Pentingnya Segera Mencuci Piring yang Kotor

Setelah selesai masak dan menikmati masakan bersama keluarga, biasanya tumpukan piring kotor akan mulai terlihat di tempat cucian piring. Mungkin karena masih terlalu capek setelah beraktivitas, tumpukan piring kotor biasanya dibiarkan begitu saja untuk beberapa lama. Kebiasaan menunda cuci piring kotor ini ternyata tidak baik, lho! Apalagi sampai menumpuknya hingga waktu yang lumayan lama.

 

Ada banyak bahaya kesehatan yang mengintai Anda sekeluarga jika tumpukan piring kotor sering dibiarkan berlama-lama di dapur sebelum dicuci. Jika Anda termasuk yang sering menunda-nunda mencuci piring, penting sekali untuk segera mencuci piring kotor. Menurut situs kesehatan Alodokter, tempat cuci piring mengandung 100.000 kali bakteri lebih banyak dibandingkan dengan kamar mandi. Bakteri juga mampu melipatgandakan dirinya hingga jutaan dalam sehari sehingga bisa dibayangkan ada berapa banyak bakteri di tempat cuci piring yang bisa mengontaminasi peralatan dapur yang belum dicuci.

 

Bakteri dan kuman berbahaya bagi kesehatan yang biasa di temukan di dapur merupakan penyebab berbagai penyakit. Bakteri dan kuman yang berbahaya bagi kesehatan bisa menyebar ke dapur dan besar kemungkinan juga mengontaminasi bahan makanan yang ada di dapur. Jika sudah begini gangguan pencernaan hingga masalah serius lainnya bisa menimpa anggota keluarga.

 

Solusi terbaik adalah segera mencuci piring ketika sudah selesai beraktifitas, misalnya masak atau makan dan jangan sampai dibiarkan berlama-lama di wastafel. Apalagi jika dibiarkan hingga semalaman. Bakteri yang ada akan membuat dapur Anda tidak sehat yang tentunya akan mempengaruhi kebersihan dan juga kesehatan makanan dan minuman yang akan dikonsumsi keluarga. Jika Anda sudah terbiasa berlama-lama mencuci piring, berikut ini ada tips mudah mencuci piring yang bisa jadi referensi Anda.

 

Rendam di Air Panas

Isi wastafel cuci piring dengan air panas dan rendam piring kotor ke dalamnya. Hal ini bertujuan agar noda makanan yang menempel di piring dan peralatan dapur bisa lebih mudah dibersihkan nantinya, sehingga Anda tidak terlalu banyak mengeluarkan tenaga saat mencuci piring.

 

Gunakan Sabun Cuci Piring Anti Bakteri

Untuk meminimalisasi perkembangbiakan bakteri di peralatan dapur, Anda bisa menggunakan sabun cuci piring dengan kandungan anti bakteri, seperti Sunlight  Anti Bakteri yang tidak hanya membersihkan piring kotor dengan cepat dan efektif, kandungan anti bakteri di dalamnya juga bisa menghilangkan bakteri yang mungkin hinggap di piring dan peralatan dapur lainnya.

 

Gunakan Air Mengalir

Nyalakan air keran, namun jangan terlalu besar saat mencuci piring. Gosok piring kotor dibawah air mengalir, sehingga kotoran yang mungkin menempel bisa hilang dengan lebih cepat. Anda pun bisa mencuci piring dengan lebih murah serta tidak perlu mengeluarkan tenaga yang terlalu banyak untuk mencuci piring.

 

Jadi, secapek apa pun Anda setelah beraktivitas di dapur, jangan pernah berlama-lama untuk mencuci piring. Apalagi sampai menumpuk piring kotor di dapur. Anda juga bisa meminta bantuan kepada anggota keluarga lainnya untuk membantu mencuci piring jika sudah terlalu lelah setelah beraktivitas di dapur. Menjaga kebersihan dapur dan juga peralatan yang ada di dalamnya sangatlah penting. Salah satu cara termudah adalah mencuci piring sesegera mungkin agar bakteri dan kuman tak sempat berkembang biak di dapur. Semoga bermanfaat!

TOP