Tips Memilih Desain Meja Dapur

Dapur merupakan salah satu tempat yang cukup krusial di rumah. Selain sebagai tempat memasak, dapur biasa digunakan sebagai tempat bercengkrama anggota keluarga satu sama lain. Biasanya, dapur juga dekat dengan tempat makan, tempat dimana anggota keluarga akan berkumpul di malam hari setelah seharian beraktivitas di luar rumah.

Karena itu, menata dapur menjadi suatu hal yang penting. Meskipun desain atau tata letak ruangan yang diinginkan tidak terlalu banyak aksen, menata dapur minimalis juga ada triknya, lho. Anda tidak hanya memilih warna dinding, warna lemari penyimpanan, rak, ataupun memilih merek kompor dan oven yang akan Anda gunakan. Anda perlu juga menentukan meja dapur yang akan digunakan untuk mengolah bahan masakan Anda.

Tips Memilih Desain Meja Dapur

Siapa bilang memilih desain meja dapur merupakan hal yang mudah? Sebelum menentukan jenis meja dapur yang akan digunakan, Anda harus menentukan fungsi utama yang Anda butuhkan. Memilih meja dapur bisa dibilang merupakan hal pertama yang Anda lakukan ketika Anda menata dapur.

Sebagai contoh, jika Anda akan menggunakan meja dapur hanya untuk makan. Anda sebaiknya memilih desain meja dapur yang simple dan praktis. Lain halnya jika Anda menggunakan meja dapur untuk mengolah bahan masakan. Anda akan membutuhkan permukaan meja yang tidak tergores.

Sebagian orang bahkan menggunakan meja dapur sebagai sarana berkumpul bersama keluarga dan teman, mengerjakan prakarya atau tugas sekolah. Dengan kondisi seperti ini, anda akan membutuhkan meja dapur yang terbuat dari bahan yang cukup terlindungi sehingga mudah dibersihkan.

Hal yang perlu Anda perhatikan ketika memilih meja dapur adalah adalah menyesuaikan tipe dan model meja dapur Anda dengan desain layout dapur. Ketika menata dapur, tentu anda sudah tahu bentuk dapur anda. Biasanya meja dapur digunakan sebagai pembatas antara area masak dan area makan. Dalam kondisi seperti ini, akan lebih mudah jika anda memilih desain meja dapur yang cukup bisa membatasi area tersebut. Jika Anda memilih meja bulat akan lebih mudah diaplikasikan dalam layout dapur berbentuk U ataupun huruf L.

Jenis - jenis Meja yang Cocok Untuk Dapur Minimalis

Menata dapur minimalis, Anda perlu mempertimbangkan banyak hal. Salah satunya adalah jenis meja yang cocok untuk dapur minimalis Anda.

Anda tidak hanya perlu menyesuaikan selera Anda, namun juga menyesuaikan dengan material yang cocol dan selaras untuk diletakkan di dapur minimalis anda. Material bisa berbeda - beda tergantung tema interior. Sebagai contoh, jika Anda ingin meja dapur yang terbuat dari kayu, tentu terlihat elegan namun meja kayu akan lebih muda tergores, serta dapat lapuk. Meja kayu akan cocok jika tema interior dapur anda adalah vintage ataupun rustic.

Sebaliknya, meja yang terbuat dari plastik akan lebih cocok untuk desain modern dan minimalis, karena mudah dibersihkan. Meja yang terbuat dari kaca, akan lebih cocok untuk dapur minimalis karena desain transparan ny, dan terkesan lebih formal.

Selain menentukan jenis meja dapur yang akan Anda gunakan, menata dapur minimalis juga dapat dilakukan dengan cara lain. Anda bisa mengurangi penggunaan lemari untuk meletakkan alat makan. Meletakannya di atas meja makan adalah salah satu alternatif.

Bermain dengan warna cat dinding juga disarankan. Jika anda ingin dapur Anda terlihat lebih luas dan terang. Gunakan cat berwarna cerah atau pastel. misalnya putih atau kuning gading. Jika Anda menggunakan warnayang mencolok, ruangan akan terlihat lebih sempit.

Bagaimanapun bentuk dapur yang Anda inginkan, menata dapur haruslah dilakukan dengan perencanaan yang matang. Berapa banyak lemari atau rak penyimpanan yang dibutuhkan. Bahkan seberapa besar ukuran alat - alat dapur yang Anda perlukan. Hal - hal ini menjadi pertimbangan sehingga barang - barang Anda tidak memenuhi dapur sedemikian rupa, dan menyebabkan dapur Anda tidak terlihat minimalis lagi. Bagaimana, sudah tidak sabar menata dapur minimalis anda?

PRODUK YANG DIGUNAKAN

TOP