Menghilangkan Noda Putih di Atas Meja Kayu

             Memiliki furnitur berbahan dasar kayu memang memiliki keunikan tersendiri. Di Indonesia, Jepara terkenal sebagai daerah penghasil mebel kayu. Tak hanya tersohor di tanah air, perabut kayu juga memiliki banyak peminat mancanegara. Kualitas furnitur dari Jepara bahkan mendorong Investor dari Jerman, Tiongkok, Korea Selatan, dan Jepang untuk menanamkan modal mereka.

Beberapa model yang sangat laku di pasaran adalah ranjang, lemari, bufet, set sofa, dan coffee table hingga perabot lain seperti plafon, gazebo, bahkan aquarium. Tak jarang, furnitur - furnitur ini dipasangi harga yang tinggi, dari puluhan hingga ratusan juta rupiah. Meski demikian, harganya yang fantastis mengurungkan niat para konsumen.

Perabot berharga fantastis ini membutuhka perawatan yang teliti. Apalagi ketika anda memutuskan untuk memiliki meja makan berbahan dasar kayu. Noda yang tertinggal saat makan pun tak terelakkan. Air saja dapat meninggalkan noda di permukaan furnitur. Noda ini biasanya didapat dari gelas yang masih panas atau berisi es yang mengembun. Umumnya, noda ini berbentuk lingkaran seperti cincin berwarna putih di atas permukaan meja. Untuk membersihkan noda tersebut, beberapa bahan berikut bisa dimanfaatkan..

Baking Soda

1. Baking Soda

Untuk menghilangkan noda putih yang disebabkan oleh gelas panas atau gelas yang mengembun, gunakan campuran satu sendok baking soda dan satu sendok teh air. Gosok secara lembut dengan gerakan melingkar sampai noda menghilang.

Garam

2. Garam

Hilangkan noda air bekas dudukan gelas atau botol dengan mencampur satu sendok teh garam dengan beberapa tetes air. Gosok campuran pasta tersebut pada noda berbentuk cincin dengan kain lembut atau spons sampai hilang. Kilapkan kayu dengan furniture polish.

Kenari dan Kacang

3.Kenari dan Kacang

Kenari dan kacang Brazil sangat tepat digunakan untuk membersihkan noda pada furnitur kayu berwarna terang. Kombinasikan kedua bahan tersebut, kemudian gosok dengan kain atau karet pembersih pada noda diatas meja.

Tepung Sagu

4. Tepung Sagu

Pati jagung atau disebut juga tepung sagu dan tepung jagu dapat digunakan untuk membersihkan mebel. Triknya, taburkan tepung jagung pada furnitur kotor, dan gosok secara merata dengan telapak tangan anda.

Pasta Gigi

5. Pasta Gigi

Untuk menyingkirkan bekas air dari gelas yang mengembun di permukaan meja kayu, gosok menggunakan pasta gigi berwarna putih dengan kain lembut. Kemudian, seka dengan kain basah dan biarkan mengering sebelum memolesnya dengan vernis atau pelitur. Untuk daya pembersih yang lebih kuat, campurkan pasta gigi dan baking soda.

Cuka

6. Cuka

Untuk menghapus lingkaran putih yang ditinggalkan oleh gelas basah pada furnitur kayu, campurkan cuka dengan minyak zaitun. Gosok dengan kain lembut searah dengan serat kayu. Gosok sekali lagi dengan kain bersih yang lembut untuk mengilapkan permukaan kayu. Untuk menghilangkan lingkaran putih pada mebel kulit, oleskan dengan spons yang direndam dalam cuka putih.

Car Wax

7. Car Wax

Ketika ada noda cincin putih diatas meja yang tak hilang dengan pengilap furnitur biasa, coba gunakan beberapa tetes car wax. Oles permukaan cincin dengan jari anda, biarkan mengering, kemudian kilapkan dengan kain lembut.

Merawat Furnitur Dapur yang Terbuat Dari Kayu

                Beberapa bahan tersebut cukup mudah didapat. Apalagi jika dapur anda rata - rata terbuat dari bahan kayu. Namun, selain harus telaten dalam membersihkan, Furnitur Kayu juga harus mendapatkan perawatan yang maksimal. Simak cara merawat perabot kayu berikut

Letakkan di Tempat Kering atau Bersuhu Normal

1. Letakkan di Tempat Kering 

Paparan suhu panas secara terus menerus dapat membuat kayu menjadi kering dan menyusut sehingga menimbulkan retakan pada lapisan kayu. Jauhnya furnitur berbahan kayu dari peralatan yang memancarkan panas atau tempat yang langsung terpapar sinar matahari, terutama jika anda tinggal di daerah dengan suhu tinggi. Tidak hanya itu, udara lembab juga dapat memancing perkembangbiakan jamur atau serangga yang berbahaya bagi kayu.

Rutin Bersihkan Debu

2. Rutin bersihkan debu

Perhatikan perabotan kayu dirumah Anda. Jangan diamkan ketika mebel kayu sudah berdebu, karena bisa meningkatkan risiko keropos jika tidak pernah dibersihkan. Untuk menjaga keawetan nya, ada baiknya membersihkan perabot kayu dengan rutin dan berkala. Bersihkan furnitur kayu menggunakan kayu yang lembut. Hindari pemakaian lap yang berbahan silikon karena bisa menyebabkan lecet.

Pilih Sabun Pembersih Terpercaya

3. Pilih Sabun Pembersih Terpercaya

Saat ingin membersihkan perabotan atau lantai dari kayu, sebaiknya pilih sabun pembersih yang terpercaya. Hal ini untuk memastik bahwa pembersih tersebut memang bagus digunakan untuk merawat kayu. Jika tidak teliti, bisa menyebabkan pudarnya warna permukaan furnitur tersebut pastikan pula produk tersebut memang untuk merawat mebel kayu, bukan untuk perabot bermateri lain. Gunakan produk pembersih tiga kali seminggu untuk menjaga furnitur tetap awet.

4. Jangan langsung mengguyur kayu

Hindari mencuci furnitur dari kayu di dalam air. Jangan langsung mengguyurnya dengan air karena bisa merusak permukaan perabot. Sebaiknya, siapkan air hangat dan spons untuk mencucinya. Tambahkan sedikit sabun ke dalam air, dan gunakan sikat gigi untuk menjangkau sudut - sudut yang sulit. Setelah itu, akhiri dengan mengambil kain basah dengan permukaan yang lembut untuk mengelap permukaan nya secara keseluruhan.

Memasak dengan menggunakan talenan kayu

5. Memasak dengan menggunakan talenan kayu

Menggunakan talenan kayu adalah salah satu tips memasak yang disarankan saat mengolah daging. Sebagai salah satu peralatan penting di dapur, talenan kayu harus diberi perawatan ekstra untuk menghindari munculnya jamur.

Furnitur kayu memang sangat elegan dan juga unik, rawat dengan maksimal supaya mebel tersebut tahan lama.

PRODUK YANG DIGUNAKAN

TOP