MEMAHAMI KONSEP KITCHEN TRIANGLE

Dalam menata dapur ada hal - hal yang harus Anda pertimbangkan dalam hal desainnya. Pada dasarnya, dalam menata dapur, desain dan tata letak beragam peralatan dapur haruslah mampu mendukung dan mempermudah aktivitas Anda di dapur, selain tentunya unsur keindahan. Dengan begitu, Anda akan bisa melakukan kegiatan di dapur dengan lebih optimal. Salah satu konsep untuk menjadi pertimbangan Anda dalam menata dapur adalah konsep kitchen triangle. Konsep Kitchen Triangle ini didasarkan pada tiga elemen penting yang ada di dapur sesuai dengan fungsinya, yaitu prep & clean zone (tempat menyiapkan dan membersihkan), mixing zone (tempat mengolah makanan), dan cooking zone (tempat memasak). Ketiga elemen ini haruslah membentuk segitiga agar semuanya bisa dijangkau dengan mudah.

Prep & Clean Zone

Prep & Clean Zone
Di zona ini, kegiaran menyiapkan hingga membersihkan bahan masakan dilakukan, termasuk cara menyajikan makanan yang telah siap saji. Biasanya yang terdapat di area ini adalah tempat cuci piring, tempat piring kotor, hingga rak piting maupun kabinet dan kulkas. Tempat - tempat ini akan difokuskan dalam satu area sebab memiliki fungsi yang sejenis. Dukung kegiatan membersihkan Anda dengan menggunakan Sunlight Double Power di mana setiap tetes dari konsentrat gel di lengkapi dengan kemampuan ekstra membersihkan lemak, dan mampu membersihkan piring dua kali lebih banyak. Aktivitas membersihkan peralatan dapur Anda akan lebih mdah, cepat dan hemat.

Mixing Zone

Mixing Zone

Area yang satu ini memilki fungsi untuk tempat mengolah makanan, mulai dari memotong, mengupas, mengiris, dan mencampur bahan - bahan masakan. Oleh karena itu, area ini haruslah selalu rapi dan bersih karena bersentuhan langsung dengan bahan masakan. Cara menyajikan masakan pun haus dipikirkan dengan matang, dan peralatan yang terkait proses pengolahan makanan harus disimpan di tempat yang mudah dijangkau, misalnya talenan, cobbek, mangkuk, atau pisau

Cooking Zone

Cooking Zone
Area ini adalah area paling utama sebab merupakan "jantung" dari dapur. Menata dapur berarti memikirkan secara matang di mana akan meletakkan cooking zone ini. Area ini digunakan untuk proses memasak bahan makanan. Area paling panas ini dilengkapi dengan kompor. Pastikan Anda meletakkan kabinet yang menyimpan peralatan masak di lokasi yang mudah dijangkau atau berada di dalam cooking zone ini, seperti panci, wajan, spatula, hingga bumbu dapur.

Ketiga area memasak yang dikenal dengan konsep kitchen triangle ini memiliki filosofi nya masing - masing untuk mendukung aktivitas Anda di dapur, karena dalam melakukan beragam aktivitas di dapur, Anda seringkali dituntut untuk melakukan beragam hal sekaligus. Seorang ibu bisa saja menanak nasi sambil menumis, di sisi lain membersihkan meja dapur ketika sedang menunggu memasak. Oleh karena itu, ketiga area segitiga di dapur ini dibuat dengan tujuan membedakan secara tegas bagian - bagian di dapur sesuai fungsinya. Kerapihan dan kebersihan dapur pun akan lebih terjaga.

Dengan menerapkan konsep kitchen triangle ini, Anda akan dapat meminimalisasi jarak yang harus ditempuh ketika sedang melakukan kegiatan di dapur. Dalam menata dapur, konsep kitchen triangle ini dapat diterjemahkan dalam satu desain yang serasi untuk semua jenis desain interior dapur. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan dapur yang sangat fungsional namun tidak mengesampingkan soal keindahan.


PRODUK YANG DIGUNAKAN

TOP