Efektif Membersihkan Kotak Makan Anak

Menjadi ibu yang baik membutuhkan komitmen dan juga dedikasi yang luar biasa. Salah satunya adalah dengan menjaga kesehatan keluarga lewat makanan dan juga bersih-bersih rumah. Untuk memastikan anak hanya mengonsumsi makanan yang bergizi dan higienis, banyak para ibu yang membawakan bekal untuk anak ke sekolah.

 

Tempat makan dari plastik biasanya menjadi pilihan wadah bekal untuk anak karena praktis dan bisa dengan mudah ditemukan di pasaran. Meski demikian, tempat makan dari plastik mudah terkena noda dan menyimpan bau, terutama ketika digunakan untuk menyimpan makanan yang memiliki aroma yang kuat.

 

Selain itu, wadah plastik juga mudah tergores. Sisa makanan bisa masuk ke dalam goresan tersebut dan mengendap menjadi tempat bakteri. Oleh sebab itu, Anda harus membersihkan tempat makan plastik dengan benar untuk menghindari kemungkinan kontaminasi bakteri di bekal makan anak. Apapun jenis dan merek tempat makan yang Anda beli untuk anak, yang terpenting adalah harus dibersihkan dengan benar agar bersih dan juga awet.

 

Meski tempat makan yang terbuat dari plastik biasanya bisa dibeli dengan harga terjangkau, namun jika dirawat dengan baik maka bisa digunakan dalam jangka waktu panjang dan menghemat uang belanja. Berikut ini ada tiga cara efektif dan benar dalam membersihkan kotak makan anak yang bisa Anda coba lakukan di rumah masing-masing.

 

      Gunakan sabun cuci piring dengan ekstrak jeruk nipis.

Jeruk nipis terkenal mampu menghilangkan noda dengan efektif sekaligus meninggalkan aroma segar di peralatan dapur. Gunakan sabun cuci piring dengan ekstrak jeruk nipis seperti Sunlight jeruk nipis 100 untuk mencuci tempat makan anak seperti biasa, lalu gunakan air hangat untuk membilasnya. Dengan demikian, tempat makan anak bisa tetap bersih dan beraroma segar.

 

      Cuka untuk noda membandel.

Jika makanan terlalu lama disimpan di kotak makan, biasanya akan meninggalkan noda yang susah hilang. Misalnya seperti makanan yang menggunakan kunyit dan santan. Untuk menghilangkan noda membandel tersebut, tambahkan cuka ke dalam sabun pencuci piring, lalu cuci kotak makan seperti biasa dan bilas dengan air panas.

 

      Jemur di bawah sinar matahari.

Sinar matahari juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda di tempat makan yang terbuat dari plastik. Menjemur tempat makan di bawah sinar matahari juga bisa menghilangkan bakteri yang mungkin ada di tempat makan tersebut. Untuk noda membandel, jangan lupa untuk mencuci kembali tempat makan setelah dijemur. Untuk menghilangkan aroma tak sedap, simpan kembali tempat makan anak setelah selesai dijemur.

 

Setelah selesai dicuci, keringkan tempat makan anak hingga benar-benar kering sebelum disimpan kembali di rak piring atau lemari kabinet. Agar tempat makan anak tetap awet dan terjaga kebersihannya, selalu cuci tempat makan anak segera ketika dia pulang ke rumah. Buang sisa makanan dengan segera dan rendam di air hangat yang sudah diberi sabun cuci piring agar lebih mudah membersihkannya. Selain itu, jangan gunakan spons dengan permukaan yang keras untuk mencucinya agar tidak menimbulkan goresan.

 

Selain harus memasak makanan yang bergizi, Ibu pasti masih memiliki banyak hal yang harus dilakukan dengan membersihkan tempat makan anak. Hal ini tentu akan menambah daftar panjang tugas ibu rumah tangga yang harus Anda kerjakan. Namun, semua hal tersebut tentu akan memberikan kebaikan untuk keluarga. Semoga bermanfaat!

TOP