Memilih Jenis Kompor: Apakah Gas atau Listrik?

              Kompor adalah komponen yang paling utama dalam memasak. Zaman dahulu, sebelum ada kompor, orang yang ingin memasak harus menggunakan kayu bakar. Namun memasak dengan kayu bakar membutuhkan waktu yang lama. Seiring perkembangan zaman, kompor minyak tanah mulai dikembangkan. Kompor minyak tanah yang masih banyak digunakan saat ini adalah tanpa tekanan udara, karena menggunakan sumbu.

Di samping kuran efisien, kayu bakar atau kompor minyak menghasilkan bau yang khas dan dapat mengkontaminasi makanan yang kita masak. Kompor gas dan kompor listrik pun menjadi pilihan utama saat ini. Memasak pun lebih praktis dan cepat. Selain itu, kedua jenis kompor ini lebih mudah dibersihkan, sehingga menjadikan dapur bersih bisa lebih cepat. Jika anda masih bingun saat memilih kompor, beberapa faktor dibawah ini bisa membantu Anda memilih kompor gas atau listrik.

Harga
Baik kompor gas atau listrik hampir memiliki kisaran harga yang tidak jauh berbeda. Yang membedakan hanya merek atau kualitas dari kompor tersebut. Sesuaikan harga dengan anggaran yang anda miliki.

Cara Kerja

Cara kerja
Kompor gas dan listrik memiliki cara kerja nya masing - masing. Pada kompor gas, gas yang disambungkan pada kompor akan dibawa ke pembakaran dan menghasilkan panas. Dengan menyalakan pemantik, api berwarna biru akan muncul. Anda bisa mengatur seberapa banyak gas yang terpakai dengan membesarkan atau mengecilkan api.

Kompor listrik pun sama mudahnya. Panas dihasilkan dari listrik yang mengaliri komponen kawat di dalam kompor. Saat anda menekan tombol untuk menyalakan, lampu berwarna oranye akan muncul menandakan kompor siap digunakan. Anda juga bisa mengatur arus listrik dan besar - kecilnya api kompor listrik, namun mungkin tidak seakurat pada kompor gas.

Efisiensi

Efisiensi
Karena cara kerjanya yang begitu mudah, kompor gas dan kompor listrik memiliki tingkat efisiensinya masing - masing. Biaya untuk membeli gas tidak terlalu mahal dibandingkan tagihan listrik jika menggunakan kompor listrik. Namun, risiko kebocoran dan ledakan gas cukup besar dibandingkan dengan kompor listrik. Jenis peralatan yang digunakan pada kompor listrik lebih terbatas jika dibandingkan dengan kompor gas. Salah satu tip memasak menggunakan kompor listrik adalah, hindari menggunakan panci atau wajan berbahan dasar alumunium atau stainless steel.

Cara Membersihkan

Cara membersihkan
Cara membersihkan juga menjadi salah satu faktor penting dalam pemilihan kompor. Jika tidak hati - hati, kompor bisa mengalami kerusakan. Kompor gas memiliki banyak sudut, sehingga lumayan memakan waktu saat membersihkan. Berbeda dengan kompor listrik, rata - rata kompor listrik memiliki permukaan yang rata. Sudut - sudutnya pun sedikit, sehingga mudah membersihkan nya. Jangan lupa menggunakan cairan pembersih yang tepat untuk membersihkan kotoran sisa - sisa memasak.

Semoga beberapa kiat tersebut dapat memberikan inspirasi saat memilih kompor yang sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki. Jika memiliki kompor gas, pastikan anda memahami cara pemasangan nya untuk menghindari kebocoran gas. Jika memilih kompor listrik, pastikan anda memiliki dana lebih untuk membayar tagihan listrik yang cukup tinggi akibat pemakaian kompor ini. Jangan lupa, pilihlah kompor yang berkualitas karena akan berpengaruh pada pemakaian Anda sehari - hari.

TOP