Tips Mencuci Piring yang Anda Butuhkan

Beberapa orang menganggap kegiatan mencuci piring adalah kegiatan yang membosankan, lama serta menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Apalagi ketika melihat tumpukan piring kotor yang begitu menggunung, rasa malas yang besar pasti melanda. Faktanya, membersihkan piring kotor harus segera dilakukan guna menghindari bakteri dan kuman dari sisa makanan. Supaya kegiatan mencuci lebih menyenangkan dan cepat, berikut ada beberapa tip yang dapat Anda lakukan.

Pisahkan Peralatan yang Akan Dicuci

Pisahkan Peralatan yang Akan Dicuci

Pisahkan peralatan makan atau masak berdasarkan jenis piring, mangkuk, gelas, sendok, garpu, pisau, juga panci dan wajan. Tujuannya agar lebih praktis. Mencuci peralatan yang jenisnya sama secara berurutan akan mempercepat, bahkan mempermudah proses

Dahulukan Gelas dan Cangkir

Dahulukan Gelas dan Cangkir

Mendahulukan cangkir dan gelas saat mencuci peralatan dapur memberi keuntungan tersendiri. Pasalnya, sisa minyak atau bumbu yang menempel pada spons sehabis menyabuni piring atau wajan tidak akan terbawa saat menggosok gelas dan cangkir. Terutama gelas atau cangkir bekas minum kopi. Aroma kopi yang tersisa bisa mengurangi bau tak sedap pada piring yang dicuci berikutnya.

Segera Cuci Piring Anda

Segera Cuci Piring Anda

Tak hanya cucian piring, sehabis menggunakan peralatan dapur, hendaknya segera dicuci guna menghindari tumpukan cucian pada wastafel dapur.

Pasang Alarm Pengingat 

Pasang Alarm Pengingat

Pasang alarm guna memaksimalkan waktu kegiatan cuci piring Anda, agar bisa fokus pada proses mencuci piring.

Hindari Menggunakan Banyak Piring

Hindari menggunakan banyak piring

Hindari menggunakan piring terlalu banyak saat masak atau makan. Dengan demikian, Anda tidak perlu berlama - lama mencuci piring di wastafel.

Pilih Cairan Pencuci Piring yang Tepat

Pilih Cairan Pencuci Piring yang tepat

Aroma dengan keharuman yang Anda sukai dari cairan pencuci piring dapat membuat Anda merasa nyaman saar mencuci piring kotor yang menumpuk. Jangan lupa, pilih spons terbaik, yang memiliki dua sisi. Sisi berbusa halus sangat baik untuk menggosok piring, gelas, atau mangkuk. Sedangan sisi berbusa kasar cocok untuk melepaskan kerak dari peralatan dapur berbahan alumunium. Memilih spons yang sesuai akan menghemat waktu Anda dalam mencuci piring.

Mendengar Musik

Mendengar musik

Dengarkan musik yang anda sukai. Ini akan membuat anda lebih santai dalam mencuci piring.

Keringkan Peralatan Makan

Keringkan Peralatan Makan

Mencuci peralatan makan hingga bersih saja belum cukup. Lap dengan kain bersih hingga kering sebelum disimpan dalam lemari tertutup agar tidak lembab dan mengundang kuman atau bakteri. Kalau hanya ditiriskan, peralatan makan yang masih basah berisiko terpapar kotoran atau kuman di udara. Pasalnya, dapur adalah tempat yang masih lembab, hingga kuman lebih cepat tumbuh dan berkembang biak.

Cuci Spons yang Sudah Dipakai

Cuci Spons yang Sudah Dipakai

Setelah semua peralatan makan dicuci, jangan lupakan spons atau sabun cuci piring. Jika tidak dicuci hingga bersih, sisa - sisa makanan yang menempel pada sabun dari peralatan dapur mengundang bakteri penyebab penyakit. Setelah dicuci dengan Sunlight Plus Anti Bakteri, bilas hingga bersih dan keringkan spons tersebut.

***

Kegiatan ringan seperti mencuci piring ini bisa dijadikan sebagai olahraga untuk menghilangkan stress. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh beberapa ilmuwan dari Florida State University, hal - hal remeh seperti mencuci piring ternyata bisa bertampak positif pada kondisi mental seseorang. Selain mengurangi tingkat stres dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, penelitian tersebut menyimpulkan bahwa mencuci piring dapat mengurangi ketegangan hingga 23%.

Mencuci piring merupakan sebuah terapi pikiran yang mudah dan murah untuk dilakukan. Selain membersihkan peralatan dapur yang kotor, salah satu manfaat lain kegiatan ini adalah sebagai meditasi ringan untuk diri sendiri. Di sinilah letak keunikan Sunlight. Sebagai sabun cuci piring, sunlight tak hanya ampuh menghilangkan kotoran dan lemak dari piring kotor.

Sunlight Plus Anti Bau, misalnya. Selain ekstrak jeruk nipis dan pembasmi lemak, varian ini juga mengandung daun teh hijau asli yang mampu menghilangkan bau tak sedap. Kesegaran aroma teh hijau dipercaya dapat membuat suasana hati lebih tenang, dan menciptakan easa nyaman saat mengerjakan pekerjaan dapur.

Masih malas mencuci piring? Semoga kiat - kiat di atas dapat membantu anda


PRODUK YANG DIGUNAKAN

TOP