Cara Tepat Cegah Serangga Masuk Dapur

Dapur merupakan salah satu ruangan penting di dalam rumah yang kebersihannya harus selalu dijaga. Hal ini karena disinilah Anda menyiapkan makanan untuk keluarga, menyimpan bahan makanan dan juga menghabiskan banyak waktu. Oleh karena itu, dapur harus terbebas dari yang namanya kotoran, sampah dan juga serangga yang bisa memicu berbagai penyakit.

 

Kecoa semut hingga tikus adalah beberapa jenis hewan yang sering ditemui masuk ke dalam dapur. Akan sangat riskan jika Anda memakai sejenis pestisida untuk membunuh hewan-hewan tersebut karena bisa juga mengontaminasi bahan makanan yang ada di sekitarnya. Cara terbaik agar dapur Anda bebas dari serangga adalah dengan melakukan tindakan pencegahan. Namun jika serangga tersebut sudah terlanjur masuk ke dapur Anda, ada cara untuk mengatasinya. Berikut ini ada cara-cara efektif yang bisa Anda lakukan untuk cegah serangga masuk ke dapur.

 

Cuci peralatan dapur segera setelah selesai digunakan

Alat masak, piring, gelas dan piring kotor harus segera dicuci setelah Anda selesai memasak atau makan bersama. Sisa makanan yang ada di piring kotor bisa mengundang serangga mampir ke dapur Anda. Oleh karena itu, jangan biarkan piring kotor berada lama di wastafel. Segera cuci dan buang sisa makanan ke tong sampah.

 

Pasang penerangan yang memadai

Perhatikan lampu yang ada di dapur Anda. Jika terlihat temaram dan tidak terlalu terang, segera ganti dengan lampu yang lebih terang. Hal ini untuk membuat dapur terlihat lebih bersih, tidak lembab dan terang sehingga membuat hewan seperti tikus takut untuk masuk ke dapur.

 

Buang sampah setiap hari

Biasakan untuk selalu membuang sampah yang ada di dapur ke luar rumah setiap hari. Anda pasti membuang banyak bahan makanan mentah plus sisa makanan yang tidak habis ke dalam tong sampah di dapur bukan? Jika tak segera dibuang keluar, hal ini bisa memancing serangga dan tikus masuk ke dapur untuk mencari makanan.

 

Nah, jika dapur Anda sering didatangi serangga dan hewan pengerat seperti tikus, tak perlu terlalu panik. Ada kok cara untuk mengusir mereka jauh-jauh dari dapur Anda! Seperti disebutkan diatas, sebisa mungkin minimalisir penggunaan pestisida atau racun untuk membunuh hewan-hewan tersebut. Bahan kimia yang ada di racun bisa mengenai bahan makanan yang Anda simpan di dapur Ujung-ujungnya bisa menyebabkan gangguan kesehatan serius bagi Anda dan keluarga. Berikut ini ada 5 bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk buat dapur bersih bebas serangga.

 

Daun Kemangi

Selain bisa dijadikan lalapan, daun kemangi segar ternyata juga bisa digunakan untuk mengusir serangga di dapur lho! Aromanya yang kuat membuat serangga tidak ingin dekat-dekat dengan kemangi. Cara penggunaannya pun sederhana. Letakkan kemangi di dalam botol yang berisi air lalu taruh di sudut-sudut dapur. Selain mengusir serangga, aroma fresh kemangi juga bisa buat dapur terasa lebih segar.

 

Kopi Bubuk

Ambil kopi bubuk lalu letakkan di piring. Setelah itu bakar dengan korek api hingga mengeluarkan asap. Asap ini bermanfaat usir serangga di dapur Anda.

 

Air Lemon

Peras lemon lalu letakkan di botol spray. Setelah itu semprotkan ke area dapur yang sering didatangi serangga, seperti sudut-sudut kabinet, pintu dapur dan sebagainya.

 

Menjaga kebersihan dapur dari serangga merupakan salah satu cara menjadi ibu yang baik bagi keluarga. Semoga bermanfaat!

TOP