Mengurus Rumah Tangga Tanpa Stres

Ada begitu banyak hal yang harus dilakukan para ibu di setiap harinya. Mulai dari menyiapkan makanan untuk keluarga, membersihkan rumah dan pekerjaan-pekerjaan lain yang berhubungan dengan tugas sebagai ibu dan istri. Terlepas dari kebahagiaan saat mengurus keluarga, banyaknya tugas ibu rumah tangga kerap membuat para ibu merasa stres. Hal ini tentu tak bisa dielakkan, namun bukan berarti stres saat mengurus rumah tangga tak bisa diatasi lho! Berikut ini ada 4 tips mengurus rumah tangga tanpa stres yang bisa jadi referensi untuk Anda.

 

Sempatkan Tidur Siang

Sebanyak apapun pekerjaan yang menanti di rumah, Anda harus menyempatkan diri untuk tidur siang meski hanya sebentar. Sekedar berbaring santai selama beberapa menit juga bisa dilakukan jika tak bisa memejamkan mata saat memikirkan tumpukan pekerjaan di rumah. Mengisirahatkan tubuh yang lelah bisa mengembalikan energi yang terkuras, membuat tubuh lebih rileks dan segar lagi sehingga Anda tak mudah merasa sensi dan juga stres menghadapi pekerjaan-pekerjaan rumah lainnya yang menunggu untuk diselesaikan.

 

Me Time!

Menyediakan waktu “me time” sangatlah penting untuk para ibu untuk memanjakan diri sendiri setelah melakukan pekerjaan rumah. Setiap ibu tentu memiliki cara berbeda untuk menikmati “me time”, mulai dari pergi ke salon, makan cake, ngobrol dengan teman di telepon hingga duduk santai menikmati acara televisi favorit di rumah. Lakukan hal-hal untuk menyenangkan diri Anda sendiri agar stres dan perasaan jenuh bisa hilang. Anda bisa membuat jadwal “me time” yang diketahui oleh anggota keluarga hingga Anda tidak perlu diganggu saat waktunya “me time” tiba, atau bisa juga menikmati “me time” di sela-sela melakukan aktivitas di rumah. Intinya, jangan lupa mengapresiasi diri sendiri untuk kerja keras yang sudah dilakukan sehari-hari.

 

Membagi Pekerjaan Rumah

Tidak selamanya semua pekerjaan rumah harus dikerjakan oleh ibu. Anda bisa membagi pekerjaan rumah sehari–hari dengan suami dan anak. Ajak suami dan anak untuk melakukan pekerjaan rumah yang bisa dilakukan, misalnya ajari anak untuk membereskan kamarnya sendiri, meletakkan mainan kembali ke tempatnya, meletakkan baju kotor di keranjang pakaian, membuang sampah di tempatnya, menyiram  bunga, mengajak hewan peliharaan jalan-jalan dan sebagainya. Sementara suami bisa dimintai tolong untuk melakukan pekerjaan yang sedikit membutuhkan tenaga, seperti membersihkan kamar mandi, merapikan taman, membereskan gudang, mencuci piring dan sebagainya. Anda juga bisa melakukan berbagai tugas rumah tangga bersama dengan keluarga, misalnya memasak bersama, beres-beres rumah bersama, belanja bersama dan sebagainya.

 

Liburan

Liburan bukan berarti Anda dan keluarga harus ke luar kota apalagi ke luar negeri setiap bulan. Liburan bisa sesederhana menghabiskan waktu bersama keluarga dengan makan di luar, menonton film di bioskop, jalan-jalan ke lokasi wisata di sekitar daerah tempat tinggal, piknik di taman dan atau sekedar bersantai bersama keluarga di rumah. Yang terpenting adalah memberikan waktu bagi tubuh dan pikiran untuk rileks dan santai. Liburan mampu menyegarkan kembali tubuh dan juga pikiran dengan berkumpul bersama keluarga sehingga rasa stres bisa ditekan sedemikian rupa.

 

Stres saat harus mengerjakan berbagai tugas rumah tangga merupakan salah satu konsekuensi saat menjadi ibu rumah tangga. Namun dengan mengetahui cara tepat untuk meredam rasa stres, Anda akan jauh lebih bahagia, nyaman dan juga sehat saat harus mengurus keluarga. Selamat mencoba!
TOP