Seberapa Sering Anda Harus Mencuci Botol Minum Anda?

Secara tidak langsung, botol minum memiliki beberapa manfaat dalam hidup Anda. Wadah plastik yang satu ini berfungsi sebagai tempat penyimpan air yang bisa Anda bawa ke mana-mana. Anda hanya perlu mengisi ulang. Jika memiliki botol minum, Anda tidak perlu mampir ke minimarket untuk membeli air mineral botolan, dan menyumbang sampah plastik setiap harinya. Selain itu, karena botol minum memiliki takaran yang pasti ketimbang gelas biasa, Anda bisa mengukur asupan air mineral harian Anda dengan lebih akurat

Sebagai ibu rumahtangga, biasanya Anda memiliki beberapa botol minum yang dipakai oleh seluruh anggota keluarga: untuk suami dan anak-anak. Peran ibu di sini tidak hanya untuk memastikan asupan air anggota keluarga Anda tercukupi, tapi juga memastikan bahwa air yang masuk ke tubuhnya sehat serta tidak mengandung kuman dan bakteri.

Suami atau anak Anda mungkin lupa mencuci botol minum mereka, bahkan tetap terbawa ke dalam tas hingga keesokan harinya. Di sini peran ibu yang lain adalah memastikan botol minum tetap bersih dan mencucinya secara berkala. Paling tidak, mengajak anggota keluarga untuk lebih peduli dengan kebersihan botol minumnya. Lalu, sebenarnya seberapa sering botol minum itu harus dicuci? Simak penjelasannya di bawah ini.

Seberapa Seringkah Kita Harus Mencuci Botol Minum?

Seberapa Seringkah Kita Harus Mencuci Botol Minum?
Jika Anda ingin berkomentar, "Tapi kan saya hanya mengisinya dengan air!" tahan komentar Anda. Sebab, Anda sebenarnya harus mencuci botol minum Anda setiap hari. Bakteri dan kuman berkembang dengan baik pada lingkungan yang lembab, basah, dan dengan suhu yang tepat. Masalah terbesar sebenarnya bukan pada botol minum ataupun air di dalamnya, tapi mulut yang menyentuh bibir botol. Bibir Anda mungkin telah terkena debu atau makanan berminyak. Dari sinilah bakteri tersebar ke botol minum Anda. Maka dari itu, pastikan anda tidak menunda - nunda waktu mencuci wadah minum plastik ini.

Jika Anda lupa terakhir kali mencuci botol minum, lakukan sekarang juga! Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Treadmill Reviews pada tahun 2017 menemukan bahwa dalam setiap inci persegi botol minum yang tidak dicuci selama seminggu, terdapat 300.000 sel bakteri. Ini lebih banyak ketimbang jumlah sel bakteri yang terdapat di tempat minum anjin peliharaan Anda, bahkan wastafel tempat Anda mencuci piring. Meskipun bakteri ini tergolong tidak terlalu berbahaya, tetap saja hal ini menjijikan.

Mencuci Botol Minum dengan Baik dan Benar          


 Lalu, bagaimanakah cara mencuci botol minum dengan baik dan benar agar tidak ada lagi sel bakteri dan kuman bersarang dan berkembang biak di dalamnya? Ada beberapa cara mudah mencuci wadah plastik yang satu ini, simak yuk!  

1. Gunakan Air dan Sabun

Gunakan Air dan Sabun

Cara paling mudah mencuci botol minum adalah menggunakan air dan Sunlight Plus Anti Bau. Pastikan Anda membilasnya dengan air hangat atau air panas agar hasilnya lebih optimal. Selain itu, disarankan untuk mencucinya di sore hari agar botol minum Anda bisa dikeringkan semalaman. Esok paginya, botol minum Anda siap dipakai kembali. 

2. Tambahkan cuka

Tambahkan Cuka

Campur air dan cuka dengan perbandingan 4:1. Masukkan ke dalam botol dan kocok selama beberapa saat. Diamkan selama semalam dan bilas dengan air hangat setelahnya. Anda juga bisa menambahkan sedikit baking soda.

3. Beli perlengkapan membersihkan botol

Beli Perlengkapan membersihkan botol

Jika Anda memiliki dana lebih, belilah satu set pembersih botol. Anda juga akan mendapatkan sebuah sikat panjang yang dapat menjangkau bagian dasar botol minum Anda. dengan begitu, Anda dapat membersihkan botol dengan lebih mudah.   

4. Pastikan botol minum Anda kering

Pastikan Botol Minum Anda Kering

Bagaimanapun cara mencuci botol yang Anda aplikasikan, pastikan Anda mengeringkan botol Anda hingga benar-benar kering. Akan lebih baik jika Anda memiliki lebih dari satu botol minum untuk digunakan secara bergantian.    

Sebagai ibu cerdas, tentu Anda bisa memaksimalkan peran ibu rumah tangga dengan cara-cara sederhana seperti ini, untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Anda tentu tidak ingin anggota keluarga Anda jatuh sakit hanya gara-gara hal sepele, bukan? 


TOP