Tips Mudah Bersihkan Kerak Gosong pada Panci

Bagi sebagian orang, memasak memang salah satu kegiatan paling menyenangkan. Selain dapat mengasah kemampuan mengolah makanan dan menciptakan rasa, aktivitas ini juga memperkenalkan kita pada banyak bahan makanan bumbu dan rempah-rempah. Sebagai hobi, memasak berarti menciptakan kreasi baru dalam makanan, bahkan menjadi salah satu cara alternatif untuk mengisi waktu luang bersama keluarga.

Namun, setelah memasak berbagai macam makanan, terkadang noda makanan bisa tertinggal pada bagian luar panci. Percikan minyak, kualitas panci yang memang rendah, atau kelalaian mematikan kompor hinga masakan hangus dapat menyebabkan bagian panci menjadi berkerak, gosong, dan sulit untuk membersihkan panci. Agar tidak terlalu repot saat membersihkan, gunakan beberapa cara berikut untuk menghilangkan kerak pada panci.

Air Panas

Air Panas

Kadang-kadang, saat melihat kerak pada panci, rasanya ingin segera menghilangkan kerak tersebut dengan menorehkan pisau atau sendok. Jangan terburu-buru, karena panci tetap bisa digunakan. Rendam panci dalam air panas selama beberapa saat. Jika kerak ada pada bagian dalam, gunakan garam dan air dingin untuk merendam, dan diamkan selama semalam. Esoknya, bilas dengan air panas untuk menghilangkan kotorannya.

Air Cuka

Air Cuka

Air cuka dengan asam asetat di dalamnya bisa digunakan sebagai cara alternatif menghilangkan kerak pada panci. Membersihkan kerak pada panci dan wajan gosong dengan cara ini ternyata sangat mudah, hanya dengan menyiramkan air cuka pada bagian yang berkerak. Tunggu beberapa saat, lalu bersihkan panci seperti biasa

Lemon

Lemon

Hampir sama seperti cuka, lemon juga dapat membersihkan kerak karena kandungan asamnya. Untuk panci stainless steel, Anda bisa menggunakan cuka putih atau jus lemon. Cuci panci dengan menggunakan cuka atau jus lemon, lalu gosok perlahan.

Minyak Sayur

Minyak sayur

Minyak sayur ini tak hanya berguna untuk menggoreng atau menumis. Panci juga bisa dibersihkan dengan memanfaatkan minyak ini. Pada bagian yang gosong dan berkerak, oleskan minyak sayur secara merata. Lemak dari minyak sayur ini akan melunakkan kerak yang menempel.

Baking Soda

Baking Soda

Bahan ini juga mampu membantu menghilangkan kerak pada panci gosong. Campurkan baking soda dengan sedikit air hingga menjadi tekstur seperti odol/pasta. Lalu oleskan pada panci yang gosong. Tunggu sebentar, lalu bersihkan seperti biasa.

Sabun Cuci Piring

Sabun cuci piring

Setelah menggunakan beberapa benda di atas, jangan lupa untuk mencucinya dengan cairan pencuci piring seperti Sunlight Extra Power. Sabun cair ini mengandung ekstrak jeruk nipis asli dan zat-zat pembersih yang efektif membersihkan panci secara menyeluruh, dari minyak atau kerak yang tertinggal.

Selain rutin membersihkan perangkat dapur, ada baiknya jika kita juga cermat memilih peralatan dapur. Di pasaran, panci dan peralatan dapur lain nya dengan warna, bentuk yang unik. Ada baiknya jika peralatan dapur itu sesuai kebutuhan. Misalnya untuk menumis, gunakanlah wajan yang dapat menghantarkan panas lebih cepat sehingga tumisan bisa matang dengan cepat. Untuk rebusan, pilih panci yang memang menahan panas dalam jangka lama. Jangan gunakan wajan berbahan dasar tembaga atau alumunium untuk memasak saus tomat atau saus spaghetti karena kandungan metalnya akan berpengaruh pada masakan. Berikut beberapa jenis bahan panci atau wajan yang bisa dipilih.

Stainless Steel

  • Stainless steel

Rata-rata peralatan dapur memang terbuat dari bahan ini. Selain tahan lama, perawatannya cukup mudah, dan cepat menghantarkan panas. Kekurangannya, terkadang memang sulit membersihkannya jika kerak masakan terlalu melekat.

Alumunium

  • Alumunium

Panci jenis ini juga salah satu yang banyak dijual di pasaran karena harganya yang relatif terjangkau. Bahannya ringan, sehingga bisa dengan cepat menghantarkan panas secara merata. Namun terkadang, kalau terlalu panas bisa mengontaminasi makanan yang menyebabkan pahit atau hitam.

Enamel

  • Enamel

Panci/wajan berlapis enamel ini memang cukup berat namun terkesan lebih mewah. Selain menghantarkan panas secara perlahan dan merata, dan tahan panas, panci ini juga tidak bereaksi pada makanan karena lapisannya yang cukup tebal.

Baja Karbon

  • Baja Karbon

Kalau suka menonton acara masak memasak, ini salah satu panci/wajan yang sering digunakan bahkan menjadi favorit koki. Bahan seperti ini cocok untuk segala masakan, namun sayang kalau digunakan sehari-hari karena perawatannya yang cukup rumit. Panci ini tidak boleh sering terkena sabun cuci piring.

Apapun bahan peralatan dapur kita, yang terpenting adalah rajin membersihkan dan merawatnya. Jangan gunakan alat berbahan metal untuk menumis atau mengaduk, karena akan meninggalkan goresan. Jangan lupa untuk memasang alarm ketika Anda memasak, hal ini menghindari masakan yang terlalu matang hingga panci yang gosong. Semoga bermanfaat



PRODUK YANG DIGUNAKAN

TOP