Cara Benar Menyimpan Bumbu Dapur

Bukan rahasia jika orang Indonesia tidak bisa lepas dari bumbu dapur. Setiap masakan yang diolah oleh ibu rumahtangga maupun koki ternama pasti menggunakan kombinasi dari bumbu-bumbu dapur. Di Indonesia, terdapat beragam jenis bumbu dapur dengan segala karakteristik dan daya tahannya. Setiap bumbu dapur memiliki masa kadaluwarsa sendiri, dan perlu perlakuan dan penyimpanan yang berbeda-beda.

Menyimpan bumbu dapur pun ada triknya. Untuk menata dapur agar tetap bersih dan rapi, Anda perlu mengetahui kiat-kiat menyimpan bumbu dapur di bawah ini.

Menyimpan Bumbu Dapur dengan Benar

1. Jauhkan dari Sinar Matahari langsung. Sama seperti jenis makanan lain nya, bumbu dapur pun tidak boleh terkena sinar matahari langsung. Hal ini dapat menyebabkan bumbu berubah warna, berbau busuk, ataupun mengering. Cabai dan tomat adalah contoh bahan masakan yang sangat terpengaruh oleh sinar matahari

2. Jauhkan dari kompor. Selain terkena sinar matahari langsung, menyimpan bumbu dapur di dekat kompor juga memiliki efek yang mirip, apalagi ketika Anda menyalakan kompor Panas api yang memancar dapat menyebabkan bumbu dapur mengering dan berubah warna. Apalagi jika Anda meletakkan sayuran yang cenderung cepat layu.

3. Simpan bumbu di dalam wadah tertutup. Untuk bumbu dengan ukuran kecil - kecil seperti lada, ketumbar, garam, tentu Anda tidak bisa menyimpan nya sembarangan. Gunakan wadah plastik yang aman untuk makanan. Pastikan wadah tersebut tertutup dengan baik agar bumbu Anda tidak menarik perhatian serangga dan hama. 

Menyimpan berbagai jenis bumbu

Beda jenis bumbu, tentu berbeda cara penyimpanan nya. Dapur bersih Anda harus tetap terjaga kerapian nya, sehingga Anda harus menaruh perhatian lebih terhadap hal ini. Jika tercampur, bau/aroma bumbu bisa tercampur antara satu dengan yang lain nya. 

1. Menyimpan bawang. Bumbu dapur yang tergolong bawang - bawangan ini termasuk cepat busuk. Karena itu, simpanlah bawang di tempat terbuka atau di dalam kantung plastik dilubangi. Bawang juga dapat disimpan di dalam kulkas, namun pastikan wadahnya tertutup rapat agar wangi bawang tidak hilang. Jika disimpan di dalam kulkas, bawang bisa bertahan hingga tujuh hari.

2. Bumbu halus. Membuat bumbu halus bisa menjadi alternatif dalam memasak. Jika anda suka membuat soto, sup, atau opor, menyiapkan persediaan bumbu halus bisa menjadi solusi memasak agar Anda tidak perlu membuatnya berulang - ulang. Bumbu seperti ini lebih baik disimpan di wadah plastik yang tertutup rapat, sehingga kedap air dan kedap udara. Hal ini menjaga agar bumbu tidak rusak.

3. Bumbu bubuk/seasoning powder. Bumbu - bumbu seperti lada bubuk, bawang bubuk, oregano, dan lain nya merupakan penyelamat bagi ibu rumah tangga, sebab tidak perlu menghaluskan bahan - bahan tersebut. Namun, apabila tidak disimpan dengan baik, aroma bumbu bisa hilang dan bubuknya akan menggumpal. Pastikan menyimpannya dalam wadah plastik kedap udara, tertutup rapat agar tahan lama.

4. Daun - daunan. Ibu rumah tangga tentu menggunakan daun-daunan dalam menyedapkan aroma masakan, seperti jeruk, daun salam, maupun daun seledri. Cara terbaik menyimpan daun - daunan ini adalah meletakkan nya di tempat terbuka dan kering, namun jauhkan dari pancaran langsung sinar matahari dan kompor.

Menata dapur tidak hanya dilakukan dengan menyusun interiirnya, memilih peralatan memasak, atau menentukan jenis lemari/rak yang akan anda gunakan di dapur Anda. Dapur bersih tidak melulu tentang menyusun alat memasak atau alat makan keluarga. Penataan bumbu dapur pun dapat Anda jadikan sebagai salah satu cara menata dapur. Siapa tahu, dengan melakukan hal ini. Anda dapat lebih termotivasi dalam menciptakan menu - menu baru untuk disantap bersama keluarga.

Belilah wadah plastik yang unik, mudah dicari, serta bening, jadi Anda bisa langsung mengetahui jenis dan jumlah bumbu makanan yang ada di dalamnya. Anda juga bisa menyusunnya berdasarkan fungsi, warna, atau jenis bumbu masakan. Jangan lupa, wadah atau toples yang dipakai untuk menyimpan bumbu - bumbu tersebut harus dibersihkan dengan Sunlight plus Anti Bau. Kandungan daun teh hijau aslinya akan menghilangkan sisa - sisa aroma bumbu sebelumnya, sehingga wadah tersebut bisa langsung dipakai kembali. Selamat mencoba!



PRODUK YANG DIGUNAKAN

TOP