Cara Cepat Agar Dapur Selalu Bersih

Dapur merupakan salah satu ruangan penting di setiap rumah yang kebersihannya harus selalu dijaga. Di ruangan ini, makanan dan minuman untuk keluarga diproses sehingga Anda harus benar-benar menjaga kebersihan ruangan yang satu ini. Selain mencuci piring dan peralatan masak yang kotor setiap sehabis memasak, Anda juga harus menjaga kebersihan dapur dengan membersihkannya setiap hari.

Dapur yang bersih memiliki manfaat bagi kesehatan Anda sekeluarga. Namun dengan banyaknya pekerjaan rumah yang harus dilakukan dalam satu hari, Anda mungkin terlalu lelah untuk membersihkan dapur. Nah, agar dapur senantiasa bersih, berikut ini ada tips cara cepat membersihkan dapur yang bisa jadi referensi Anda.

Baca Juga : Cara Menata Dapur Bersih Minimalis Modern Berukuran Kecil Dan Sempit

Cuci Peralatan Masak

Setelah selesai memasak, segera cuci semua peralatan masak yang tadi digunakan. Jangan menunda untuk mencuci peralatan masak yang kotor karena noda yang tertinggal akan semakin sulit dihilangkan jika semakin lama dicuci. Cucilah dengan Sunlight Jeruk Nipis yang ampuh membersihkan berbagai kotoran, mengangkat minyak dan menghilangkan bau yang membandel. Setelah dicuci, keringkan peralatan masak dan simpan ke tempatnya masing-masing.

Bersihkan Area Kompor

Jangan lupa untuk membersihkan daerah kompor dari noda tumpahan makanan, cipratan minyak dan kerak gosong yang mungkin ada di tungkunya. Pertama-tama, perhatikan bagian tungku kompor gas apakah ada sisa makanan yang jatuh ke dalamnya dan menjadi gosong. Angkat dudukan kompor gas dan bersihkan dari kerak maupun gosong. Jika sudah bersih, letakkan kembali dudukan kompor tadi dan lap permukaan kompor hingga bersih. Perhatikan pula keadaan dinding dekat kompor. Jika kotor, bersihkan segera dengan cairan pembersih serbaguna.

Bereskan Meja Makan

Setelah menyantap makanan bersama keluarga, rapikan meja makan dari berbagai piring, sendok dan mangkuk yang kotor. Sisihkan peralatan makan yang kotor ke tempat cuci piring. Jika ada makanan yang tersisa, masukkan ke dalam wadah tertutup dan simpan di dalam kulkas. Jika makanan yang tersisa hanya sedikit, buang sisa makanan ke tempat sampah terlebih dahulu sebelum mencuci peralatan makan. Selain untuk memudahkan proses pencucian piring nantinya, membuang sisa makanan di tempat sampah juga akan mencegah saluran cuci piring menjadi mampet. Setelah itu, lap meja agar bersih dari kotoran dan sisa makanan.

Bersihkan Bak Pencuci Piring

Setelah selesai mencuci piring kotor sehabis masak maupun makan, jangan lupa juga untuk membersihkan bak pencuci piring. Tanpa Anda sadari, kotoran lemak dan sisa makanan bisa menumpuk di permukaan bak cuci piring maupun keran air. Anda juga bisa menggunakan Sunlight Jeruk Nipis untuk membersihkan tempat mencuci piring Anda.

Menyapu dan Mengepel Dapur

Jika semua permukaan di dapur sudah di lap dan dibersihkan, selanjutnya adalah menyapu dan mengepel lantai dapur hingga bersih. Sapu dan pel lantai dapur dengan seksama dan perhatikan juga bagian bawah lemari kabinet maupun meja makan. Selain untuk menghilangkan debu dan kotoran, menyapu dan mengepel lantai juga penting untuk menghilangkan sisa makanan yang mungkin jatuh ke lantai agar tidak mengundang serangga untuk datang ke dapur.

Buang Sampah

Jangan lupa juga untuk selalu mengosongkan tempat sampah yang ada di dapur setiap harinya. Buang sampah ke luar rumah untuk menghindari penyebaran kuman dan bakteri di dapur yang berasal dari sampah. Selain itu, buang sampah secara teratur juga menghindarkan dapur Anda kedatangan tamu tak diundang seperti semut dan kecoa yang bisa menjadi membuat dapur kotor dan tidak higienis.

Dengan rajin dibersihkan, dapur bersih minimalis pun bisa diwujudkan. Dapur yang sehat tentu akan berimbas pada terjaganya kesehatan Anda sekeluarga. Meski terkadang melelahkan, jangan biarkan dapur Anda kotor tanpa dibersihkan, ya!

TOP