TIPS MENGHEMAT WAKTU DI DAPUR

Jika sudah asyik di dalam dapur, terkadsang waktu terasa begitu cepat. Apalagi bagi ibu rumah tangga, peran nya tak diragukan lagi. Mengupas, mengaduk, memasak, memanggang, hingga membersihkan dan menata dapur tak menjadi masalah. Terkadang, pekerjaan rumah yang lain malah terbengkalai saking serunya di dapur. Untuk menyiasati waktu, berikut beberapa kiat yang bisa Anda contek untuk meringankan peran ibu.

Buat Menu Mingguan

1. Buat menu mingguan

Kelihatan nya memang sepele, namun membuat menu mingguan dapat menyingkat waktu anda di dapur. Anda tak harus berlama - lama memikirkan menu apa yang akan dimasak hari ini. Cukup lihat catatan dan mulailah memasak.

Buat Daftar Belanjaan Harian

2. Buat daftar belanjaan harian 

Ketika belanja bulanan, terkadang ada beberapa bahan masakan yang terlupakan. Akibatnya, ketika akan memasak kita jadi sibuk mencari beberapa bahan yang terlewat. Sangat membuang waktu, bukan?

Persiapkan Bahan - Bahan nya

3. Persiapkan bahan - bahan nya

Untuk menu makanan yang dimasak pagi hari, menyiapkan bahan - bahan pada malam sebelumnya dapat menghemat waktu. Sebelum dipotong, buah dan sayur sebaiknya dicuci dulu sampai bersih. Gunakan sunlight extra nature yang bisa menghilangkan sisa - sisa petisida pada sayuran dan buah - buahan. Varian ini dilengkapi dengan ekstrak jeruk nipis, white tea, dan garam untuk menjaga kesegaran bahan - bahan masakan tersebut.

Urutan Memasak

4. Urutan memasak

Kurangi berpindah - pindah terlalu banyak ketika memasak karena jarak antara peralatan memasak yang berjauhan. Hal ini justru mengurangi efesiensi dan efektivitas memasak. Peralatan seperti panci, kompor, sebaiknya diletakkan berdekatan dengan tempat memotong.

Jauhkan Gadget

5. Jauhkan gadget

Mendengarkan lagu atau melihat resep dari gadget memang membantu saat memasak. Tetapi kalau gadget digunakan untuk melihat media sosial ketika masak, waktu yang seharusnya kita gunakan untuk memasak dan membersihkan dapur bisa terbuang.

Cuci Peralatan yang Sudah Tak Terpakai

6. Cuci Peralatan yang sudah tidak terpakai

Daripada menumpuk peralatan sampai selesai memasak, lebih baik cuci peralatan masak yang memang sudah tidak digunakan, satu per satu. Jadi, saat selesai memasak, Anda tidak perlu lagi berlama - lama mencuci piring. Gunakan cairan pencuci piring yang seperti Sunlight Jeruk Nipis 100. Sangat ampuh menghilangkan noda dan lemak, sehingga menghemat waktu anda

Libatkan Anak dan Keluarga

7. Libatkan Anak atau Keluarga

Apakah anak - anak tidak tidak begitu membantu saat memasak, atau bahkan membuat berantakan? Anda bisa melibatkan mereka dalam hal - hal kecil seperti menata meja makan, mengelap meja, mengelap perabotan, atau membantu membersihkan meja dari piring - piring bekas makan.

Simpan Bahan Makanan Darurat

8. Simpan Bahan Makanan Darurat

Bagaimana jika masakan yang direncanakan malah gosong atau rasanya kurang pas? Atau mungkin waktu makan malam sudah hampir tiba, dan Anda kekurangan waktu untuk memulai dari awal? Solusinya, simpanlah bahan makanan darurat seperti salad, sup, spaghetti, dan sandwich.


Selain menghemat waktu di dapur, hal lain yang perlu diperhatikan adalah peralatan dapur yang digunakan. Beberapa peralatan berikut mungkin harus ada di dalam dapur Anda.

Pisau Berkualitas

  • Pisau berkualitas
          Belilah pisau dapur yang berkualitas untuk memotong buah atau bahan masakan seperti apel dan brokoli dengan lebih mudah dan rapi. Belilah pisau lebih dari satu sebagai cadangan saat pisau utama berkurang                ketajaman nya.

Gunting Dapur
  • Gunting dapur
           Meski lebih rapih dibandingkan dengan menggunakan gunting, memotong sayur dan buah dengan pisau menghabiskan waktu lebih lama. Jika tidak memiliki gunting makanan, gunting biasa juga bisa digunakan.                 Gunting yang sudah dicuci bersih bisa dipakai untuk memotong buncis, kacang panjang, sawi bahkan adonan. Selain lebih mudah, hasil potongan nya juga tidak berceceran.

Piring Kertas
  • Piring kertas
           Ketika pesta dirumah, ada baiknya menggunakan piring kertas untuk menghemat waktu membersihkan dapur. Setelah selesai makan, Anda tidak perlu mencuci piring dan bisa langsung membuangnya ke dalam                tempat sampah

Saringan Telur
  • Saringan telur
          Memisahkan putih dan kuning telur bukan perkara sulit lagi sekarang. Dengam saringan telur, pekerjaan jadi lebih mudah dan cepat.

Tutup Panci dan Wajan
  • Tutup Panci dan Wajan
          Agar masakan bisa lebih cepat matang dan merata, gunakan tutup wajan/panci saat merebus atau menggoreng. Panaskan wajan atau oven sebelum memasak agar panasnya menyebar secara rata.

Peralatan Stainless Steel
  • Peralatan Stainless Steel
          Panci dan wajan sebaiknya terbuat dari stainless steel karena dengan cepat menghantarkan panas. Jadi, waktu memasak lebih pendek kan?

Semoga bermanfaat ya!



PRODUK YANG DIGUNAKAN

TOP