Memilih Warna Cat untuk Dapur Kecil

Memiliki dapur yang kecil bukan berarti tidak bisa didekorasi sesuai keinginan Anda. Dapur merupakan salah satu ruangan penting yang ada di rumah yang terlepas seberapa besar maupun kecil space yang tersedia, harus dimaksimalkan penggunaanya agar fungsional dan juga memiliki nilai estetika. Ada banyak cara menata dapur kecil yang bisa Anda jadikan referensi untuk membuat dapur mungil Anda lebih cantik dan tetap fungsional.

 

Salah satu faktor yang penting saat menata dapur adalah pemilihan warna cat dinding. Dengan warna cat yang tepat, maka dapur kecil Anda bisa terlihat lebih luas dan lega sekaligus memberi kesan rapi dan nyaman untuk beraktifitas di dalamnya. Berikut ini ada 3 tips memilih warna cat dinding untuk dapur kecil yang bisa jadi inspirasi Anda saat menata dapur di rumah masing-masing.

 

Pilih Warna Netral

Untuk menciptakan ilusi pada ruang dapur yang sempit, warna-warna netral bisa menjadi pilihan untuk cat dinding. Warna-warna seperti putih, cokelat muda  dan abu-abu terang bisa menjadi pilihan untuk membuat dapur terlihat lebih besar. Hindari pemilihan warna cat gelap karena bisa membuat dapur kecil Anda terlihat sempit dan juga suram. Hindari juga penggunaan warna-warna yang terlalu terang karena bisa membuat dapur terlihat terlalu ramai. Solusinya, jika ingin menggunakan warna terang seperti merah, kuning dan sebagainya, pilih shade yang lembut. Anda juga bisa menggunakan warna-warna pastel yang lembut untuk warna cat dapur, lho!

 

Gunakan Gradasi Warna

Dapur kecil tidak harus selalu memiliki satu warna cat untuk dindingnya. Meski space terbatas, Anda bisa bermain dengan gradasi warna untuk bagian-bagian tertentu dapur untuk menciptakan dapur yang terlihat lebih luas dan nyaman untuk beraktifitas. Misalnya, jika plafon dapur lumayan rendah, cat bagian plafon dengan warna yang beberapa tingkat lebih cerah dari dinding yang ada di sekitarnya untuk membuat ilusi tampilan dapur yang lebih lega. Jika ruang dapur Anda memiliki sisi dinding yang tidak sama, cat dinding yang lebih pendek dengan warna yang beberapa tingkat lebih rendah dan untuk dinding yang lebih panjang dicat dengan warna yang lebih terang untuk membuat dapur terlihat lebih luas.

 

Sesuaikan Dengan Interior Rumah

Menyesuaikan warna cat dinding dapur dengan warna cat dinding untuk ruang tamu, ruang keluarga hingga kamar tidur bisa menjadi pilihan jika Anda memiliki waktu yang singkat untuk menata dapur kecil di rumah. Namun, jika warna cat di ruangan lainnya menggunakan tone yang agak gelap, khusus untuk dapur gunakan tone warna yang lebih light dan lembut. Jadi, dapur Anda tetap terlihat lega, rapi dan sejalan dengan keseluruhan style interior rumah Anda.

 

Selain pemilihan warna cat, jenis cat yang digunakan juga perlu diperhatikan. Mengingat dinding dapur memiliki resiko tinggi terkena air dan minyak saat memasak, bahkan kotoran yang bisa menempel di dinding, ada baiknya pilih jenis cat berjenis vinyl yang memiliki finishing mengkilap, tahan gores dan juga gosokan. Sehingga jika ada kotoran di dinding bisa dibersihkan dengan mudah menggunakan air. Saat ini juga tersedia jenis cat interior yang mudah dibersihkan yang bisa jadi pilihan Anda. Meski bukan pekerjaan mudah, namun memulai penataan dapur kecil dengan pemilihan warna cat dinding yang sesuai bisa menjadi langkah penting untuk membuat dapur kecil Anda lebih hidup. Semoga bermanfaat!
TOP