TIPS MEMILIH KERAMIK UNTUK DINDING DAPUR MINIMALIS

Membangun dan menata dapur bukan perkara mudah, meskipun kelihatannya sederhana. Banyak hal yang perlu dipertimbangkan ketika Anda memutuskan untuk menata dapur minimalis Anda. Salah satu elemen yang perlu Anda tata adalah dinding dapur. Jika dinding dapur Anda hanya dilapisi oleh cat tembok, asap yang keluar dari kompor ketika Anda memasak akan mengotori dinding dapur Anda dan meninggalkan bekas hitam. Mengganti dinding tembok Anda dengan dinding keramik bisa menjadi solusi.

Memilih keramik untuk dinding dapur Anda bisa dibilang suatu yang cukup penting. Kenapa Anda perlu berpikir masak-masak untuk melakukannya? Keramik dinding dapur akan berhubungan dengan mood dan suasana hati Anda ketika berada di dapur ataupun memasak. Instalasi dan perbaikannya pun membutuhkan waktu dan biaya yang tidak bisa dibilang sedikit.

Jika Anda masih merasa bingung dalam menata dapur terutama memilih keramik yang tepat, ikuti tip dan trik berikut ini.


Sesuaikan dengan Budget

Sesuaikan dengan Budget

Menyesuaikan dengan anggaran atau dana yang Anda miliki juga penting. Ibu cerdas akan mempertimbangkan hal ini ketika memilih keramik. Lakukan sedikit browsing dan carilah informasi tentang biaya yang harus dikeluarkan untuk menata dapur minimalis. Dengan begitu, Anda akan memiliki pilihan-pilihan setelah menentukan warna keramik, motif, serta tekstur dan material yang akan digunakan. Pastikan Anda telah memiliki spesifikasi yang tepat untuk menata dapur Anda, sebab jika suatu saat Anda tidak menemukan kecocokan dengan hasilnya, Anda harus merogoh kantung lebih dalam untuk melakukan renovasi.


Memilih Warna Keramik

Memilih Warna Keramik

Warna keramik amat menentukan tampilan dan kesan luas/tidaknya interior dapur saat Anda menata dapur minimalis. Warna keramik yang tidak sesuai dengan interior dapat memberikan kesan sempit. Perhatikan juga intensitas cahaya yang masuk ke dalam dapur Anda.

Jika dapur Anda sedikit gelap, pilihlah warna keramik yang terang. Keramik dinding dapur yang terang akan membuat dapur Anda terlihat lebih luas. Jika Anda senang dengan keramik bermotif, jangan lupa untuk mencocokannya dengan tema dapur. Fungsi dari motif keramik untuk dinding Anda adalah untuk mempercantik. Namun, hindari motif yang terlalu ramai sebab dapat membuat dapur terlihat sempit. Jadikan sebagai aksentuasi.


Tekstur dan Material Keramik

Tekstur dan Material Keramik

Tidak hanya warna dan desain, Anda juga harus jeli dalam memilih tekstur dan material keramik ketika menata dapur di rumah. Selain untuk mempercantik, keramik berfungsi untuk menghalangi dinding Anda dari panas dan uap yang bisa merusak dinding. maka, Anda memerlukan keramik yang terbuat dari bahan yang mudah dibersihkan.

Untuk dinding keramik yang terletak di dekat kompor dan oven, sebaiknya Anda menggunakan keramik yang glossy dan bercorak mosaic tile. Kemudian hindari aplikasi plester yang bertekstur kasar karena akan menyulitkan ketika Anda ingin membersihkannya. Tekstur yang baik untuk dinding keramik di dapur Anda adalah glazed ceramic tiles yang akan memudahkan saat membersihkan noda. Hal ini dikarenakan keramik jenis ini tidak memiliki pori-pori sehingga noda akan sulit menempel.

Untuk mmebersihkan dinding keramik ini, Anda juga bisa menggunakan Sunlight Jeruk Nipis 100. Caranya mudah! Mulailah dengan membersihkan debu yang menempel menggunakan kuas atau sapu kecil. Setelahnya, siapkan dua ember berisi air hangat. Tambahnkan beberapa tetes sabun Sunlight Jeruk Nipis 100 pada ember pertama. Gunakan kain lap yang telat dibasahi dengan air sabun untuk menggosok permukaan dinding keramik Anda. Gosok menggunakan sikat gigi bekas celah-celah antar keramik. Setelah itu, bilas dengan menggunakan air hangat bersih yang ada di ember kedua. Jangan lupa untuk mengeringkannya menggunakan handuk atau kain bersih. Membiarkannya tetap basah akan memudarkan warna dinding keramik Anda.


Selain tiga hal di atas, Anda juga perlu memperhatikan presisi keramik yang Anda beli beserta garansinya. Ketika Anda membeli set keramik, tentu Anda ingin agar kualitasnya terjaga, mulai dari ukuran, konsistensi warna, dan motif yang sesuai, tidak berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Keramik yang diproduksi oleh merk terkenal biasanya memiliki presisi yang tinggi dan quality control yang bagua, sehingga Anda tidak perlu khawatir. Sesuaikan dengan budget Anda sebelum menentukan merk yang akan digunakan.

Menanyakan garansi kepada toko penjual juga disarankan. Dalam satu set keramik, selalu ada kemungkinan keramik pecah, retak, dan sebagaina. Tanyakan terlebih dahulu apakah toko bersedia mengganti keramik yang pecah atau tidak, sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan anggaran yang Anda miliki.

Menata dapur minimalis akan menjadi lebih mudah dengan mengikuti tip dan trik di atas. Jika bisa membuat Anda dan keluarga menjadi nyaman, kenapa tidak? Selamat mencoba dan bereksplorasi!

PRODUK YANG DIGUNAKAN

TOP