4 Hal Penting Agar Rak Penyimpanan di Dapur Tampak Rapi

Baru saja menempati rumah baru, dan menemukan banyak hal yang perlu Anda kerjakan? Mungkin, menata dapur dan menentukan desain kitchen set Anda adalah salah satunya.

Menata dapur merupakan satu hal yang tidak bisa disepelekan. Selain memasak, banyak kegiatan yang dilakukan di dapur. Mencuci piring dan alat masak lainnya, bercengkerama dengan keluarga, mengerjakan pekerjaan rumah, makan bersama, hingga mungkin bersantai mengerjakan hobi dan pekerjaan lainnya.

Memilih desain kitchen set cukup krusial, sebab akan berpengaruh pada banyak hal. Beberapa di antaranya adalah luas dapur, mobilitas, hingga susunan dan jumlah barang yang diletakkan di dapur. Jika Anda berencana untuk menata dapur, simak tip dan trik di bawah ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal!. 

Memilih desain Kitchen Set yang Tepat untuk Dapur Anda

Sesuaikan dengan ukuran dapur.

1. Sesuaikan dengan ukuran dapur.          

 Di sini, Anda harus bisa memperkirakan luas dapur Anda dan ukuran kitchen set yang sedang Anda incar. Tanpa perkiraan yang baik, bisa-bisa dapur Anda jadi terlihat dan terasa sempit karena kitchen set memenuhi ruangan. Pastikan ukuran dan bentuk yang Anda inginkan sebelum memutuskan untuk membelinya.  

Menggunakan Jasa Desain Interior

2. Menggunakan jasa desain interior.

Pilihan ini lebih tepat ditujukan untuk Anda yang memiliki anggaran lebih untuk mendesain rumah beserta isinya. Jika Anda memang ingin berinvestasi lebih untuk dapur, pilihan inilah yang paling tepat. Memang jasa desain kitchen set akan cukup mahal, tetapi hasilnya akan sepadan dengan yang Anda dapatkan. 

Membeli kitchen set secara terpisah.

3. Membeli Kitchen Set secara terpisah

Membeli kitchen set secara terpisah.

 

Sebaliknya, jika Anda memiliki anggaran yang pas - pasan, membeli kitchen set secara terpisah bisa menjadi solusi. Yang penting bisa menentukan prioritas, barang apa yang ingin Anda beli terlebih dahulu, dan mana yang paling Anda butuhkan. Anda pun bisa memilih barang sesuai dengan keingininan Anda tanpa harus membeli set - set yang tidak sesuai dengan selera Anda.

Menentukan Kitchen Set yang Tepat untuk Dapur Anda

Ketika telah menentukan jenis desain kitchen set yang sesuai selera Anda, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan  

1. Rak tidak boleh terlalu dalam. Semakin tinggi letak rak penyimpanan Anda, seharusnya kedalamannya dibuat tidak terlalu dalam. Jangan sampai Anda tidak bisa menjangkau wadah plastik yang terletak di rak teratas lemari penyimpanan. Jika letak rak masih di dalam jangkauan, hal ini tidak akan menjadi masalah.  

2. Perhatikan susunan rak. Rak-rak yang terletak setinggi pinggang hingga sejajar dengan mata Anda merupakan lokasi yang paling mudah dijangkau. Pastikan untuk meletakkan barang-barang atau bahan makanan yang paling sering Anda gunakan di sana. Dengan begini, Anda tidak akan kesulitan menjangkaunya.  

3. Susun ulang secara berkala. Perubahan biasa terjadi. Apabila Anda belum memiliki anak, meletakkan pisau dapur di tempat rendah mungkin bukan masalah. Lain halnya ketika Anda memiliki balita yang sangat ingin tahu terhadap berbagai hal. Tentu saja Anda akan memindahkan letak pisau ke tempat yang lebih tinggi atau lebih tersembunyi sehingga anak kecil tidak bisa meraihnya. Sesuaikan susunan dengan kebutuhan Anda saat itu dan jangan ragu untuk mengubah letaknya.

4. Buat transparan. Tips ini akan sangat berguna jika Anda adalah orang yang pelupa. Pada bagian-bagian tertentu, mungkin Anda ingin membuat pintu rak penyimpanan transparan sehingga Anda bisa melihat isi di dalamnya. Rak tanpa pintu juga bisa menjadi pilihan agar bisa dengan mudah menjangkau isinya.  

Dengan kiat-kiat di atas, menata dapur akan terasa lebih mudah, bukan? Sebelum Anda memilih perabotan untuk diletakkan di rumah Anda, tentu ada baiknya mencari informasi agar keinginan Anda bisa terpenuhi dengan baik. Selamat mencoba!


TOP