Menjaga Dapur Anda dari Berbagai Serangga dan Hama

Seberapa pentingkah menjaga kebersihan dapur? Dapur bersih menandakan gaya hidup sehat orang-orang yang ada di rumah. Dapur bersih minimalis enak dilihat, serta bisa membuat orang yang tinggal di dalamnya merasa betah.

Membersihkan dapur memang tidak mudah. Banyak celah yang memberi kesempatan bagi serangga dan hama untuk bersarang, bahkan berkembang biak di dalamnya. Maka dari itu, ibu harus jeli dan teratur menjaga dapur agar tetap bersih.

Dapur adalah satu bagian sebuah rumah yang terus didatangi orang. Kamar tamu Anda bisa kosong berhari-hari, tapi dapur akan selalu dikunjungi. Karena itu, amat penting memastikan bahwa dapur Anda selalu bersih, rapi, serta bebas hama. Apalagi dapur adalah tempat Anda menyimpan bahan makanan, memasaknya, menyimpan makanan, bahkan makan. Serangga dan hama adalah hal terakhir yang Anda inginkan mendekam di dapur Anda.

Menjaga Dapur dari Serangan Serangga dan Hama

Anda bisa menjaga dapur bersih minimalis Anda dari serangan serangga dan hama melalui cara - cara berikut:

Buang sampah secara rutin

1. Buang sampah secara rutin.
Penting untuk memastikan sampah di dapur Anda dibuang setiap harinya. Sampah di dapur adalah sampah yang paling basah, sehingga merupakan makanan empuk bagi serangga, terutama kecoa. Anda tentu tidak mau serangga berpesta dengan sisa makanan Anda, bukan? Pekerjaan yang paling dihindari ini justru berperan penting dalam kebersihan dapur Anda.

Simpan makanan dengan benar

2. Simpan makanan dengan benar.
Belilah beberapa toples plastik atau bahan lainnya yang kedap udara untuk menyimpan makanan-makanan Anda. Dengan begitu, tempat penyimpanan Anda akan menjaga agar aroma dari makanan tidak keluar, yang bisa mengundang serangga maupun hama untuk mendekat.

Lap permukaan meja atau cooking counter Anda

3. Lap permukaan meja atau cooking counter Anda

Meja dapur Anda mungkin terlihat bersih, namun janga terkecoh. Pastikan untuk selalu mengelap meja hingga bersih dari remah - remah atau sisa makanan yang masih menempel di meja. Remah - remah adalah makanan yang empuk bagi semut, dan Anda tidak maun meja Anda kotor dan berantakan karena harus berhadapan dengan semut atau serangga lain nya.

Jauhkan makanan dari ruang terbuka

4. Jauhkan makanan dari Ruang Terbuka.

Sayuran dan buah - buahan memiliki aroma yang dapat menarik serangga, secara alami. Dapur bersih Ands bisa dipenuhi serangga dengan cepat jika Anda meletakkan makanan begitu saja di tempat terbuka, apalagi makanan yang sudah masak. Pastikan makanan anda tertutup, sehingga mengurangi aroma yang mengundang serangga untuk mendekat. Jangan lupa mencuci peralatan masak dan makan hingga bersih dengan Sunlight Plus Anti Bakteri setelah selesai digunakan.

Mengusir Serangga dan Hama Menggunakan Benda Sekitar Anda

Selain menggunakan kiat - kiat di atas, Anda juga dapat menghalau serangga dan hama dengan benda - benda dan alat - alat berikut ini:

Bawang Putih

1. Bawang Putih

Bawang Putih memiliki bau khas yang bisa menghalau serangga, terutama semut dan kecoa. Ternyata selain digunakan sebagai bahan masakan, bawang putih juga ampuh untuk hal ini. Caranya cukup mudah, simpan beberapa siung bawang putih di pojokan dapur Anda, dan ini akan mencegah datangnya semut dan kecoa! Jika bawang sudah mulai kering, Anda tinggal menggantinya dengan bawah yang lebih segar.

Cuka

2. Cuka

Selain menambah rasa makanan, ternyata cuka cukup efektif untuk menghalau semut. Semut sama sekali tidak menyukai aroma cuka, dan tidak akan mendekatinya. Semprotkan Cuka ke kusen jendela atau ke pintu untuk mencegah semut memasuki dapur bersih Anda. Cuka pun bukan bahan yang sulit didapatkan. Anda bisa mendapatkan nya di minimarket atau pasar tradisional.

Menjaga kebersihan dapur itu sangat penting, maka pastikan Anda melakukan demi menjaga kesehatan anggota keluarga Anda. Tunggu apa lagi?



PRODUK YANG DIGUNAKAN

TOP