CARA AGAR MESIN PENCUCI PIRING BEKERJA DENGAN BAIK

Memiliki mesin cuci piring di rumah merupakan satu kemewahan tersendiri. Anda tidak perlu repot-repot mencuci secara manual sebab tugas itu sudah dilaksanakan oleh pencuci piring.

Tapi, pernahkah terpikir untuk membersihkan mesin pencuci piring secara teratur? Atau Anda hanya membiarkannya begitu saja, karena berpikir bahwa di dalam pencuci piring itupun sudah ada air dan sabun? Pemikiran seperti ini harus Anda buang jauh-jauh.

Sama seperti mesin-mesin lainnya, mesin pencuci piring pun akan rusak apabila tidak dirawat dengan baik. Berikut beberapa langkah dan tips menjaga kualitas pencuci piring Anda agar dapat bekerja secara maksimal.


Gunakan Cuka untuk Menghilangkan Noda Menggumpal

Gunakan Cuka untuk Menghilangkan Noda Menggumpal

Cuka merupakan bahan masakan yang sangat ampuh menghilangkan noda membandel, bahkan menghilangkan kerak pada stainless steel. Cuka bisa digunakan untuk mmbersihkan gumpalan sabun cuci piring yang terdapat dalam dishwasher Anda. Gosok perlahan di tempat yang dibutuhlan, atau Anda bisa merendam bagian-bagian mesin cuci piring Anda ke dalam suatu wadah yang berisi campuran air panas dan cuka, kemudian diamkan beberapa saat. Setelah itu, Anda bisa menggunakan campuran cuka dan air tersebut untuk mengelap bagian-bagian mesin cuci piring Anda. Jika Anda kurang suka dengan aroma cuka, Anda bisa menggantinya dengan air perasan jeruk lemon.


Buang Sampah dan Sisa Makanan

Buang Sampah dan Sisa Makanan

Tidak ada orang yang ingin mencuci piring dua kali dakam satu waktu, namun ibu cerdas akan senantiasa menyisihkan terlebih dahulu sisa makanan yang ada di dalam piring maupun peralatan dapur yang akan dicuci, terlebih ketika mencucinya menggunakan pencuci piring. Melakukan hal ini akan mengurangi risiko tersangkutnya sisa makanan di mesin cuci piring Anda dan menurunkan kinerjanya. Dengan begitu, Anda tidak perlu tiba-tiba mereparasi pencuci piring, bukan?


Jangan Memasukan Terlalu Banyak

Jangan Memasukkan Terlalu Banyak

Tahan diri Anda dari godaan memasukkan terlalu banyak cucian piring ke dalam mesin cuci piring Anda. Bukan ha; yang merepotkan untuk mencuci piring menggunakan tangan jika memang hanya tersisa beberapa barang. Daripada Anda harus mencuci ulang hanya karena pencuci piring Anda terlalu penuh, lebih mudah mencuci secara manual bukan?


Nyalakan Air Panas Sebelum Mencuci Piring

Nyalakan Air Panas Sebelum Mencuci Piring

Dengan trik ini, Anda akan mendapatkan aliran air panas tepat ketika Anda mencuci piring. Jika Anda memanaskan air ketika mencuci, biasanya aliran air pertama Anda masih dingin. Mencuci dengan menggunakan air panas akan membantu Anda meluruhkan kotoran yang menempel di piring cucian.


Gunakan Putaran yang Tepat

Gunakan Putaran yang Tepat

Seperti mencuci baju di mesin cuci, Anda harus mengetahui seberapa kotor cucian piring, sehingga Anda bisa menentukan seberapa lama dishwasher dinyalakan. Untuk piring yang amat kotor, sebaiknya cuci dengan tangan, menggunakan Sunlight Double Power. Setiap tetesnya dilengkapi dengan kemampuan membersihkan lemak, dan mampu membersihkan piring dua kali lebih banyak. Mulai dari noda sisa di gelas sampai dengan wajan yang berlemak, Anda hanya butuh satu tetes saja!


Bersihkan Mesin Cuci Piring Menggunakan Cuka

Bersihkan Mesin Cuci Piring Menggunakan Cuka

Cara ini akamn membantu Anda menghilangkan bau tidak sedap di mesin cuci piring Anda. Tuangkan satu cup cuka ke dasar pencuci piring, dan nyalakan untuk satu putaran cucian. Begitu selesai, Anda akan mendapatkan mesin cuci piring dengan bau yang lebih segar.


Periksa Temperatur Air

Periksa Temperatur Air

Cek temperatur air di dalam dishwasher Anda. Mencuci piring membutuhkan jangkauan temperatur tertentu agar hasilnya bisa bersih maksimal. Anda bisa membaca di buku panduan pencuci piring Anda jika ingin mengetahui berapa temperatur yang paling tepat, sekaligus cara mengatur suhunya.


Selain beberapa cara di atas, pastikan Anda membersihkan mesin pencuci piring Anda secara teratur dan sesuai dengan yang dianjurkan oleh buku panduan. Dengan begitu, mesin pencuci piring Anda akan bekerja dengan optimal dan awet, sehingga tidak mudah rusak.

PRODUK YANG DIGUNAKAN

TOP