CARA EFEKTIF MEMBERSIHKAN COFFEEMAKER

Penikmat kopi pasti sudah tidak asing lagi dengan mesin pembuat kopi atau coffeemaker. Di Amerika Serikat, coffeemaker merupakan alat penting yang bisa ditemukan di hampir setiap rumah. Menggunakan coffeemaker hanya perlu melakukan langkah-langkah sederhana

Produksi kopi di Indonesia sendiri terhitung 400 ribu ton per tahunnya. Selain kenikmatan rasa dan aromanya, kopi juga memiliki manfaat terhadap penyakit seperti diabetes, stroke, dan lainnya. Antioksidan dan khasiat stimulannya juga membantu mengurangi risiko beberapa penyakit tersebut. Penelitian Dr. Chuanhai Chao dari University of San Fransisco serta penelitian dari Universities of Florida and Miami menemukan ada hubungan antara kafein yang masuk dalam darah dengan penurunan penyakit berat tersebut.  

Coffeemaker instan atau coffemake r tanpa penggiling dijual dengan harga lebih murah daripada coffemaker yang memiliki penggiling kopi. Coffeemaker instan cenderung lebih murah karena cukup dengan bubuk kopi dan air, Anda sudah dapat menikmati kopi. Sementara coffeemaker yang memiliki penggiling lebih mahal karena memberikan kualitas kopi yang lebuh segar.

Namun, jika rasa kopi berubah, kopi keluar lebih lama, atau tabung gelas mulai kusam, sudah saatnya membersihkan coffemaker tersebut. Cara membersihkan peralatan dapur ini mudah cukup dengan mencuci bagian yang bisa dilepas setiap setelah digunakan. Ada beberapa kiat membersihkan coffeemaker yang bisa Anda ikuti.

  • Gunakan campuran air putih dan cuka. Larutannya harus dengan perbandingan 1(satu) gelas cuka untuk 2 (dua) gelas air. Masukan ke dalam coffeemaker. Nyalakan mesinnya untuk beberapa saat, lalu matikan. Setelah 30 menit, nyalakan kembali. Lalu bersihkan dan bilas
  • Selalu pakai kertas penyaring baru. Tuang air bersih tanpa cuka ke dalam coffeemaker, dan nyalakan kembali. Ulangi langkah tersebut sekali lagi untuk menyingkirkan sisa - sisa dan bau cuka. Ganti cuka dengan jeruk nipis untuk mendapatkan aroma yang lebih segar.
  • Bagian coffemaker juga tak boleh luput. Bersihkan dengan lap dan air hangat. Jika tabung coffeemaker bisa dilepas, cuci tabung dengan cairan sabun cuci piring seperti Sunlight Plus Anti Bakteri. Sabun cair ini efektif membersihkan semua bagian coffeemaker, sekaligus mencegah kuman bersarang, apalagi di bagian - bagian tertutup yang sulit dijangkau.
  • Bagian dalam teko coffemaker juga wajib diperhatikan kebersihan nya. Namun jangan gunakan sabun untuk membersihkannya. Cairan sabun akan terikat pada minyak dan kopi, membuat rasa kopi menjadi kurang enak.

Perawatan lainnya dengan mengganti kertas penyaringnya secara berkala, karena kertas yang terlalu lama dipakai akan meninggalkan noda yang sulit dihilangkan. Selain itu, bersihkan bagian internal coffeemaker setidaknya satu bulan sekali.  

Selain cara membersihkan peralatan dapur seperti coffeemaker ini, jangan sia - siakan bubuk kopi yang tumpah di sekitar coffeemaker. Ternyata, kopi juga dapat dimanfaatkan saat membersihkan perabot rumah tangga, misalnya sebagai berikut.

Membasmi Semut

Membasmi semut

Anda hanya perlu menaburkan kopi pada tempat yang sering dikunjungi semut. Semut kurang suka bau kopi karena sangat menyengat. Trik ini bisa memastikan dapur bersih dari semut 

Memperbaiki Furnitur

Memperbaiki furnitur  

Tak sulit lagi jika terdapat furnitur yang retak. Cukup ambil dua sampai tiga sendok kopi hitam, lalu campur air hingga menjadi pasta. Oleskan pasta kopi tersebut pada furnitur yang retak.  

Menghilangkan Debu

Menghilangkan debu

Debu pada ruangan tak lagi sulit untuk dibersihkan. Taburkan ampas kopi di ruangan yang ingin dibersihkan dari debu. Ampas kopi yang basah akan mengikat debu yang berterbangan. Jadi lebih mudah membersihkannya. 

Menghilangkan Bau Tak Sedap 

Menghilangkan bau tak sedap

Bau tak sedap pada kulkas memang sangat mengganggu, apalagi jika sampai mengontaminasi makanan yang kita simpan. Kopi juga ampuh mengatasi bau tak sedap tersebut. Taruh kopi dalam wadah, lalu letakkan di dalam kulkas. Dengan cepat, bau tak sedap akan hilang. Pada kamar mandi yang lembab pun bisa diterapkan, isi wadah atau kain yang bisa digantung dengan bubuk kopi. Cara ini juga dapat diaplikasikan pada tempat-tempat yang memang kurang sedap baunya.  

Selain mudah didapat, ternyata banyak sekali manfaat yang didapat dari kopi itu sendiri. Beberapa informasi mengenai kopi di atas dapat membantu. Selamat mencoba.

PRODUK YANG DIGUNAKAN

TOP