Tips Nutrisi untuk Menjaga Kesehatan Keluarga

Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan tubuh Anda sekeluarga. Salah satunya adalah dalam hal makanan. Yang pertama tentu adalah dengan menjaga kebersihan makanan. Selain dari kebersihan makanan itu sendiri, Anda juga harus memperhatikan kebersihan tempat Anda mengolah makanan yaitu dapur dan beragam peralatan yang Anda gunakan. Dalam mencuci dan membersihkan berbagai peralatan dapur, gunakanlah Sunlight Anti Bakteri yang tidak hanya membersihkan tetapi juga menghilangkan bakteri-bakteri yang akan mengganggu kesehatan keluarga Anda.

 

Hal selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah soal asupan gizi keluarga melalui makanan sehat. Memilih menu masakan apa yang akan dibuat untuk keluarga juga harus memperhatikan nutrisi yang terkandung dalam makanan tersebut, sehingga tidak hanya enak rasanya tetapi juga bergizi dan sehat untuk perkembangan tubuh.

 

Nutrisi tersebut yang sangat penting bagi tubuh terbagi ke dalam dua bagian, yaitu makronutrien yang terdiri atas karbohidrat, protein, dan lemak. Kemudian ada pula mikronutrien yang terdiri atas vitamin A, B, C, D, E, K dan mineral. Semua nutrisi tersebut harus dipenuhi melalui asupan makanan setiap harinya agar tubuh senantiasa sehat. Dalam upaya memenuhi kebutuhan nutrisi bagi tubuh setiap harinya, Anda bisa mengikuti beberapa tips nutrisi untuk menjaga kesehatan keluarga setiap hari.

 

Rutin Mengkonsumsi Buah dan Sayur

Buah dan sayur merupakan sumber vitamin, mineral serta serat yang diperlukan tubuh untuk berkembang dengan baik. Pastikan makanan yang Anda masak untuk keluarga memiliki sayur dan juga buah pada menunya.

 

Batasi Pemakaian Garam

Sebagai salah satu penyedap makanan saat memasak, ternyata penggunaan garam yang berlebihan dapat menyebabkan banyak gangguan kesehatan. Misalnya seperti darah tinggi, penyakit jantung hingga gagal ginjal.

 

Konsumsi Cukup Protein

Saat memilih menu untuk makanan yang akan dimasak untuk keluarga, Anda harus memasukkan protein ke dalam menu tersebut, entah itu protein hewani maupun nabati. Yang terpenting jangan melupakan protein dalam asupan gizi makanan yang Anda masak.

 

Gunakan Bawang Putih

Selain merupakan salah satu bahan memasak, ternyata bawang putih juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh, lho! Tidak hanya untuk menyedapkan makanan tetapi bawang putih juga mengandung banyak antibiotik yang bisa melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

 

Batasi Junk Food dan Minuman Soda

Meskipun enak, tetapi makanan junk food memiliki dampak tidak baik bagi kesehatan. Terlalu banyak mengonsumsi minuman bersoda juga bisa menimbulkan efek buruk bagi tubuh, Minuman bersoda mengandung banyak gula yang bisa menyebabkan banyak gangguan kesehatan. Begitu juga junk food yang mengandung banyak lemak jahat yang juga bisa membahayakan kesehatan jika terlalu sering dikonsumsi.

 

Jadi, yuk, menjadi ibu rumah tangga yang cerdas dengan selalu memperhatikan asupan gizi serta nutrisi yang terkandung dalam makanan yang Anda buat untuk keluarga! Kesehatan keluarga tentu adalah hal penting yang harus selalu diperhatikan, sehingga Anda harus lebih teliti lagi soal nutrisi makanan yang dikonsumsi keluarga.

TOP