Beragam Cara Menyimpan Panci Secara Kreatif Dalam Menata Dapur

Kegiatan masak-memasak sangat menyenangkan, apalagi jika didukung oleh peralatan yang memadai. Orang yang hobi memasak cenderung memiliki beberapa panci dan wajan sesuai kegunaannya. Pada dasarnya, terdapat berbagai macam panci yang berbeda bentuk dan fungsinya.

Namun, ternyata masalah bisa muncul jika Anda menyimpan terlalu banyak panci, terutama di dalam dapur yang sempit. Kalau diletakkan sembarangan, panci bisa mengumpulkan debu, menjadi sasaran binatang pengerat atau bahkan rusak. Faktanya, menata dapur minimalis tak terlalu sulit. Berikut beberapa benda yang bisa menjaga dapur minimalis tetap bersih dan tertata rapi.

1. Pegboard  

Pegboard

Dinding kosong bisa dimanfaatkan untuk menggantung pegboard. Benda ini bisa dibeli dari beberapa toko alat rumahtangga. Cukup mudah dipasang, biasanya disertai gantungan untuk menaruh peralatan rumahtangga.

2. Gantungan Kecil

Gantungan Kecil

Jangan sia-siakan sisi samping dari lemari. Gunakan bagian tersebut sebagai tempat memasang tiang gantungan handuk. Sisi kosong tersebut juga bisa dimodifikasi dengan memasang gantungan-gantungan kecil untuk peralatan dapur.

3. Pintu Lemari

Pintu Lemari

Pintu lemari bisa dimanfaatkan juga untuk menggantung tutup panci atau sendok-sendok takaran supaya bagian dalamnya lebih rapi

4. Sekat Laci

Sekat Laci

 Selain digantung, peralatan dapur seperti panci bisa ditaruh di dalam laci dengan rapi. Pasang sekat-sekat dengan menggunakan kayu sesuai ukuran panci dan wajan. Voila, panci dan wajan tersusun rapi di dalam laci tersembunyi

5. Rak Terbuka

Rak Terbuka

Menggunakan rak terbuka juga salah satu tip menata panci di dapur. Selain mudah dijangkau, menggunakan rak terbuka berarti harus rajin membersihkan dan merapikannya.

6. Bawah Meja dan Bagian Atas Pintu

Bawah Meja dan Bagian Atas Pintu

Bagian bawah meja atau atas pintu terkadang terlupakan dan tak tersentuh. Justru bagian ini bisa digunakan untuk tempat penyimpanan koleksi panci Anda. Panci yang jarang digunakan bisa diletakkan dengan cara ditumpuk di bawah meja. Cara kreatif lain, Anda bisa dengan menggantungnya di atas pintu. Selain unik juga menghemat tempat di dalam dapur.  

Enam Cara Menjaga Kebersihan Dapur Minimalis

Enam Cara Menjaga Kebersihan Dapur Minimalis

Memiliki dapur yang bersih, rapi dan nyaman tentu menyenangkan. Terapkan beberapa hal berikut agar Anda selalu bersih dan rapi.

1. Kosongkan meja dapur dari berbagai macam benda. Segera bersihkan setelah Anda selesai mengupas atau memotong bawang. Jangan jadikan meja kosong sebagai tempat meletakkan benda-benda tidak terpakai, yang nantinya akan merepotkan Anda  

2. Segera kembalikan barang yang sudah tidak terpakai. Coba gunakan prinsip “satu ganti satu”, yakni satu barang yang keluar menggantikan satu barang yang disimpan. Ini akan meminimalisir kekacauan di dapur

3. Kebiasaan buruk seperti menaruh piring kotor dan menunda mencucinya menjadi salah satu pemicu dapur yang berantakan. Jika ada piring kotor, langsung bawa ke wastafel dan cuci. Sama halnya dengan oven, segera bersihkan begitu suhu oven sudah turun..

4. Jangan lupa untuk menyimpan tempat sampah di dapur. Sisa - sisa dari kegiatan mengupas, memotong, membuka plastik pembungkus, serta sampah lainnya bisa dengan mudah dimasukkan ke dalam kantong sampah terdekat. Ini akan menghembat waktu Anda saat membersihkan dapur

5. Atur ulang dapur Anda untuk mengoptimalkan peralatan yang sering digunakan dengan meletakkan beberapa peralatan dengan frekuensi pemakaian teratur dalam jangkauan. Benda - benda yang jarang digunakan bisa disimpan di dalam lemari dengan rapi.

6. Jangan lupa setelahh memakai peralatan dapur, cuci bersih dengan Sunlight Double Power yang ampuh menghilangkan lemak - lemak membandel

Dalam dapur yang nyaman, kreativitas saat memasak pun akan meningkat. Kata siapa, dapur bukan tempat yang seru?

PRODUK YANG DIGUNAKAN

TOP