Tips Manajemen Waktu bagi Ibu Rumahtangga

Banyak orang berpikir bahwa pekerjaan sebagai ibu rumahtangga merupakan pekerjaan yang mudah. Seharian di rumah, tentu menyenangkan. Ibu tidak perlu memikirkan kemacetan di jalan, tenggat waktu pekerjaan yang sering menghantui, ataupun kehilangan waktu makan siang karena harus meeting dengan klien. Ibu rumahtangga tidak perlu menyusun manajemen waktu untuk melakukan pekerjaan sehari-harinya.

Namun anggapan itu salah. Peran ibu rumahtangga sangat penting di dalam satu keluarga. Menjadi ibu yang baik berarti peduli terhadap kebutuhan keluarganya, serta menjaga kondisi rumah tetap layak huni. Ibu adalah tempat pulang seluruh anggota keluarganya, sehingga ibu perlu menciptakan suasana rumah sedemikian rumah agar suami dan anak-anaknya merasa betah. Apalagi jika ibu tidak memiliki asisten rumahtangga.

Dengan menerapkan manajemen waktu yang baik, ibu rumah tangga akan memiliki waktu lebih banyak untuk bermain bersama anak - anaknya. Bahkan, ibu bisa memanfaatkan luangnya  untuk mengasah hobi atau keterampilan yang dimiliki. Hal ini akan menjadi bonus dan kebanggaan sendiri bagi seorang ibu rumah tangga.

Tips Manajemen Waktu bagi Ibu Rumahtangga

Yang pertama, ibu bisa menyiapkan menu makanan esok hari pada malam sebelumnya. Perencanaan seperti ini memang terlihat sepele, tapi cukup menghemat waktu di pagi hari ketika menyiapkan makanan. Sarapan itu penting, terutama bagi suami dan anak - anak yang membutuhkan banyak energi untuk beraktivitas.

Ibu juga bisa mengakali dengan memasak makanan yang bisa dimakan lebih dari satu kali. Misalnya, membuat capcai yang bisa dimakan untuk makan siang dan makan malam. Siapkan lauk pauk dan sayur lebih untuk dua kali makan. Biasanya sarapan tidak menghabiskan waktu banyak untuk memasaknya, tapi ibu pasti menghabiskan lebih banyak waktu untuk memasak makan siang atau makan malam.

Bangun lebih pagi juga terbukti efektif dalam menghemat waktu. Semakin awal ibu bangun, semakin banyak waktu luang yang didapat ketika selesai mengerjakan pekerjaan rumah. Multitasking merupakan cara lain nya. Jika telah terbiasa mengerjakan pekerjaan rumah, lama - kelamaan ibu akan terbiasa melakukan banyak hal secara bersamaan. Misalnya, menyampu rumah sambil menunggu cucian diproses di mesin cuci atau mengepel selagi memasak nasi menggunakan rice cooker. Pada akhirnya, pekerjaan rumah akan selesai lebih awal, dan ibu akan memiliki waktu lebih bermain bersama anak, ataupun mengasah keterampilan dan hobi.

Peran wanita cerdas dalam rumah tangga

Menjadi ibu yang baik berarti menjalankan peran ibu dengan sebaik - baiknya, seberat apapun itu. Ibu rumahtangga bukanlah pekerjaan mudah, jadi janganlah malu mengatakan orang bahwa Anda adalah seorang ibu rumahtangga. Siapa bilang ibu rumahtangga tidak perlu cerdas? Ibu adalah sekolah pertama bagi anak - anaknya, dan lingkungan pertama tempat belajar segala hal tentang kehidupan.

Ibu rumahtangga juga harus memiliki karakter seorang pemimpin (leadership) dan pertemanan (friendship) bagi anggota keluarganya. Seorang Ibu Bersinor harus dapat memberi pengertian dan mengambil keptusan yang berpengaruh di keluarganya. Dalam mempertimbangkan pilihan - pilihan yang ada, ibu harus mampu menganalisis kondok yang paling baik untuk keluarganya.

Seorang ibu juga perlu menmpatkan diri sebagai teman bagi keluarganya. Teman biasanya merupakan tempat bercerita, meminta pendapat, melakukan kegiatan bersama, maupun memberikan solusi dan masukan dalam menghadapi suatu masalah. Jika kedua peran ibu berhasil dilaksanakan, niscaya hubungan antar anggota keluarga akan menjadi lebih baik dan lebih terbuka, karena ibu yang mereka miliki adalah orang yang menyenangkan.

Terjadi menjadi ibu rumahtangga sama sekali tidak mudah! Menjadi Ibu Bersinar, yang baik ternyata tidak hanya perlu mampu merawat anak hingga dewasa maupun membersihkan rumah setiap hari. Seorang ibu yang baik memerlukan kecerdasan dan memiliki karakter pemimpin dan persahabatan demi menjaga keharmonisan keluarga. Jadi, banggalah dengan peran Ibu rumahtangga, dan jadilah Ibu Bersinar!


 

TOP