MEMBERSIHKAN BEKAS GOSONG TELUR PADA WAJAN

 

Telur sering disajikan sebagai menu sarapan pagi keluarga. Beragam olahan telur mulai dari telur rebus, telur mata sapi, telur dadar, scrambled egg, hingga hasil padu padan dengan bahan makanan lain, telah setia menemani keluarga sebelum beraktivitas. Mengolah telur pun tidak sulit. Anda bisa menggorengnya di wajan dengan sedikit minyak, dan voila! Menu makan pagi pun siap.

Namun, terkadang bisa saja Anda lupa waktu ketika memasak telur sehingga telur yang Anda goreng menjadi gosong. Ini menyebabkan adanya kerak bekas telur yang menempel di wajan penggorengan Anda. Gemas rasanya melihat kerak bekas gosong telur pada wajan, padahal ketika memasak, Anda sudah menuangkan cukup minyal untuk menggoreng.

Jangan khawatir, karena cara membersihkan wajan yang terkena bekas gosong telur tidak sulit. Namun sebelum beranjak ke cara membersihkan wajan, tidak ada ruginya mengetahui hal-hal yang bisa menyebabkan wajan Anda terkena bekas gosong telur.


        1.    Wajan Masih Kotor  

Wajan yang masih mengandung kotoran akan lebih mudah gosong. Ingat-ingat lagi, apakah sebelumnya Anda memang tidak mencuci wajan hingga bersih? Hal ini bisa menjadi penyebab telur Anda gosong dan mengotori wajan.

        2.    Bekas Menggoreng Sambal 

Bahan-bahan masakan yang cukup kental dan lengket bisa menjadi penyebab permukaan wajan Anda lebih lengket, apalagi jik jarang dibersihkan. Tidak hanya sambal, wajan pun bisa menjadi lengket setelah Anda memasak menggunakan santan atau kecap.

        3.    Wajan Basah 

Pastikan bahwa peralatan dapur kering dengan sempurna setelah dicuci. Menyatukan air dan minyak meskipun secara tidak sengaja, bisa mengakibatkan wajan Anda lengket, dan mengakibatkan telur yang Anda masak berkerak dan sulit dibersihkan.

        4.    Memasak Tidak Menggunakan Minyak Goreng 

Jika Anda menggoreng di atas wajan tanpa menggunakan "pelumas", tentu bahan masakan Anda akan menempel pada wajan, tidak mudah diaduk menggunakan spatula, hingga gosong dan menjadi kerak di permukaan wajan Anda. Maka, pastikan Anda menggunakan minyak atau margarin ketika menggoreng telur untuk keluarga Anda. Jangan lupa pilih minyak yang sehat.


Lalu, apa yang harus dilakukan jika ternyata wajan penggorengan tetap lengket dan terdapat bekas gosong telur? Simak cara-cara membersihkan wajan di bawah ini agar Anda bisa membersihkan wajan dengan lebih efektif dan optimal.

Dikerok

        1.    Dikerok 

Langkah awal, Anda bisa mencoba mengeroknya menggunakan sendok. Hati-hati dalam menggunakan benda tajam seperti pisau atau gunting, karena bisa merusak wajan Anda yang terbuat dari stainless steel.

Disikat

        2.    Disikat

Ketika mencuci, Anda juga bisa menggunakan sikat pencuci piring atau sabut cuci piring. Anda bisa saja menggunakan sabut kawat cuci piring, namun pastikan bahannya cukup halus sehingga tidak meninggalkan goresan pada wajan penggorengan Anda.

Direndam

        3.    Direndam

Untuk meluruhkan dan melembekkan bekas gosong telur pada wajan penggorengan Anda, Anda dapat mencoba merendamnya di dalam baskom berisi air selama paling tidak satu jam. Air akan membuat kerak gosong telur Adna melunak, sehingga menjadi mudah dibersihkan.


Jika Anda ingin mencuci wajan penggorengan hingga bersih, wangi, kesat, dan terbebas dari kerak gosong, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini agar hasilnya bisa lebih maksimal:

        1.    Tuangkan air secukupnya ke dalam wajan penggorengan, sampai semua bagian wajan yang terkena kerak gosong telur tertutupi. Tuangkan Sunlight Jeruk Nipis 100 yang mengandung ekstrak jeruk nipis asli yang terbukti mampu menghilangkan noda membandel seperti bekas gosong pada wajan.

        2.    Tempatkan wajan di atas kompor dan nyalakan. "Masak" air sabun Anda hingga mendidih, kemudian kecilkan api menjadi sedang. Saat air mendidih, Anda bisa mulai menggosok-gosokkan spatula untuk mencongkel noda gosong yang membandel. Biarkan air mendidih selama 10 menit berikutnya, lalu matikan kompor.

        3.    Angkat wajan dari kompor, kemudian buang air sabun, dan sisa kerak telur yang menempel. Cuci wajan menggunakan spons lembut dan sabun cuci piring Sunlight Jeruk Nipis 100.

        4.    Tuangkan setengah cangkir cuka masak, dan tambahkan dengan air panas hingga bekas gosong telur terendam.

        5.    Diamkan selama kurang lebih 10 menit, kemudian cuci wajan dengan menggunakan sabun cuci piring. Selain membersihkan, ternyata Sunlight Jeruk Nipis 100 ini juga berguna untuk menetralkan bau pada peralatan dapur Anda.

        6.    Keringkan dengan menggunakan lap atau handuk bersih hingga kering dan tidak ada air yang tersisa.


Cara membersihkan peralatan dapur sebenarnya tidak sulit, asalkan dilakukan dengan teratur. ketika memasak telur di wajan penggorengan, pastikan Anda tidak menggunakan api yang terlalu besar. Selain itu, cuci wajan penggorengan Anda sesegera mungkin, sehingga tidak akan ada noda membandel yang dibiarkan lama. Semakin lama Anda cuek dengan noda membandel pada peraltan dapur Anda, semakin sulit membersihkannya.

Memasak telur memang tidak sulit, namun siapa sangka bisa merepotkan jika tidak dilakukan dengan benar? Pastikan Anda tidak melakukan hal-hal yang bisa menambah noda membandel di peralatan masak Anda. Dengan begitu, tidak akan ada kesempatan bagi bakteri untuk berkembang biat dengan baik dan menyebar ke keluarga Anda. Kesehatan selalu jadi yang utama, bukan?

PRODUK YANG DIGUNAKAN

TOP