Peralatan Dapur Baru Haruskah Dibersihkan Dulu?

Mengingat frekuensi pemakaian berbagai peralatan dapur sangat tinggi, tidak salah rasanya jika para ibu rumah tangga secara berkala membeli peralatan dapur yang baru. Selain untuk menunjang proses masak memasak yang lebih cepat dan efisien, penggantian peralatan masak yang sudah usang juga sangat penting untuk menjaga kesehatan keluarga. Misalnya panci dan alat masak  yang sudah berkarat atau wajan yang permukaan anti lengketnya sudah mengelupas harus segera diganti karena jika terus dipakai untuk memasak, maka logam berat dan juga kimia yang ada di peralatan masak usang bisa masuk ke masakan yang dimasak dan akan berbahaya jika masuk ke dalam tubuh.

 

Saat memiliki peralatan dapur baru, banyak para ibu yang langsung menggunakannya tanpa dicuci terlebih dahulu. Hal ini sangat tidak disarankan karena terkadang peralatan dapur yang baru dibeli masih memiliki aroma yang kurang sedap akibat proses produksi atau penyimpanan selama di toko. Ada kemungkinan peralatan dapur baru Anda terkena kotoran, debu maupun masih memiliki sisa-sisa bahan kimia yang digunakan untuk memproduksi peralatan dapur tersebut.

 

Maka dari itu peralatan dapur baru Anda harus dicuci terlebih dahulu sebelum digunakan, bahkan jika Anda membeli alat dapur unik sekalipun seperti piring karakter atau slicer. Berikut ini ada tips bagaimana mencuci berbagai peralatan dapur yang baru dibeli. Tips ini berlaku untuk semua jenis peralatan dapur yang Anda beli ya!

      Cuci peralatan dapur baru tadi seperti Anda cuci piring sehari-hari.

      Letakkan air hangat di mangkuk, lalu campurkan sabun pencuci piring yang mengandung jeruk nipis dan anti bakteri seperti Sunlight Plus Anti Bakteri. Hal ini karena ekstrak jeruk nipis bisa meninggalkan aroma segar di peralatan masak. Dan kandungan anti bakteri berguna untuk membunuh kuman dan bakteri yang mungkin ada di peralatan dapur baru Anda.

      Bilas peralatan masak baru yang sudah dicuci tadi dengan air mengalir hingga bersih.

      Untuk peralatan dapur berbahan logam, seperti stainless steel, besi atau aluminium, bisa langsung dikeringkan dengan cara dilap menggunakan kain kering. Untuk peralatan dapur dari plastik, Anda bisa menggunakan kain untuk mengeringkannya atau menggunakan cahaya matahari untuk mengeringkan sekaligus disinfeksi alami untuk peralatan dapur Anda yang baru tadi.

      Setelah kering, simpan peralatan dapur di tempatnya masing-masing atau bisa juga langsung digunakan

 

Dengan demikian, peralatan yang Anda pakai untuk memasak akan terjaga kebersihannya dan juga steril dari kontaminasi bakteri dan kotoran yang bisa mempengaruhi kesehatan keluarga. Jika selama ini Anda hanya membasuh peralatan dapur yang baru dibeli sebelum dipakai, maka jangan lupa untuk dicuci terlebih dahulu. Tidak akan memakan waktu lama atau banyak menghabiskan tenaga. Yang terpenting, kebersihan dapur dan juga peralatan di dalamnya bisa terjaga sehingga Anda pun bebas memasak makanan lezat untuk keluarga.

TOP