Tips Menata Alat Masak di Dapur

Menata dapur merupakan salah satu aktivitas penting yang harus dilakukan para ibu rumah tangga. Hal ini karena berkaitan dengan kenyamanan dan juga kelancaran proses memasak di dapur. Salah satu upaya yang bisa Anda lakukan adalah menata berbagai alat masak yang Anda miliki dengan sebaik mungkin.

 

Tidak hanya agar Anda mudah menemukan berbagai alat dapur ketika dibutuhkan dan terjaga kebersihannya tetapi menata perabot dapur unik juga bisa menambah nilai estetika dapur Anda. Karena setiap dapur memiliki berbagai alat masak dan benda-benda yang beragam, berikut tips efektif menata alat masak di dapur segera general yang bisa jadi referensi Anda.

 

Fungsional

Pisahkan peralatan dapur berdasarkan fungsinya masing–masing, misalnya berbagai jenis pisau dan gunting di laci kabinet dekat wastafel, peralatan makan di laci besar kabinet, berbagai bumbu dapur di laci kabinet dekat kompor dan sebagainya. Dengan mengelompokkan peralatan dapur, Anda tidak akan bingung ketika ingin mencari sesuatu di dapur karena semua ditaruh di tempat yang sudah ditentukan.

 

Aksesoris

Pilih aksesoris yang dibutuhkan di dapur dan juga bisa meningkatkan keindahan dan nilai estetika dapur secara bersamaan. Misalnya saja lemari kaca untuk menyimpan berbagai peralatan dapur dari gelas, gantungan di dinding untuk menggantung berbagai panci dan wajan dan sebagainya.

 

Manfaatkan Ruang

Jika Anda memiliki dapur sempit, jangan letakkan terlalu banyak hiasan maupun aksesoris di dapur untuk mencegah dapur terlihat terlalu padat dan ‘ramai’. Menata ruang dapur kecil harus dilakukan dengan hati-hati agar dapur terlihat lega dan bukan sebaliknya. Manfaatkan ruang yang ada sebagai storage tambahan, misalnya bagian dalam pintu kabinet diberi paku tambahan untuk menggantung berbagai sendok sayur berbagai ukuran, sendok takar hingga tutup panci.

 

Peralatan Dapur & Bumbu-Bumbu

Simpan peralatan mencuci piring, seperti spons, sabun cuci piring, sikat baja hingga peralatan bersih-bersih lainnya di bagian bawah wastafel mencuci piring agar mudah diambil ketika harus mencuci piring kotor setelah memasak maupun makan bersama keluarga. Simpan bumbu-bumbu masak utama seperti garam, lada dan gula di kontainer khusus yang mudah dijangkau dan letakkan di dekat area memasak. Untuk bumbu masak yang tidak terlalu sering dipakai, misalnya bubuk kayu manis, berbagai bumbu masak cepat saji, penyedap makanan dan sebagainya, simpan di laci kabinet secara rapi.

 

Selain menata peralatan dapur dengan baik, Anda juga harus menjaga kebersihan berbagai alat dan benda di dapur. Dapur dan isinya merupakan investasi jangka panjang yang selalu dibutuhkan setiap rumah dan digunakan setiap hari. Oleh karena itu selain membeli peralatan dapur yang berkualitas dan tahan lama, Anda juga harus mencuci peralatan dapur segera setelah dipakai.

 

Pastikan noda yang menempel di peralatan dapur hilang dengan sempurna sebelum disimpan kembali untuk menjaga peralatan dapur senantiasa terawat. Jangan lupa juga untuk membersihkan dapur setiap hari, terutama area memasak agar tumpahan minyak, lemak makanan atau noda gosong tidak menumpuk dan membuat dapur Anda kotor dan merusak perabotan dapur yang ada. Ingat, noda-noda ini akan mengeras dan semakin susah dibersihkan jika Anda menunda-nunda membersihkannya.

 

Apabila kebersihan dapur dan peralatan di dalamnya selalu dijaga dengan baik, ditambah penataan dapur yang apik tentu akan membuat suasana memasak lebih istimewa dan menyenangkan di setiap harinya.

TOP