MEMAKSIMALKAN DAPUR KECIL DI RUMAH ANDA

Memiliki rumah besar merupakan kemewahan yang tidak bisa dinikmati semua orang. Sebagian orang hanya mampu membangun atau membeli rumah yang cukup untuk ditinggali keluarga kecilnya. Sebagian lainnya memang hidup berpindah dari satu kota ke kota lainnya, sehingga kemewahan rumah bukanlah hal utama. Apakah anda termasuk orang yang beruntuk memiliki rumah mewah, atau puas dengan rumah yang Anda tinggali saat ini?


Rumah kecil berarti ruang dapur yang kecil juga. Tapi, apakah menata dapur tidak diperlukan ketika ukurannya kecil? Menata dapur kecil juga butuh trik sebab Anda harus pintar-pintar mengatur ruang dan meletakkan segala peralatan makan dan peralatan masak milik Anda. Bagaimanakah cara yang tepat dan mudah untuk menata dapur dan menjaga keindahan dapur bersih minimalis Anda?


Siapkan Dahulu, Masak Kemudian

Siapkan Dahulu, Masak Kemudian

Tips ini aman digunakan baik untuk dapur kecil maupun berukuran besar. Ketika Anda memiliki dapur berukuran besar, tentu Anda tidak perlu khawatir dengan ruang memotong bahan masakan. Anda bisa memotong bawang merah, kemudian menyiangi sayuran di tempat lain, atau mencuci ikan di wastafel secara bersamaan.

Sayangnya, ketika ruang yang dimiliki terbatas, Anda harus memutar otak mencari cara memaksimalkan penggunaan ruang tersebut. Anda bisa mengakalinya dengan menyiapkan dahulu segala sesuatunya, sebelum mulai memasak. Mulailah dengan memotong bahan-bahan dasar seperti cabai, bawang, daun bawan, dan lainnya. Setelah mendapatkan hasil yang diinginkan, sisihkan di dalam satu wadah. Setelahnya, Anda bisa melakukan hal yang lain. Mulailah memasak ketika seluruh bahan sudah siap, sehingga Anda tidak kebingungan dan membuat kotor daput.


Talenan Besar

Talenan Besar

Ide ini memang terdengar aneh. Dapur kecil, talenan besar? Jangan salah sangka dulu. Memiliki talenan besar berguna untuk menjaga dapur bersih minimalis Anda tetap rapi dan bersih. Anda bisa memotong beberapa bahan makanan sekaligus, kemudian menjaga counter atau meja dapur tetap bersih, sebab semua aktivitas potong-memotong terjadi di atas talenan. Memotong bawang merah, bawang putih, dan daun bawang sekaligus pun bisa dilakukan tanta Anda harus menyisihkannya terlebih dahulu ke dalam mangkok atau wadah.


Kontainer Sampah

Kontainer Sampah

Memotong bahan makanan tentu menghasilkan sampah-sampah kecil yang harus dibuang. Kulit bawang, tangkai cabai, selaput daun bawang, atau kulit jahe yang Anda kupas. Agar tidak berceceran ke mana-mana, siapkan sebuah wadah yang berfungsi untuk menampung semua sampah sebelum membuangnya ke tempat sampah. Selain menjaga dapur dari kotoran, tempat sampah tidak menggunakan banyak tempat.


Jika Anda tidak memiliki wadah yang cukup untuk digunakan sebagai tempat sampah sementara, gunakan tisu kering. Selama fungsinya sama, Anda bisa menggunakan apa saja.


Jaga Kebersihan

Jaga Kebersihan

Segala aktivitas yang Anda lakukan akan lebih menyenangkan jika dilakukan di tempat yang bersih. Meskipun Anda sedang memasak, pastikan counter dan meja dapur selalu bersih. Selalu sempatkan mengelap meja setelah Anda selesai memotong bahan masakan, bersihkan wastafel, kumpulkan sampah-sampah setelah menyiangi sayuran atau mencuci daging, dan sapu dapur setelah Anda selesai beraktifitas.


Menimbun piring kotor pun bukan hal bijak untuk dilakukan di dapur bersih minimalis. Segera cuci piring kotor menggunakan Sunlight Double Power baru. Setiap tetes dari konsentrat gel dilengkapi dengan kemampuan ekstra membersihkan lemak, dan mampu membersihkan piring dua kali lebih banyak. Membersihkan dan menata dapur pun akan lebih mudah dan menyenangkan.


Memiliki dapur minimalis dan kecil bukan hal buruk. Anda bisa menghemat waktu untuk menjaga kebersihannya, dan memilah-milah barang-barang yang benar-benar diperlukan. Dapur besar akan menggoda diri untuk menambah peralatan dapur, padahal belum tentu Anda membutuhkannya. Dapur minimalis asyik, kok!


PRODUK YANG DIGUNAKAN

TOP