4 KEBIASAAN BAIK YANG MEMBUAT DAPUR SENANTIASA BERSIH

Menjalankan kebiasaan baik memang tidak mudah. Namun, jangan menjadikannya alasan untuk tidak memulai kebiasaan baik ini. Ketimbang membiasakan diri melakukan sesuatu yang bermanfaat, memang lebih mudah menjalankan hal buruk seperti menunda pekerjaan, bermalas-malasan, dan lain-lain. Sayangnya, selama ini kita terlalu fokus memikirkan bagaimana caranya mengurangi kebiasaan buruk. Solusi lainnya adalah dengan menambah daftar kebiasaan baik yang bisa kita lakukan sehari-hari.

Satu tempat di mana Anda bisa memulai kebiasaan baik ini adalah di dapur. Mulai dari menghindari tumpukan cucian piring, menjaga dapur bersih setiap saat, atau menata ulang desain interior dapur Anda. Simak yuk, 4 kebiasaan baik yang membuat dapur senantiasa bersih dibawah ini!


        1.    Letakkan Barang pada Tempatnya

Letakkan Barang pada Tempatnya

Anda mungkin merasa lebih mudah menyimpan peralatan dapur Anda di atas counter. Padahal, cara ini sama sekali tidak efektif. Selain membuat counter Anda penuh dan terlihat kotor, banyaknya barang pun akan mengundang debu yang menempel pada peralatan dapur. Dengan begitu, akan semakin sulit bagi Anda membersihkan dapur.

Cara terbaik menjaga kebersihan dapur adalah dengan menyimpan barang-barang di dalam lemari penyimpanan. Susunlah dengan rapi dan teratur, sehingga Anda dapat menemukannya dengan mudah. Jaga counter tetap bersih dan "kosong" untuk memudahkan Anda beraktivitas. Anda akan mengalami kesulitan untuk menyiapkan masakan jika counter dipenuh barang, bukan?


        2.    Selalu Bersihkan Dapur Setiap Saat

Selalu Bersihkan Dapur Setiap Saat

Meskipun terlihat melelahkan, kegiatan sederhana ini sebenarnya sangat baik jika dijadikan kebiasaan. Anda tidak perlu membersihkan dapur secara menyeluruh setiap waktu. Lakukan sedikit demi sedikit namun berkelanjutan. Misalnya, mengelap meja setelah selesai memasak, atau membersihkan wastafel setelah mencuci piring. Anda juga bisa mengembalikan peralatan masak setelah digunakan, da menjauhkan benda tajam dari jangkauan anak-anak.

Cara lain adalah membuang sisa makanan yang sudah tidak layak makan, serta menyapu lantai setelah semua urusan di dapur telah selesai. Hal-hal kecil seperti ini akan sangat membantu Anda membersihkan dapur jika dilakukan secara terus-menerus.


        3.    "Sembunyikan" Tempat Sampah dan Peralatan Mencuci Piring

“Sembunyikan” Tempat Sampah dan Peralatan Mencuci Piring

Dapur indentik dengan pengolahan bahan masakan menjadi makanan. Seringkali, kegiatan makan pun dilakukan di tempat ini. Tahukah Anda, Bahwa nafsu makan bisa menurun jika terdapat kotoran atau barang-barang kebersihan terlihat oleh mata? Letakkan spons dan sabun cuci piring di tempat yang sulit terlihat oleh mata, misalnya di bawah wastafel. Anda bisa juga meletakkan tempat sampah di lokasi yang sama.

"Menyembunyikan" kedua benda ini bisa membantu Anda menciptakan suasana dapur yang lebih rapi dan bersih. Jangan lupa membersihkan cucian piring Anda setiap kali Anda memiliki waktu. Hindari menimbun cucian piring karena akan menumpuk kuman dan bakteri di dapur.


        4.    Bersihkan Dapur Secara Rutin

Bersihkan Dapur Secara Rutin

Mendapatkan dapur bersih dengan memiliki kebiasaan baik tidaklah sulit. Pastikan bahwa setiap barang memiliki "rumah" sendiri. Hal ini dilakukan agar Anda tidak kesulitan ketika mencari barang-barang, membuatnya teratur, sekaligus menghindari tumpukan debu sehingga sulit dibersihkan. Simpan peralatan dapur Anda di dalam lemari penyimpanan, simpan barang-barang yang sering Anda gunakan di luar lemari. tapi jangan terlalu banyak. Ketika mencuci peralatan dapur, jangan lupa untuk mengelapnya hingga bersih, untuk mencegah bakteri berkembang biak.

Gunakan sabun cuci piring Sunlight untuk meluruhkan noda membandel dan lemak yang menempel di peralatan masak Anda. Ketika Anda menyusunnya dengan baik, Anda tentu menemukan kemudahan dalam membersihkan dapur beserta peralatan dapur Anda. Bersihkan kulkas minimal seminggu sekali, dan selalu lap hingga bersih wastafel tempat Anda mencuci piring agar kuman dan bakteri tidak dapat berkembang biak.

Memiliki kebiasaan baik tidak ada ruginya. Dengan melaksanakan keempat tips ini, Anda bisa sekaligus menjaga kesehatan keluarga Anda. Yuk, tunggu apa lagi!

PRODUK YANG DIGUNAKAN

TOP