Menjaga Kesehatan di Akhir Tahun

Bagi sebagian besar orang, akhir tahun adalah momen yang pas untuk liburan atau sekedar menghabiskan waktu bersama keluarga melakukan berbagai aktivitas menarik selama masa libur di akhir tahun. Agar libur akhir tahun Anda dan keluarga menyenangkan dan bebas gangguan, menjaga tubuh tetap fit dan bugar selama liburan tentu menjadi poin penting yang tidak boleh Anda lupakan. Liburan pun membutuhkan tubuh yang sehat untuk menjelajah tempat baru dan melakukan segudang kegiatan seru selama akhir tahun.

 

Namun seringkali karena terlalu antusias untuk liburan atau mengikuti aktivitas menarik di akhir tahun, Anda sekeluarga mengesampingkan kesehatan dengan kurang istirahat, kurang minum hingga makan sembarangan. Hal ini tentu tidak dibenarkan karena setelah liburan, Anda dan keluarga akan kembali menjalani rutinitas harian yang membutuhkan kondisi tubuh yang prima. Agar liburan akhir tahun Anda menyenangkan dan juga tetap sehat, berikut ini ada 5 cara menjaga kesehatan tubuh saat liburan akhir tahun yang bisa jadi referensi Anda.

 

Memperhatikan Makanan

Gangguan pencernaan adalah masalah yang sering dihadapi selama dan setelah liburan. Biasanya, saat liburan orang-orang sering mencoba makanan baru di tujuan wisata yang dikunjungi atau terlalu banyak mengonsumsi makanan tertentu saat akhir tahun, misalnya makanan yang terlalu manis, terlalu asin, makanan  dengan kolesterol tinggi seperti sea food, daging, cokelat, jeroan dan juga fast food. Ada baiknya selalu jaga menu makanan yang dikonsumsi keluarga saat libur agar tak ada masalah pencernaan saat libur usai.

 

Minum Air yang Cukup

Menjaga tubuh selalu terhidrasi sangat penting untuk menjaga kesehatan dan juga kebugaran tubuh. Apalagi jika Anda sekeluarga banyak melakukan aktivitas fisik selama libur akhir tahun. Pastikan Anda sekeluarga minum air putih 8 – 10 gelas per hari dan hindari mengonsumsi minuman bersoda dan juga yang mengandung kafein.

 

Melakukan Olahraga Ringan

Selama liburan, pastikan Anda sekeluarga tetap melakukan kegiatan fisik untuk menjaga kesehatan dan juga kebugaran tubuh. Tidak perlu sampai melakukan olahraga berat, namun sesederhana jalan kaki mengelilingi destinasi wisata tujuan atau sekedar jalan santai sudah termasuk olahraga ringan. Yang terpenting, tubuh harus aktif bergerak meski sedang santai berlibur.

 

Selalu Mencuci Tangan

Bakteri bisa ditemui dimana saja termasuk di tempat-tempat yang kelihatannya bersih, seperti hotel bandara, restoran dan sebagainya. Agar terhindar dari paparan bakteri yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan selama liburan, pastikan Anda selalu menganjurkan anggota keluarga untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, setelah menggunakan toilet dan sebagainya. Bawa juga hand sanitizer agar lebih mudah membersihkan tangan ketika berada di luar ruangan.

 

Mengantisipasi Perubahan Cuaca

Selama liburan, Anda perlu mengantisipasi kemungkinan perubahan cuaca yang ekstrem yang biasanya bisa membuat Anda sekeluarga sakit. Misalnya di siang hari cuaca begitu panas, tetapi berubah dingin di sore hari. Perubahan cuaca seperti ini memang tidak selalu bisa diprediksi, jadi ada baiknya untuk mengecek kondisi cuaca di tempat liburan, membawa pakaian tebal serta mengonsumsi multivitamin.

 

Dengan selalu menjaga kesehatan tubuh selama liburan atau saat melakukan banyak aktivitas seru di akhir tahun, Anda sekeluarga bisa menikmati waktu bersama dengan lebih seru dan bisa kembali beraktivitas nantinya dengan pikiran yang lebih fresh dan tubuh yang sehat. Selamat liburan!
TOP