Cara Tepat Mencuci Ragam Bahan Makanan

Untuk memasak menu kesukaan keluarga, tentu diperlukan banyak ragam bahan makanan yang berbeda. Mulai dari daging segar hingga berbagai sayur dan buah-buahan, Anda tentu memiliki banyak stok bahan makanan yang berbeda di dapur bukan? Selain resep yang benar, bahan makanan tadi juga harus dibersihkan terlebih dahulu agar makanan yang dihasilkan bersih, higienis dan bebas dari berbagai kotoran maupun bakteri yang bisa membahayakan kesehatan keluarga.

 

Mencuci berbagai bahan makanan sebelum diolah menjadi masakan adalah hal penting yang tidak boleh Anda lupakan. Langkah ini merupakan salah satu cara menjaga kesehatan tubuh Anda sekeluarga yang sering disepelekan. Sebagai informasi, ternyata beda bahan makanan beda pula cara membersihkannya. Anda harus mengetahui cara membersihkan berbagai jenis bahan makanan agar proses pembersihan lebih efektif. Berikut ini ada cara tepat mencuci berbagai ragam bahan makanan yang perlu Anda ketahui.

 

Daging Mentah

Untuk daging mentah seperti daging ayam atau sapi, ada baiknya tidak dicuci terlebih dahulu sebelum dimasak. Anda bisa langsung memasak daging tersebut untuk menghindari kontaminasi bakteri yang sering ditemukan di daging mentah. Saat Anda mencuci daging mentah di wastafel dapur, bakteri yang ada di daging bisa ikut terlarut dengan air dan mengotori peralatan dapur Anda. Hal ini tentu tidak baik untuk kebersihan dapur dan juga kehigienisan makanan yang Anda masak. Tapi, perhatikan pula cara memasak Anda. Daging harus dimasak dengan suhu minimal 100 derajat Celsius untuk memastikan kuman dan bakteri yang ada di daging mati.

 

Telur

Menurut United States Department of Agriculture (USDA), telur yang dibeli tidak perlu dicuci sebelum disimpan ke dalam kulkas. Hal ini karena di cangkang telur terdapat lapisan khusus yang mencegah bakteri menempel di telur. Meski demikian kenyataan yang sering ditemui sehari-hari adalah banyak telur yang memiliki kotoran yang menempel di cangkangnya. Jika Anda langsung menyimpannya di kulkas tentu akan riskan penyebaran bakteri di dalam kulkas. Oleh sebab itu Anda bisa mencuci telur di bawah air mengalir untuk menghilangkan kotoran di cangkangnya, lalu simpan di kulkas. Selain itu, agar bakteri tidak mengontaminasi dapur Anda, buang segera air bekas mencuci telur tadi dengan segera dan saat mencucinya, jauhkan dari peralatan dapur sebisa mungkin.

 

Sayuran dan Buah

Cara membersihkan sayuran yang benar adalah jika memiliki lembaran daun seperti kangkung atau bayam, maka Anda harus membilas setiap helai daun dibawah air mengalir. Sebagai tambahan, rendam sayuran di dalam air yang sudah diberi garam agar sisa kotoran dan hewan-hewan kecil yang mungkin ada di lembaran daun bisa mati dan hilang dari sayur Anda. Khusus untuk buah, cuci buah terlebih dahulu sebelum dikupas atau dipotong. Selain itu pastikan pula pisau yang digunakan untuk memotong buah sudah bersih agar buah bebas kontaminasi bakteri saat dikonsumsi.

 

Selain mencuci bahan makanan, pastikan juga untuk selalu mencuci tangan Anda sebelum dan sesudah selesai mengolah makanan. Selain itu gunakan air mengalir untuk membersihkan bahan makanan agar kotoran bisa bersih dengan sempurna. Lalu, lebih baik mencuci bahan makanan seperti sayur dan buah sebelum dipotong-potong untuk menghindari hilangnya vitamin dan mineral yang ada di sayur dan buah. Dengan selalu menjaga kebersihan bahan makanan, maka Anda tak hanya bisa menghasilkan makanan yang enak saja tetapi juga sehat dan penuh gizi untuk keluarga. Semoga bermanfaat!

TOP