15 IDE BISNIS UNTUK IBU RUMAH TANGGA YANG MENJANJIKAN

Menjadi perempuan di masa modern tidak bisa dibilang mudah. Banyak tuntutan ditujukan untuk perempuan, terutama pilihannya setelah menikah, apakah menjadi menjadi wanita karier atau ibu rumah tangga? Masing-masing pilihan tentunya memiliki tantangannya tersendiri. Menjadi wanita karier, misalnya, menuntut Anda untuk menghabiskan waktu paling tidak 8-10 jam sehari di kantor berikut perjalanan pergi-pulang. Itupun belum termasuk lembur dan dinas ke luar kota.

Sisi positifnya, Anda bisa mengembangkan kemampuan, potensi, dan passion Anda di bidang yang Anda minati. Selain itu, dengan memiliki penghasilan rutin setiap bulannya, Anda juga bisa membantu suami memenuhi kebutuhan rumah tangga. Namun, Anda tidak akan bisa fokus mengurus kegiatan rumah tangga, karena hampir sebagian besar waktu Anda akan dihabiskan untuk mengurus pekerjaan.

Menjadi ibu rumah tangga pun tidak kalah menantang, Anda harus memastikan seluruh kebutuhan keluarga terpenuhi dengan mendedikasikan seluruh waktu Anda. Memastikan kebutuhan suami dan anak - anak memang pekerjaan yang mulia, tapi bukan berarti tidak mengandunt risiko. Misalnya, merasa jenuh karena hampir seluruh waktu Anda dihabiskan di rumah, ataupun menjadi bergantung kepada suami secara finansial, karena Anda tidak memiliki penghasilan sendiri.

Ide Bisnis Untuk Ibu Rumah Tangga

Jika rasa jenuh Anda sudah mencapai titik yang cukup tinggi, Anda bisa mulai mengeksplor ide bisnis untuk ibu rumah tangga sebagai pengisi waktu luang Anda. Tidak ada salahnya mencari tahu dan melakoni bisnis yang bisa dilakukan dari rumah. Hal ini pun akan memberikan beberapa manfaat untuk Anda. Selain mengusir kejenuhan, dengan mengembangkan bisnis di rumah Anda juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan tanpa harus melakukannya dari kantor. Berikut 15 ide bisnis untuk ibu rumah tangga yang bisa dilakukan di rumah dan cukup menjanjikan.

1) Katering Atau Warung Makan

Katering atau Warung Makan
Jika rumah Anda terletak di sekitar kampus, perkantoran, maupun permukiman yang padat penduduk, membuka usaha warung makan maupun katering merupakan bisnis ibu rumah tangga yang cukup menjanjikan, terutama jika Anda bisa membuat masakan yang beragam dan enak. Warung makan kecil - kecilan akan menarik pengunjung terutama di jam makan siang, apalagi jika warung Anda bersih.

Selain itu, Anda bisa mempromosikan jasa katering/bekal makanan untuk ke kantor melalui suami Anda. Jika sukses, tentu akan banyak pelanggan yang Anda miliki. Jangan lupa, pastikan peralatan makan dan masak yang Anda gunakan selalu bersih dengan menggunakan sabun pencuci piring Sunlight yang memiliki deretan produk terbaik untuk menjamin setiap peralatan makan dan masak Anda selalu bersih.

2) Bisnis Online

Bisnis Online

Bisnis yang satu ini sedang marak, karena cukup mudah dilakukan dan bisa dijalankan dari mana saja, termasuk di rumah. Anda bisa memulai usaha ini kecil-kecilan dengan beragam produk. Misalnya, berjualan baju anak, jasa dropshipper, produk-produk rumahan, maupun makanan-makanan yang susah didapatkan di beberapa daerah. Jika berkembang, lama-kelamaan Anda bisa mempekerjakan orang lain dan mengelolanya secara profesional.

3) Les Privat

Les Privat
Membuka usaha les privat di rumah untuk keluarga di sekitar Anda yang memiliki anak SD bisa memberi banyak keuntungan. Selain Anda mendapat penghasilan tambahan, Anda bisa mengasah kemampuan Anda dalam mengajar anak-anak, orang tua lain tidak perlu khawatir menitipkan anaknya kepada Anda. Anda pun bisa membantu anak-anak tersebut memahami pelajaran yang ada di sekolahnya dengan suasana yang lebih santai dan kekeluargaan tanpa harus malu bertanya materi yang tidak dimengerti.

4) Penulis Lepas

Penulis Lepas

Bisnis untuk ibu rumah tangga yang satu ini bisa dikerjakan di waktu luang, dan Anda tidak perlu masuk kantor untuk memenuhi deadline yang ditentukan. Bisnis/pekerjaan ini cocok bagi Anda yang suka menulis. Dengan maraknya media online saat ini, jasa penulis lepas menjadi cukup menjanjikan.

5) Penerjemah Bahasa Asing

Penerjemah Bahasa Asing
Bila Anda memiliki kelebihan dalam penguasaan bahasa asing, maka Anda bisa memanfaatkan kelebihan Anda untuk menjadi penerjemah bahasa asing. Anda bisa mendapatkan beragam pekerjaan-pekerjaan untuk menerjemahkan bahasa asing melalui internet.

6) Kerajinan Tangan

Kerajinan Tangan
Saat ini banyak kursus-kursus singkat yang diberikan kepada ibu rumah tangga dalam meningkatkan kreatifitas. Jika Anda memiliki kemampuan dan kemauan yang cukup baik, menjual kerajinan tangan dapat menjadi bisnis untuk ibu rumah tangga yang cukup menjanjikan.

7) Laundry

Usaha Laundry
Kegiatan cuci-mencuci sudah melekat dalam kegiatan rumah tangga. Untuk itu, Anda bisa membuka usaha sampingan dengan usaha laundry. Anda hanya perlu menyediakan tambahan mesin cuci untuk mempermudah pekerjaan Anda. Bila usaha Anda sudah mulai berkembang, Anda juga bisa mempekerjakan orang untuk membantu Anda menjalankan usaha ini. Usaha laundry akan sangat bagus bila rumah Anda terletak di area ramai atau kawasan universitas yang terdapat banyak tempat kost.

8) Bisnis Aksesori Wanita

Bisnis Aksesori Wanita

Sebagai bagian dari penampilan, perempuan selalu membutuhkan aksesoris. Saat ini, berjualan hijab bisa menjadi bisnis ibu rumah tangga yang menjanjikan. Dengan mengambil keuntungan sedikit, asalkan penjualan hijab Anda cukup banyak peminat, tentu banyak penghasilan yang didapat. Begitu juga dengan penjualan gelang, kalung, anting, maupun scarf. Anda bisa melakukannya dengan nyaman di rumah.

9) Jual Pulsa Dan Token Listrik

Jual Pulsa dan Token Listrik
Sebagian besar orang tentu merupakan pengguna gadget yang membutuhkan pulsa secara rutin, selain itu sudah banyak rumah yang menggunakan sistem pulsa listrik. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan situasi tersebut dengan menjual pulsa dan token listrik. Dua hal ini bisa menguntungkan Anda karena pulsa handphone dan token listrik merupakan hal yang dibutuhkan banyak orang secara rutin.

10) Jasa Menjahit

Jasa Menjahit
Menjahit adalah salah satu keahlian yang patut dimiliki oleh ibu rumah tangga. Dengan bermodalkan 1 mesin jahit serbaguna dan kursus menjahit, Anda bisa mengembangkan keahlian Anda dan bisa membuka jasa layanan menjahit sebagai ide bisnis untuk ibu rumah tangga. Tetangga-tetangga pun tidak perlu repot-repot pergi jauh untuk mencari penjahit ketika ingin mengganti resleting celana ataupun membetulkan pakaian yang robek. 

11) Buka Warung

Buka Warung
Meskipun telah banyak minimarket di hampir setiap area permukiman, toko kelontong atau warung tetap memiliki prospek yang bagus, terutama apabila lokasinya lebih mudah dijangkau. Mulailah dengan menjual barang sedikit-demi sedikit. Jika laris, tentu Anda bisa mengembangkan usaha dan menjual produk yang lebih beragam.

12) Jualan Jus

Menjual Jus


Meskipun berjualan jus sudah menjadi hal yang lumrah di permukiman, Anda bisa mencoba berjualan dengan konsep yang berbeda. Misalnya, jus tanpa gula buatan, dan Anda bisa memastikan kesegaran buah yang Anda gunakan. Selain itu, Anda bisa membuatkan jus untuk keluarga Anda dengan bahan-bahan yang pasti menyehatkan sebab Anda memilihnya sendiri.

13) Berjualan Kue

Menjual kue

Berjualan kue akan menguntungkan jika Anda mampu memanfaatkan momentum. Anda bisa saja berjualan hanya di momen-momen tertentu, misalnya hari raya lebaran, natal, maupun imlek. Ide bisnis untuk ibu rumah tangga yang satu ini akan mengasyikkan bagi ibu yang hobi memasak. Hobi yang bisa menghasilkan uang menjadi suatu bonus, bukan?

14) Tempat Kost

Menyediakan Tempat Kost

Bila Anda memiliki tempat tinggal atau properti yang berdekatan dengan area kampus atau perkantoran, Anda bisa menjadikannya sebagai usaha yang menguntungkan untuk Anda dengan membuka tempat kost. Anda hanya perlu untuk menambahkan beragam fasilitas pendukung dan kemudian membuat iklan tempat kost yang Anda miliki.

15) Spa Rumahan Atau Salon

Membuat Spa atau Salon Rumahan

Tempat spa tidak harus mewah dan mahal seperti yang ada di hotel - hotel atau tempat spa khusus. Anda bisa membuka tempat spa rumahan dengan bahan - bahan tradisional dan alami yang tentunya lebih murah dibandingkan tempat spa khusus. Begitu juga dalam hal salon, khususnya untuk Anda yang memilki kemampuan khusus dalam penataan rambut. Manfaatkan tetangga dan teman - teman Anda sebagai pelanggan pertama Anda. Apabila hasilnya memuaskan, tentu bisnis rumahan ini bisa terus berkembang.

Ide - ide bisnis di atas akan membantu Anda untuk tetap bisa berkarya dari rumah sambil melakukan beragam tanggung jawab sebagai ibu rumah tangga dan sambil mendapatkan penghasilan. Untuk itu, bagi ibu - ibu kreatif, yang ingin membangun usaha sendiri sesuai dengan passion, Anda dapat mengikuti Kompetesi Foto #IbuBersinar dari Sunlight. Kompetisi ini merupakan komitmen dari Sunlight untuk membantu konsumen untuk bisa mengembangkan diri melalui passion yang dijalani dengan memberikan modal usaha sebesar sepuluh juta rupiah. Anda cukup berbagi inspirasi Anda dengan mengupload foto sesuai dengan passion Anda ke media sosial Facebook atau Instagram dengan menggunakan hashtag #IbuBersinar.

Yuk, jadi Ibu Rumah Tangga yang tetap berkarya dengan ide - ide usaha yang bisa menginspirasi orang lain!

PRODUK YANG DIGUNAKAN

TOP