Tips Menata Dapur dan Ruang Makan Jadi Satu

Memiliki rumah yang fungsional dan penuh gaya tentu keinginan setiap orang. Banyak yang mendesain setiap ruangan yang ada di rumah dengan gaya tertentu yang disesuaikan dengan keinginan masing-masing pemilik rumah. Namun, banyak yang terkendala dengan luas bangunan rumah yang terbatas. Dengan ruang yang terbatas, Anda pun harus memikirkan desain ruangan yang terbaik untuk membuat rumah Anda lebih fungsional dan setiap ruangan penting berfungsi dengan baik. Mulai dari kamar tidur, ruang tamu hingga dapur semua harus ada di setiap rumah dan harus berfungsi dengan baik.

 

Terbatasnya luas rumah bukan berarti Anda harus menghilangkan salah satu ruangan penting di dalam rumah, lho! Solusi terbaik adalah menggabungkan dua ruangan yang fungsinya hampir sama, seperti misalnya ruang makan dan dapur. Ide ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menata dapur sempit yang ada di rumah. Anda bisa meletakkan meja makan di daerah dapur, sehingga menghemat ruang untuk ruang makan. Selain itu, Anda juga bisa bekerja dengan lebih efektif. Karena begitu selesai masak, Anda bisa langsung menempatkannya di meja makan yang ada di dapur dan menikmatinya bersama keluarga. Selesai makan, Anda bisa langsung meletakkan piring kotor di wastafel cuci piring yang ada di dapur.

 

Dengan penggabungan ruang makan dan dapur, maka Anda bisa memaksimalkan luas rumah yang terbatas untuk menciptakan ruang yang fungsional. Selain itu, Anda juga bisa menghemat budget desain rumah karena menggabungkan dua ruangan sekaligus. Jika Anda tertarik dengan ide menggabungkan kedua ruangan ini, berikut ini ada tips menggabungkan ruang makan dan dapur yang bisa jadi panduan Anda.

 

Ukuran Kitchen Set

Hal pertama yang harus Anda perhatikan ketika ingin menggabungkan ruang makan dan dapur adalah pemilihan kitchen set yang benar. Untuk dapur yang sempit, kitchen set model single atau model L adalah pilihan yang tepat karena desainnya yang minimalis dan tidak membutuhkan terlalu banyak tempat, cocok untuk dapur kecil Anda. Ruang yang masih kosong bisa digunakan untuk meletakkan meja untuk makan bersama keluarga.

 

Pemilihan Meja Makan

Bentuk dan ukuran meja makan juga perlu dipertimbangkan saat mendesain dapur yang digabung ruang makan. Hal ini untuk memaksimalkan ruang dapur yang sempit tanpa membuat dapur terasa sesak dan penuh. Meja dengan ukuran tinggi dan ramping bisa menjadi pilihan, seperti meja yang terbuat dari stainless steel atau besi. Kombinasikan dengan kursi makan dengan tinggi yang sesuai dan bergaya minimalis agar dapur tak terlihat penuh sesak dan berantakan.

 

Perhatikan Penempatan Meja

Selain ukuran dan style meja makan, Anda juga harus memperhatikan penempatan meja. Hal ini dimaksudkan agar meja tidak menghalangi flow Anda selama memasak di dapur. Letakkan meja di ruang yang tidak menghalangi pergerakan Anda ketika memasa. Misalnya, Anda bisa meletakkan meja di seberang kompor tanpa menghalangi kabinet dan juga kitchen set yang ada di dapur.

 

Jadi, meski Anda memiliki ruang terbatas untuk dapur dan juga ruang makan, dengan menggabungkan kedua ruangan tersebut Anda jadi punya ruang yang multifungsi dan stylish! Selain itu, dapur pun akan lebih mudah dibersihkan karena ruangan yang lebih terintegrasi. Dapur bersih minimalis pun bisa Anda wujudkan dengan pengaturan seperti ini. Selamat mencoba!

TOP