Cara Efektif Menghilangkan Bau Telur dari Peralatan Masak

Dari sekian banyak resep makanan yang sering Anda masak di rumah, telur menjadi salah satu bahan yang paling sering digunakan. Mulai dari membuat menu utama seperti telur balado hingga membuat kue. Meski rasanya enak dan penuh gizi, namun telur memiliki bau amis yang cukup kuat dan susah hilang jika sudah menempel di tangan, tempat cuci piring hingga peralatan masak.

Bagi sebagian orang, bau amis pada telur yang kurang mengenakkan ini dianggap mengganggu. Memang bau amis yang sering dikeluarkan telur bisa mengganggu bagi orang yang tidak tahan terhadap bau-bauan. Namun tak perlu khawatir karena bau telur bisa dihilangkan dengan berbagai cara. Berikut ini ada berbagai cara efektif untuk menghilangkan bau telur di peralatan masak yang bisa Anda coba di rumah masing-masing.

Garam

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menaburkan garam di peralatan masak yang berbau amis dari telur. Biarkan selama beberapa menit, lalu bilas alat masak tadi dengan air mengalir. Bau amis pun seharusnya sudah hilang. Dan Anda juga bisa mencuci peralatan masak tersebut seperti biasa sebelum disimpan kembali.

Air Jeruk Nipis

Cara lainnya bisa dengan menuangkan air perasan jeruk nipis pada peralatan masak yang memiliki bau telur, biarkan beberapa menit lalu kemudian bilas dengan air hingga bersih. Bau amis khas telur pun seharusnya sudah hilang karena jeruk nipis dikenal mampu hilangkan berbagai bau tak sedap pada peralatan dapur. Selain itu, jeruk nipis juga bisa memberi aroma fresh pada peralatan masak Anda.

Sabun Cuci Piring dengan Ekstrak Jeruk Nipis

Jika Anda kehabisan stok jeruk nipis segar di dapur, gunakan saja sabun cuci piring dengan ekstrak jeruk nipis, seperti Sunlight Jeruk Nipis 100. Selain bisa menghilangkan noda dengan cepat, ekstrak jeruk nipis juga bisa membuat peralatan masak Anda beraroma fresh khas jeruk nipis. Cuci peralatan masak yang berbau telur dengan sabun cuci piring ini lalu bilas dengan air mengalir seperti biasa. Jangan lupa untuk mengeringkan peralatan masak sebelum disimpan.

Baca Juga : Manfaat Extra Jeruk Nipis Asli

Cuka

Cara lain yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan cuka. Tuangkan cuka secukupnya di peralatan masak yang berbau telur. Biarkan sebentar hingga bau amis hilang, lalu bilas peralatan masak tadi dengan air hingga tidak ada cuka yang tersisa.Setelah itu lanjutkan dengan mencuci peralatan masak tadi seperti biasa.

Baking Soda

Sediakan tempat yang cukup besar untuk meletakkan peralatan masak yang berbau telur, misalnya ember, baskom besar maupun wastafel cuci piring. Isi ember, baskom atau wastafel dengan air lalu beri tambahan baking soda. Setelah itu, rendam peralatan masak yang berbau telur ke dalam air tadi. Biarkan selama beberapa saat lalu cuci seperti biasa dengan sabun pencuci piring dan bilas hingga bersih.

Ternyata tidak susah untuk menghilangkan bau amis telur pada peralatan masak bukan? Lain kali ketika Anda memasak dengan bahan dasar telur, gunakan salah satu cara diatas untuk mencuci piring dan peralatan dapur lainnya yang berbau amis khas telur. Jadi Anda jangan sampai kapok menggunakan telur untuk memasak berbagai menu makanan untuk keluarga. Yuk, memasak banyak masakan enak dan bergizi untuk keluarga tanpa harus mengkhawatirkan piring kotor dan bau yang mungkin timbul!
TOP