Pahami Urutan yang Benar dalam Mencuci Piring

Mencuci piring terlihat sebagai pekerjaan rumah yang sepele untuk dilakukan Hampir setiap orang, baik laki-laki maupun perempuan pernah mengerjakan pekerjaan rumah yang satu ini. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menumpuk piring kotor ke tempat cuci piring, kemudian mencucinya satu persatu hingga bersih, setelah itu meletakkannya di rak piring. Namun, apakah selama ini Anda sudah mencuci piring dengan benar?

Dikutip dari Independent, salah satu produsen peralatan makan. Good Housekeeping Institute memberikan panduan cuci piring yang tepat berikut urutannya. Tip dan trik ini diperlukan untuk menjaga kebersihan peralatan makan dan masak Anda agar lebih awet dan tetap terlihat baru.


Buang Sisa Makanan

Buang Sisa Makanan

Sebelum beranjak ke pekerjaan mencuci peralatan makan dan masak Anda, jangan lupa untuk membuang sisa makanan yang menempel. Mencuci piring akan lebih mudah jika tidak ada kotoran yang berkerak dan kering di peralatan dapur Anda. Pastikan juga Anda membuangnya ke tempat sampah di luar rumah untuk menghindari bau tidak sedap di dalam dapur.


Rendam Sebelum Dicuci

Rendam Sebelum Dicuci

Merendam peralatan makan dan masak juga dapat membantu meluruhkan noda membandel maupun lemak makanan yang menempel di cucian piring Anda. Untuk hasil yang lebih optimal, Anda dapat merendamnya ke dalam air hangat yang telah ditambahkan baking soda, jeruk nipis, maupun cuka masak agar kotoran lebih mudah luruh dan menghilangkan bau tidak sedap. Pastikan juga Anda memisahkan rendaman antara gelas, mug, cangkir, dengan peralatan makan dan masak lainnya agar noda dan lemak membandel tidak bercampur.


Cuci Gelas dan Cangkir

Cuci Gelas dan Cangkir

Beranjak ke proses cuci piring; mencuci gelas dan cangkir sebaiknya dilakukan pertama kali. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan gelas dan cangkir dari lemak membandel yang ada di piring ataupun peralatan masak Anda. Mencuci gelas bekas kopi bisa menjadi keuntungan tersendiri, karena kopi dapat menetralkan bau dan menghilangkan aroma tidak sedap pada cucian piring Anda. Hal ini bisa berlaku untuk piring Anda juga, lho.


Peralatan Makan

Peralatan Makan

Setelah mencuci gelas dan cangkir, kini saatnya Anda mencuci sendok, garpu, piring, dan peralatan makan lainnya. Sama seperti gelas dan cangkir, sendok dan garpu berinteraksi langsung dengan mulut kita, jadi harus dibersihkan terlebih dahulu ketimbang peralatan yang lainnya. Setelah itu cuci piring dan mangkuk Anda.


Peralatan Masak

Peralatan Masak

Peralatan masak seperti spatula, wajan, dan panci harus dicuci terakhir. Selain karena berinteraksi dengan makanan lebih lama ketimbang peralatan makan, pasti banyak noda membandel dan lemak yang menempel. Membersihkan alat masak ini butuh cara tersendiri. Sebelum Anda mencucinya menggunakan sabun cuci piring, pastikan merendamnya terlebih dahulu. 

Anda dapat mencampur air rendaman dengan sabun cuci piring, jeruk nipis, baking soda, maupun cuka masak untuk meluruhkan noda membandel dan lemak sekaligus menghilangkan bau tidak sedap. Setelah itu, cuci seperti biasa menggunakan sabun cuci piring hingga bersih.


Dalam mencuci piring dan dan peralatan masak Anda, gunakan Sunlight Double Power yang dilengkapi dengan kemampuan ekstra membersihkan lemak, dan mampu membersihkan piring dua kali lebih banyak. Sunlight Double Power akan membantu Anda membersihkan cucian piring sekaligus mendukung Anda menjaga kesehatan keluarga.

Selain tip-tip diatas, Anda juga perlu memperhatikan spons yang Anda pakai. Jika Anda mencuci piring tidak sesuai urutan yang benar, Anda akan mentransfer kuman dan bakteri dari wajan dan panci kotor Anda ke gelas dan cangkir. Hal ini tentu tidak baik. Selain mentransfer noda membandel, Anda juga mentransfer bau masakan ke gelas dan mug Anda. Tentu Anda tidak ingin minum air putih dengan bau sup ayam bukan?

PRODUK YANG DIGUNAKAN

TOP