merawat Oven2

Oven merupakan salah satu peralatan dapur yang wajib dimiliki setiap rumah. Mulai dari memasak makanan berat hingga memanggang kue kering, oven memiliki banyak manfaat yang bisa membuat proses masak memasak Anda lebih mudah dan cepat. Ada banyak jenis oven yang saat ini ada di pasar, seperti oven gas, oven kompor minyak tanah hingga oven listrik.

Kegunaan oven-oven tersebut umumnya sama, yang membedakan hanya kemudahan dalam menggunakannya. Misalnya oven listrik yang memiliki pengatur suhu sehingga memudahkan proses memanggang dan oven gas yang menggunakan api dari kompor gas untuk memasak makanan di dalamnya.

Meski berbeda, umumnya untuk membersihkan oven menggunakan langkah-langkah yang sama. Oven perlu selalu dibersihkan setelah selesai dipakai agar tak ada sisa makanan yang tertinggal dan gosong di bagian dalam oven yang kemudian bisa mempengaruhi makanan berikutnya yang dipanggang di dalam oven tersebut. 

Noda minyak dan serpihan panggangan yang tertinggal di dalam oven dapat menyerap panas dan membuat oven menjadi kurang efisien dalam beragam kebutuhan Anda. Anda perlu untuk menjaga kaca oven senantiasa bersih sehingga Anda pun dapat mengecek keadaan masakan Anda.

Cara Efektif Membersihkan Oven 

Cara Efektif Membersihkan Oven

Membersihkan oven bukanlah hal yang terlalu susah maupun rumit. Berikut ini ada cara efektif membersihkan oven yang bisa Anda coba di rumah masing-masing.

  • Keluarkan rak-rak oven terlebih dahulu, masukkan ke dalam bak cuci piring untuk dibersihkan secara terpisah.
  • Untuk membersihkan bagian dalam oven, letakkan cuka di dalam wadah tahan panas lalu masukkan ke dalam oven dan set dengan suhu tinggi. Biarkan selama 5 menit. Tunggu hingga oven dingin, lalu gunakan kain kering untuk mengelap bagian dalam oven. Cuka yang dipanggang tadi mampu melunakkan berbagai noda makanan yang sudah gosong di dalam oven agar lebih mudah dibersihkan.
  • Bahan lain yang bisa Anda gunakan adalah baking soda. Cara pemakaiannya adalah dengan memasukkan 2 sendok makan baking soda ke dalam botol semprot dan tambahkan setengah gelas air lalu kocok hingga baking soda di dalamnya larut. Setelah itu,  semprot bagian dalam oven dan diamkan selama 1 jam hingga kerak yang ada di dalamnya tampak lebih lunak, lalu lap dengan kain yang dibasahi dengan air hangat.
  • Anda juga bisa menggunakan lemon untuk membersihkan oven. Gunakan sari air lemon sekitar setengah cangkir dan campur dengan 1 gelas air lalu aduk sampai rata. Setelah itu, masukkan campuran ini ke dalam wadah, lalu letakkan di dalam oven. Hidupkan oven pada suhu tinggi selama 5 menit, kemudian matikan oven dan biarkan wadah tetap di dalam selama 10 menit. Proses membersihkan oven akan lebih mudah dengan uap dari sari lemon.
  • Bahan lainnya dalah dengan menggunakan garam dapur. Caranya adalah dengan menaburkan garam dapur ke dalam oven yang masih panas lalu biarkan hingga dingin. Setelah itu, sikat dengan sikat kasar lalu lap hingga bersih.
  • Untuk menghilangkan bau tidak sedap dari oven Anda, gunakanlah minyak esensial vanili yang biasanya digunakan untuk membuat kue. Caranya adalah dengan mencampur satu sendok makan sabun cair Sunlight Jeruk Nipis dengan satu setengah cangkir baking soda, empat tetes minyak esensial vanili dan seperempat cangkir cuka putih. Oleskan campuran tersebut dengan kuas ke seluruh bagian di dalam oven lalu diamkan selama 8 jam atau semalaman. Siapkan air dalam mangkuk dan gunakan spons untuk menggosok dengan lembut seluruh bagian dalam oven dan kemudian keringkan memakai lap yang bersih.
  • Jika bagian dalam oven sudah bersih dari noda, jangan lupa bersihkan bagian kaca oven. Letakkan sabun cuci piring dan air di dalam botol spray, lalu semprotkan ke bagian kaca oven. Gunakan kain kering untuk mengelap bagian kaca tadi hingga tidak ada sisa sabun yang tertinggal.
  • Jika bagian dalam sudah selesai dibersihkan jangan lupa membersihkan bagian luar oven. Bersihkan handle oven dengan menggunakan pembersih serba guna atau pembersih alami untuk membersihkannya, misalnya jeruk nipis. Manfaat jeruk nipis yang bisa membasmi kuman dan memberi kesan fresh tentu bisa membuat handle oven Anda kembali bersih dan beraroma segar.
  • Selain handle, Anda juga harus membersihkan bagian luar oven. Mulai dari bagian atasnya hingga bagian jendela luar oven.
  • Setelah selesai semuanya, bersihkan rak oven yang tadi diletakkan di bak cuci piring. Cuci rak seperti mencuci piring seperti biasanya, keringkan dan masukkan kembali ke dalam oven.

Cara Efektif Merawat Oven

Cara Efektif Merawat Oven

Selain menjaga kebersihan oven, Anda juga harus merawat oven agar  bisa berfungsi dengan baik. Cara yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Pastikan oven tidak terhubung dengan listrik saat Anda membersihkannya.
  • Karena oven digunakan untuk memproses makanan, ada baiknya tidak menggunakan bahan kimia yang keras ketika membersihkan oven. Jika Anda menggunakan pembersih serba guna atau sabun cuci piring, pilihlah yang mengandung bahan alami seperti lemon atau jeruk nipis yang terbukti aktif membersihkan berbagai noda.
  • Gunakan alumunium foil atau oven sheets yang mudah dibersihkan. Lembaran anti lengket ini tersedia dengan berbagai pilihan ukuran yang sesuai dengan berbagai ukuran oven dan hal itu mempermudah anda membersihkan dasar oven.
  • Jangan menggunakan benda dengan permukaan tajam untuk membersihkan sisa makanan yang gosong di dalam oven.

Dengan menjaga kebersihan oven dan juga merawatnya maka oven akan selalu bersih dan ready jika ingin digunakan untuk memasak selanjutnya. Selain itu umur pakai oven juga akan semakin lama. Semoga bermanfaat!

TOP