Atasi Berbagai Masalah Ini di Dapur dengan Jeruk Nipis

Bagi Anda yang sering memasak berbagai makanan lezat untuk keluarga, tentu tidak asing lagi dengan buah jeruk nipis bukan? Tidak hanya bisa digunakan untuk berbagai olahan kuliner dan minuman sehat, jeruk nipis juga bisa pakai untuk membersihkan berbagai perabotan di dapur. Buah yang satu ini wajib sekali ada di dalam kulkas yang bisa sewaktu-waktu digunakan untuk memasak maupun mengatasi berbagai masalah di dapur. Berikut ini ada berbagai masalah di dapur yang bisa diatasi dengan menggunakan jeruk nipis yang bisa jadi salah satu cara Anda untuk memiliki dapur yang bersih selalu.

 

Menghilangkan Noda Minyak atau Lemak

Noda minyak maupun lemak yang tertinggal di alat dapur lumayan sulit dihilangkan, terutama alat dapur yang terbuat dari plastik. Namun Anda bisa menggunakan potongan jeruk nipis saat mencuci piring dan alat dapur yang kotor dan berminyak. Caranya, masukkan potongan jeruk nipis ke dalam air sabun yang Anda gunakan untuk mencuci piring untuk mengangkat noda minyak dan lemak secara keseluruhan dan meninggalkan aroma segar di peralatan dapur Anda.

 

Menghilangkan Noda Kunyit

Ketika Anda memasak menu makanan yang menggunakan kunyit sebagai salah satu bahan dasarnya, warna kuning sering terlihat ketinggalan di alat dapur. Warna kuning dari kunyit ini juga bisa tertinggal di baju hingga tangan Anda. Meski tidak memiliki efek samping yang berbahaya bagi alat dapur maupun tangan Anda, namun noda kuning di peralatan dapur, tangan maupun baju tentu akan kurang sedap dipandang. Solusi menghilangkan noda kunyit ini adalah dengan menggosokkan potongan jeruk nipis ke alat dapur, tangan maupun baju yang terkena noda kunyit. Warna kuning dari kunyit biasanya akan menghilang dan ulangi jika perlu hingga noda kunyit hilang dengan sempurna.

 

Menghilangkan Bau Amis

Saat mengolah masakan dari ikan segar atau daging mentah, aroma kuat dan menyengat dari daging segar biasanya mudah menempel di berbagai peralatan dapur, bahkan tangan dengan aromanya yang amis. Untuk mengatasi bau amis, Anda bisa menggunakan jeruk nipis. Caranya, Anda bisa menggosokkan potongan jeruk nipis ke tangan yang berbau amis, pisau maupun talenan kayu yang dipakai untuk memotong daging. Selain untuk menghilangkan bau amis, jeruk nipis juga akan meninggalkan aroma fresh di tangan dan juga peralatan dapur.

 

Menghilangkan Karat pada Pisau

Digunakan untuk membersihkan dan memotong bahan makanan yang berbeda serta cara perawatan pisau yang tidak pas bisa menyebabkan pisau berkarat. Hilangkan karat di pisau dapur Anda dengan menggunakan jeruk nipis. Caranya sangat mudah, yaitu rendam pisau Anda yang berkarat tadi di dalam air perasan jeruk nipis selama beberapa menit, tergantung banyak sedikitnya karat di pisau. Rendam hingga karat hilang dari pisau Anda.

 

Ragam fungsi dan kegunaan dari jeruk nipis, tentu akan sangat membantu Anda dalam berbagai pekerjaan di dapur. Dalam hal membersihkan beragam peralatan dapur Anda setelah digunakan untuk memasak dan makan, bisa juga Anda dapatkan melalui Sunlight Jeruk Nipis yang efektif dalam menghilangkan minyak atau lemak.

TOP