15 CARA MENGHEMAT UANG BELANJA BULANAN UNTUK IBU RUMAH TANGGA

Dalam kehidupan sehari-hari sebuah rumah tangga tentu membutuhkan banyak kebutuhan. Selain kebutuhan untuk masing-masing anggota keluarga, Anda juga harus memenuhi kebutuhan sehari-hari di rumah. Beragam kebutuhan tersebut tentunya memerlukan biaya yang harus rutin untuk dikeluarkan. Apabila tidak diatur dengan baik, biaya kebutuhan belanja akan membengkak, dan hal ini tentu bukanlah hal yang baik dalam cara menghemat uang belanja bulanan Anda.

Cara Menghemat Uang Belanja Bulanan Untuk Ibu Rumah Tangga

Uang belanja bulanan merupakan hal yang penting untuk disiapkan setiap bulannya untuk dapat membeli beragam kebutuhan rumah. Hal ini tentu harus diatur dan dialokasikan dengan sebaik mungkin agar dapat memenuhi beragam kebutuhan penting untuk di rumah. Bagi Anda yang sudah berumah tangga, tentu sangat mengerti bagaimana sulitnya menemukan cara menghemat uang belanja bulanan. Namun, Anda tudaj perlu lagi pusing memikirkan nya. Berikut adalah 15 cara menghemat uang belanja bulanan untuk ibu rumah tangga yang mudah dipraktekkan!

1. Belanja Di Pasar Tradisional

Belanja di Pasar Tradisional
Belanja di pasar tradisional dapat memberikan Anda keringanan yang lebih ringan dibandingkan belanja di supermarket. Pasar tradisional tidak membebani pembeli dengan beragam pajak yang seringkali membuat harga barang-barang menjadi lebih mahal. Selain itu, Anda juga masih bisa menawar harga bahan-bahan yang Anda beli.

2. Usahakan Belanja Seminggu Sekali

Usahakan Belanja Seminggu Sekali

Belanja dalam jumlah besar secara sekaligus bisa menghemat pengeluaran dibanding membelinya satu-persatu. Karenanya, belanja mingguan akan membantu Anda untuk lebih irit dalam mengeluarkan uang. Meski demikian tidak masalah jika ada satu atau dua hal yang perlu dibeli mengecer di warung jika Anda membutuhkan

3. Bedakan Belanja Harian dengan Bulanan

Bedakan Belanja Harian dengan Bulanan
Agar uang bisa diatur dengan baik, bedakan belanja harian dan jajan dengan belanja bulanan. Buat posnya masing-masing agar tidak tercampur karena belanja bulanan melibatkan bahan-bahan selain masakan yang jatuhnya akan lebih mahal jika dibeli eceran. Gunakan uang belanja harian untuk beli eceran, sementara gunakan budget bulanan untuk belanja kebutuhan bulanan untuk membantu Anda dalam mengatur uang belanja.

4. Buat Daftar Belanja

Buat Daftar Belanja

Hal paling penting untuk menghindari pengeluaran yang tidak perlu saat berbelanja adalah dengan cara membuat daftar belanja. Daftar belanja akan membantu Anda untuk membeli beragam kebutuhan Anda sesuai dengan yang Anda butuhkan. Hanya saja, Anda perlu menetapkan hati untuk tidak tergoda membeli barang-barang yang tidak ada di daftar belanja Anda.

5. Selalu Bandingkan Sebelum Membeli

Selalu Bandingkan Sebelum Membeli
Ada baiknya apabila Anda melakukan perbandingan sebelum membeli kebutuhan Anda. Hal ini akan lebih menguntungkan Anda dalam hal harga apabila ada barang yang memiliki kualitas yang sama namun dengan harga yang lebih murah.

6. Barang - Barang Dengan Harga Diskon

Barang - Barang dengan harga diskon
Bila memungkinkan, belilah beragam kebutuhan rumah Anda dengan harga diskon. Hal ini akan sangat menguntungkan Anda dalam menghemat pengeluaran biaya belanja kebutuhan. Tidak perlu semua kebutuhan harus Anda beli dengan harga diskon. Namun, apabila ada beberapa barang yang memiliki harga cukup mahal dapat Anda beli dengan harga yang lebih murah, tentu kenapa tidak dan sudah pasti akan sangat membantu Anda dalam meringankan biaya belanja beragam kebutuhan rumah.

7. Simpan Nota Pembelian

Simpan Nota Pembelian
Menyimpan nota dari setiap transaksi belanja yang Anda lakukan akan sangat membantu Anda dalam mengetahui beragam harga barang-barang kebutuhan yang Anda beli. Hal ini tentu akan memudahkan Anda dalam mengatur uang belanja Anda. Anda bisa menghitung pengeluaran yang telah Anda keluarkan, sehingga Anda tahu berapa sisa uang yang masih bisa dibelanjakan.

8. Simpan Bahan Makanan Dengan Baik

Simpan Bahan Makanan dengan Baik
Menyimpan bahan makanan dengan baik tentu akan membuat Anda lebih hemat dalam hal uang belanja, karena Anda tidak perlu lagi membelinya. Simpanlah sisa-sisa bahan makanan dengan baik agar tidak mudah rusak atau basi. Namun, tetap diperhatikan masa waktu penyimpanan bahan-bahan makanan tersebut.

9. Buat Bumbu Dapur Sendiri

Buat Bumbu Dapur Sendiri
Saat ini, banyak bumbu-bumbu dapur yang instan. Pada dasarnya, bumbu dapur instan akan membantu Anda dalam memasak, namun, ada baiknya juga bila Anda bisa membuat beberapa bumbu dapur sendiri, apalagi jika bumbu dapur yang instan tersebut cukup mahal harganya. Hal ini akan membantu Anda menghemat uang belanja Anda.

10. Buat Masakan yang Tidak Mudah Mudah Basi

Buat Masakan yang Tidak Basi
Masakan yang tidak mudah basi bisa membantu Anda berhemat jika dibanding dengan makanan yang mudah basi. Persediaan bahan makanan akan cepat menipis jika Anda selalu memasak makanan yang mudah basi. Semakin cepat bahan makanan habis, maka semakin cepat pula Anda harus mengeluarkan uang untuk belanja lagi. Tentunya, periksalah dengan seksama lama waktu penyimpanan masakan Anda. Jangan sampai Anda masih menyajikan makanan yang sudah tidak cukup baik untuk dimakan karena terlalu lama disimpan. 

11. Buat Daftar Menu Makanan

Buat Daftar Menu Makanan
Membuat daftar menu makanan yang akan Anda masak setiap harinya akan membantu Anda dalam mengatur pengadaan bahan-bahan makanan yang dibutuhkan. Hal ini tentu akan membantu Anda hanya membeli bahan-bahan makanan yang Anda butuhkan untuk masakan per harinya.

12. Hemat Penggunaan Gas

Hemat Penggunaan Gas
Gas yang Anda gunakan untuk memasak turut andil dalam memboroskan uang belanja bulanan Anda. Pintar-pintarlah dalam mengatur setiap masakan agar Anda dapat menghemat penggunaan gas untuk memasak. Atur menu masakan Anda setiap hari agar aktivitas memasak Anda bisa diupayakan agar tidak menggunakan gas yang banyak. Gas di dalam tabung pun tidak akan dengan cepat habis, dan Anda bisa memperpanjang waktu penggunaannya.

13. Pakai Sistem Amplop

Gunakan sistem Amplop

Satu lagi cara untuk mencegah diri Anda untuk mengeluarkan uang lebih dari yang seharusnya adalah dengan menggunakan sistem amplop. Caranya, setelah Anda membuat daftar belanjaan bulanan, rencana pengeluaran bulanan, dan lain-lain; masukkan ke dalam amplop. Anda bisa membagi-baginya harian dengan menggunakan 31 amplop, atau mingguan dengan menggunakan 4 amplop saja. Sekedar berbagi pengalaman, menggunakan 31 amplop untuk membatsi uang yang dikeluarkan harian jauh lebih efektif!

14. Hindari Pemakaian Kartu Kredit

Hindari Pemakaian Kartu Kredit

Hal yang sering dilakukan ketika berbelanja di supermarket adalah belanja menggunakan kartu kredit. Hal ini sebaiknya Anda hindari jika ingin berhemat uang belanja bulanan. Mengapa? Karena jika mengandalkan kartu kredit, ada kemungkinan Anda akan berbelanja melebihi budget yang sudah Anda buat!

15. Buat Prioritas

Buat Prioritas

Prioritas merupakan hal yang penting dalam membantu Anda untuk menghemat belanja bulanan. Buatlah prioritas barang-barang yang akan Anda beli dan belanjalah sesuai dengan prioritas yang sudah Anda buat agar tidak banyak pengeluaran yang tidak perlu. Dengan membuat prioritas Anda dapat mengatur pengeluaran belanja Anda menjadi lebih hemat.


Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk menghemat pengeluaran bulanan Anda. Hanya saja, jika belum terbiasa, akan sangat mudah lupa melakukan hal-hal di atas. Oleh karena itu, Anda membutuhkan kemauan dan disiplin yang lebih, karena sekali Anda sudah terbiasa, maka Anda akan lebih mudah untuk mengatur setiap pembelian barang-barang yang Anda butuhkan. Hal ini tentu akan membantu Anda dalam menghemat uang belanja bulanan. Lakukanlah dan biasakan cara-cara di atas setiap Anda akan membeli beragam kebutuhan bulanan di rumah.


PRODUK YANG DIGUNAKAN

TOP