Mudah Mengatasi Saluran Pencuci Piring yang Mampet

Mencuci piring tentu sudah menjadi aktifitas harian yang dilakukan para ibu rumah tangga di rumah. Dipakai setiap hari untuk mencuci piring kotor maupun membersihkan bahan makanan sebelum diolah tak hanya membuat permukaan tempat nyuci piring kotor, tetapi juga saluran pembuangan airnya juga ikutan kotor. Selain kotor, sisa makanan dan kotoran pun banyak yang menempel di saluran pencuci piring sehingga membuatnya mampet dan beraroma tidak sedap.

Selain mengeluarkan aroma yang kurang sedap, saluran pencuci piring yang kotor dan mampet juga bisa jadi tempat kuman dan bakteri berkembang biak lho! Jika dibiarkan, tak hanya air cucian piring yang tidak bisa dibuang dengan sempurna, tapi kuman bisa ikut mencemari area dapur Anda. Untuk mengatasi hal ini, ada 3 cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi saluran cucian piring mampet tanpa menggunakan bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan.

Gunakan Plunger

      Ambil plunger dan letakkan di ujung saluran pembuangan air yang ada di permukaan tempat cuci piring.

      Pastikan plunger menutupi lubang pembuangan air tadi secara keseluruhan.

      Tarik–tarik plunger dengan kuat hingga 5 – 10 kali untuk membuat kotoran dan sisa makanan yang menempel di sisi–sisi selang pembuangan air terlepas dan mudah dibersihkan nantinya.

      Jika sudah, singkirkan plunger dari lubang saluran pencuci piring tadi dan hidupkan air keran untuk mendorong kotoran dan sisa makanan yang sudah terangkat ke saluran pembuangan.

      Untuk disinfeksi saluran pencuci piring yang mampet tadi, gunakan Sunlight Jeruk Nipis yang ampuh untuk membersihkan, mengangkat bekas minyak dan kotoran-kotoran yang ada di tempat pencuci piring!

Gunakan Baking Soda dan Cuka

      Masukkan satu cangkir baking soda ke dalam lubang saluran pencuci piring yang mampet. Bisa juga disesuaikan dengan kondisi mampetnya saluran pencuci piring di rumah masing-masing.

      Setelah itu masukkan setengah cangkir (atau secukupnya) cuka ke dalam lubang saluran pencuci piring.

      Kombinasi baking soda dan cuka akan menimbulkan reaksi asam yang akan membuat kotoran dan sisa makanan yang menempel di selang pembuangan air melunak sehingga mudah dibersihkan.

      Biarkan selama kira–kira 15 menit atau lebih tergantung pada kondisi mampetnya saluran pencuci piring Anda.

      Setelah itu, siram saluran pencuci piring tadi dengan air panas yang berfungsi untuk melarutkan kotoran dan sisa makanan yang sudah melunak yang tentu saja akan membuat saluran pencuci piring tidak mampet lagi.

Baca Juga : Cara Menata Dapur Bersih Minimalis Modern Berukuran Kecil Dan Sempit

Gunakan Baking Soda dan Garam

      Tuang satu cangkir baking soda ke dalam saluran pencuci piring yang mampet.
      Masukkan juga setengah cangkir garam dapur ke dalam saluran yang sama.
      Biarkan selama semalaman agar bisa secara total mengatasi kotoran dan sisa makanan yang menumpuk di saluran pencuci piring yang menyebabkan mampet.
      Lakukan hal ini sebelum tidur, jadi wastafel cuci piring tidak digunakan selama saluran airnya dibersihkan.
      Setelah itu, tuang air panas ke dalam saluran pencuci piring untuk melarutkan kotoran dan sisa makanan yang menyebabkan mampet.

Dengan ketiga cara di atas, Anda bisa mengatasi persoalan saluran pencuci piring yang mampet dengan mudah. Selain itu, untuk mencegah mampet kembali hindari membuang sisa makanan ke dalam saluran pencuci piring. Ada baiknya buang sisa makanan ke dalam tempat sampah sebelum mencucinya. Semoga bermanfaat!

TOP