Bagian Dapur yang Harus Dibersihkan Setiap Hari

Salah satu kegiatan wajib dalam rumah adalah membersihkan dan merapikan. Selain agar rumah terlihat segar dan rapi, juga terhindar dari ancaman penyakit akibat kurangnya perhatian pada kebersihan rumah. Meski terkadang kegiatan membersihkan rumah tampak membosankan, hal ini harus tetap dilakukan. Selain kamar tidur dan kamar mandi, kebersihan dapur dan ruang makan adalah prioritas setiap hari.

Jika tak teliti, banyaknya aktivitas di dapur bisa mengundang bakteri untuk bersarang. Bisa jadi, makanan yang kita buat malah menyebabkan penyakit karena dapur tidak higienis. Tidak usah khawatir, berikut adalah beberapa tempat ‘wajib’ dalam dapur yang memang harus dibersihkan setiap hari.


1. Wastafel Dapur

Wastafel Dapur
 

Wastafel merupakan salah satu area terkotor di dalam dapur. Pasalnya, mencuci sayuran, buah, peralatan setelah masak, hingga piring kotor setelah makan dilakukan di sini. Bakteri bersarang di tempat-tempat makanan sisa. Jadi, kebersihan wastafel tak boleh diabaikan. Sikat dan sabuni dengan Sunlight Plus Anti Bakteri atau disinfektan minimal lima kali dalam seminggu. Bilas menggunakan air panas.

2. Lemari Pendingin (Kulkas)

  Lemari Pendingin (Kulkas)

Kulkas juga ternyata salah satu sarang bakteri, karena menyimpan berbagai macam masakan, makanan, bahan makanan dan sebagainya. Baik bagian dalam maupun luar kulkas tak boleh luput saat dibersihkan. Pegangan kulkas dapat dibersihkan dengan menggunakan air hangat dan sabun. Rak-rak dan laci tempat menyimpan daging harus dicuci sedikitnya sekali seminggu

3. Meja Dapur dan Kompor

Meja Dapur dan Kompor
 

Bakteri cenderung bersarang di meja dapur dan kompor, karena aktivitas memasak sebagian besar dilakukan di sini, seperti memotong, mencincang, dan mengaduk. Memasak bisa membuat pinggiran kompor penuh dengan remah-remah atau percikan kuah makanan, yang kalau menempel terlalu lama akan menjadi jamur. Untuk kebersihan yang optimal, gunakan pembersih khusus untuk membasmi bakteri serta kuman. Faktanya, makanan segar bisa terkontaminasi oleh meja dapur yang kotor.

4. Meja Makan

Meja Makan
 

Di mana ada makanan, di situ akan ada bakteri. Pastikan tempat makan selalu dibersihkan. Pada dasarnya, di mana pun Anda duduk untuk makan, tempat itu memang harus selalu dibersihkan. Tentu kita tidak nyaman menduduki tempat yang dikerubungi semut saat makan. 

5. Alat Elektronik di Dapur 

  Alat Elektronik di Dapur

Segera bersihkan microwave, oven, mixer atau alat lainnya setelah digunakan. Meski tampak bersih, sisa makanan yang tumpah di dalam microwave bisa menjadi sarang banyak kuman.

6. Tempat Sampah

Tempat Sampah
 

 

Tempat sampah adalah sumber dari segala sumber bakteri. Segera bersihkan tempat sampah dan ganti dengan kantong yang baru. Selain lebih higienis, binatang seperti lalat atau kutu dan kecoa juga tak cepat menghinggapi.

7. Spons Pencuci Piring

Spons Pencuci Piring

Sibuk membersihkan dapur secara keseluruhan? Jangan lupa pastikan kebersihan benda - benda kecil seperti spons cuci piring. Selain mencucinya dengan sabun, bisa juga merendamnya dalam cuka putih. Jangan menunggu hingga spons berubah warna atau bentuk sebelum menggantinya dengan yang baru.

8. Bagian Dapur Lainnya

Bagian Dapur Lainnya 

Jendela, Pintu, Lemari - lemari penyimpanan, tombol lampu, keran wastafel, pegangan lemari dan lantai juga tak kalah penting. Banyak bakteri yang dengan mudah berpindah melalui tangan saat menyentuh benda - benda tersebut.


Membersihkan dapur bisa dimulai dari hal - hal kecil. Dapur yang bersih bisa membuat bahan  makanan bertahan lebih lama, karena kesegaran nya terjaga dengan baik. Dapur bersih minimalis akan membuat nyaman penghuninya.

PRODUK YANG DIGUNAKAN

TOP