Cuci Piring Mudah & Cepat Ketika Acara Momen Spesial atau Hari Raya di Rumah

Hari raya adalah momen spesial yang paling ditunggu-tunggu keluarga di rumah. Selain mendapatkan hari libur, biasanya keluarga besar akan berkumpul di hari ini. Sanak saudara dan kerabat yang berasal dari luar kota akan berkunjung ke rumah, bahkan tetangga dan rekan-rekan lainnya.

Ibu pun biasanya menyiapkan berbagai jenis makanan yang menggugah selera. Ketika hari raya Idul Fitri, pasti ada ketupat opor, gulai, rendang, dan beragam makanan lainnya. Ketika ada anggota keluarga yang berulang tahun, mungkin saja Ibu membuat kue untuk merayakan hari bahagia itu.

Tapi, di balik ragam makanan spesial yang terhidang, tentu ada cucian piring yang menempuk, menunggu untuk dibersihkan. Sebagai keluarga yang solid, tugas cuci piring ini sebaiknya dibagi. Misalnya karena ibu telah memasak, tugas cuci piring dilimpahkan kepada ayah ataupun anak. Dengan begitu, kebersamaan akan terjalin lebih erat antar anggota keluarga.

Agar tidak membuang banyak waktu untuk membersihkan dapur Anda, simak tips - tips berikut untuk mencuci piring dan peralatan makan lainnya yuk

Gunakan Sunlight Plus Anti Bakteri

Gunakan Sunlight Plus Anti Bakteri

Mencuci piring dengan menggunakan sabun wangi dan air hangat saja tidak cukup untuk membersihkan sisa noda opor ayam hasil masakan Ibu. Pastikan Anda menggunakan sabun yang mengandung anti bakteri, sehingga noda bekas santan dan minyak dapat dibersihkan secara optimal.

Rendam dengan Air Hangat

Rendam dengan Air Hangat

Sebelum mencuci piring, merendam cucian piring di dalam air hangat dapat membantu meluruhkan noda membandel seperti bekas santan, lemak, maupun minyak yang sulit dibersihkan hanya dengan menggunakan sabun biasa. Diamkan selama beberapa saat. Merendam cucian piring dengan air hangat akan memudahkan Anda menggosok piring. Untuk panci atau wajan yang sangat kotor, rendam dengan menggunakan air hangat yang dicampur dengan garam selama semalam.

Pilih Spons yang Berkualitas

Pilih Spons yang Berkualitas

Ada harga ada kualitas, terkadang kata-kata ini memang benar adanya. Untuk mengoptimalkan kebersihan dapur dan peralatan makan Anda, pastikan Anda membeli spons cuci piring yang berkualitas. Tidak perlu yang terlalu mahal, asalkan spons yang Anda pilih bisa membersihkannoda dengan optimal, tanpa merusak peralatan makan Anda. biasanya spons ini dilapisi jaring-jaring plastik.

Gunakan Air Dingin

Gunakan Air Dingin

Beda jenis makanan, tentu berbeda pula cara membersihkannya. Jika kerabat-kerabat Anda makan kue atau es krim, cara paling mudah untuk meluruhkan nodanya adalah dengan merendamnya di dalam air dingin. Jika Anda tetap ingin menggunakan air hangat, akan lebih baik menggunakannya untuk membilas setelah Anda mencuci piring kotor itu. 

Manfaatkan baking soda

Manfaatkan Baking Soda

Baking soda sudah terbukti ampuh membantu membersihkan noda bekas makanan yang menempel pada peralatan makan. Caranya pun cukup mudah. Anda hanya perlu mencampur air dengan baking soda untuk membersihkan peralatan makan dan peralatan masak yang dikelilingi noda membandel. Setelah luruh, cuci seperti biasa menggunakan air dan sabun, kemudian bilas dengan air mengalir hingga bersih.

Hindari Menumpuk Piring

Hindari Menumpuk Piring

Semakin banyak kerabat yang berkunjung ke rumah Anda, semakin banyak cucian piring yang akan menumpuk. Sebaiknya Anda menghindari cucian piring yang telah menggunung, agar Anda tidak kewalahan. Dengan mencicil cuci piring, Anda akan dapat berkonsentrasi ke kebersihan peralatan makan Anda. Bagilah tugas dengan suami atau anak-anak Anda untuk membersihkan dapur dan mencuci piring, agar setiap anggota keluarga bisa bercengkerama dengan kerabat secara bergantian. 

Di saat acara kumpul-kumpul keluarga besar seperti ini, Anda tidak bisa menyepelekan pekerjaan mencuci piring. Semakin banyak tumpukan piring yang ada di westafel, semakin repot Anda dibuatnya. Karena itu, aplikasikan beberapa tip mudah di atas agar Anda dapat menjamu tamu dengan maksimal. Tuan rumah yang baik adalah yang menyenangkan tamunya. Dengan begitu, tamu-tamu Anda akan betah berkunjung ke rumah! Momen spesial pun terasa lebih hangat.

PRODUK YANG DIGUNAKAN

TOP