Berkreasi Di Dapur : 10 Tips Memasak Makanan Berlemak

Memasak merupakan satu hal yang biasanya menjadi kegemaran banyak orang, baik perempuan dan laki-laki. Kegiatan memasak adalah aktivitas sehari-hari yang dilakukan di rumah yang tentunya untuk menyiapkan makanan bagi keluarga ataupun pada momen tertentu seperti acara-acara spesial. Memasak dapat menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan di dapur. Namun, aktivitas memasak dengan menggunakan banyak peralatan di dapur akan menambah pekerjaan untuk membersihkan semua peralatan tersebut setelah memasak.

Salah satu masakan yang seringkali menjadi cukup merepotkan adalah makanan berlemak, yang dalam memasaknya banyak meninggalkan sisa-sisa lemak baik pada peralatan masak dan peralatan makan yang digunakan. Lemak sendiri adalah salah satu nutrisi yang penting untuk tubuh, terutama fungsinya sebagai sumber energi. Selain itu, lemak sangat berperan dalam pembentukan rasa di setiap makanan yang Anda masak. Dapatkah Anda membayangkan sosis yang tidak berlemak, roti tanpa margarin, sup tanpa kaldu? Rasanya tidak akan sekompleks dan seenak yang Anda inginkan. Lemak juga merupakan satu dari empat nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh manusia selain air, protein, dan karbohidrat.

3 Hal Dalam Menggunakan Lemak

Dalam memasak makanan yang berlemak, ada tiga hal yang bisa Anda perhatikan dalam menggunakan lemak, yaitu :

1. Lemak Sebagai Bahan Utama Masakan  

Lemak Sebagai Bahan Utama Masakan      

Dalam hal ini, lemak merupakan bahan utama dalam sebuah masakan, baik untuk memperkaya rasa atau untuk mencapai tekstur tertentu dari sebuah masakan. Ketika Anda memasak burger, misalnya. Memilih daging yang berlemak cukup penting, sebab ketika dimasak, lemak daging akan terserap ke dalam daging dan menambah kadar air di dalam daging, sehingga daging burger Anda tidak alot.

2. Lemak Sebagai Medium Dalam Memasak    

Lemak Sebagai Medium Dalam Memasak    

Dalam hal ini Anda dapat menggunakan lemak untuk mencapai kematangan atau warna tertentu dalam memasak sebuah masakan. Misalnya ketika menggunakan minyak untuk memasak, ataupun memanggang roti beroleskan mentega. Segala jenis lemak yang Anda panaskan untuk memasak makanan, bisa dikategorikan lemak sebagai medium memasak.

3. Lemak Sebagai Penyedap Rasa Masakan

Lemak Sebagai Penyedap Rasa Masakan

Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan lemak untuk menambah rasa tertentu pada masakan sebelum dihidangkan. Contohnya adalah minyak wijen pada masakan mie, sour cream pada sup atau butter pada crusty bread.

10 Tips Memasak Makanan Berlemak Yang Bisa Anda Lakukan  

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa memasak makanan berlemak cukup menjadi hal yang merepotkan bagi Anda. Selain proses memasaknya, tentu adalah proses membersihkan beragam peralatan yang digunakan maupun membersihkan area dapur. Untuk itu, Anda perlu memiliki tips memasak makanan berlemak yang tepat agar aktivitas memasak Anda lebih nikmat dan proses membersihkan beragam peralatan yang digunakan tidak menjadi hal yang sangat merepotkan. Simak 10 tips memasak makanan berlemak yang bisa anda lakukan berikut ini. 

1. Start Fresh

Buat Persiapan

Selalu mulai memasak dengan kondisi dapur yang bersih, jadi Anda hanya perlu menguatirkan masakan Anda dan peralatan yang Anda gunakan. Gunakan peralatan memasak secukupnya, dan selalu bersihkan setelah Anda selesai menggunakannya. Dengan begitu, Anda bisa selalu start fresh ketika akan memasak kembali. 

2. Buat Persiapan

Start Fresh

Hal ini cukup penting terutama untuk Anda yang gemar memasak. Tips memasak yang satu ini bisa memotong waktu memasak Anda, lho! Anda bisa menyicil memotong bawang, membuat saus, membuat adonan, maupun memotong dan menyiangi sayuran yang akan Anda masak selama seminggu ke depan. Merepotkan, memang, namun akan sangat membantu Anda ketika Anda ingin memasak dan hanya memiliki sedikit waktu. Anda bisa meluangkan waktu pada akhir pekan untuk menyiapkannya. Jangan lupa untuk menyimpannya di dalam plastik kedap udara. 

3. Gunakan Peralatan Sesuai Kebutuhan

Gunakan Peralatan Sesuai Kebutuhan

Gunakan peralatan memasak secukupnya. Penggunaan gelas ukur, sendok, ataupun mangkuk mungkin bisa Anda kurangi jika dirasa tidak terlalu dibutuhkan. Anda tidak perlu meletakkan semua bahan masakan Anda di dalam mangkuk kecil, jika hanya berfungsi sebagai wadah sementara. Anda juga bisa mengganti peralatan mengaduk dengan menggunakan tangan, seperti membuat adonan roti, salad, bakso, atau burger. Satu tips menarik: Anda bisa menyiapkan semangkuk air hangat di sisi Anda untuk meletakkan peralatan yang telah Anda gunakan untuk melunturkan noda-noda yang sulit dihilangkan. 

4. Pahami Resep Makanan

Pahami Resep Makanan

Anda perlu untuk memahami resep makanan yang akan dimasak untuk membantu Anda mempersiapkan segala macam bumbu, bahan makanan dan peralatan yang pada dasarnya akan digunakan. Hal ini akan membantu agar Anda tidak perlu mengeluarkan beragam bahan-bahan dan peralatan yang tidak dibutuhkan sehingga membuat dapur tampak kotor dan berantakan. 

5. Gunakan Mangkuk Untuk Mempersiapkan Bumbu Masak

Gunakan Mangkuk untuk Mempersiapkan Bumbu Masak

Dalam mempersiapkan bumbu-bumbu masak, terdapat beberapa jenis bumbu dimana Anda harus mengupasnya terlebih dahulu. Apabila jangkauan tempat sampah cukup jauh, Anda bisa menggunakan mangkuk khusus untuk digunakan sebagai wadah menampung sampah tersebut agar tidak tergeletak secara sembarangan yang membuat dapur Anda kotor. 

6. Keep Moving

Atur Sampah Anda

Ketika Anda memasak, pastikan Anda selalu bergerak dan melakukan sesuatu. Sambil menunggu masakan Anda matang dari oven, Anda jadi punya waktu untuk melakukan hal lain. Gunakan kesempatan ini untuk membersihkan area dapur Anda. Dengan begitu, Anda tidak menumpuk kotoran untuk dibersihkan di akhir waktu Anda memasak. Masakan matang, dapur pun bersih. 

7. Atur Sampah Anda  

Bersihkan Segera Beragam Jenis Tumpahan

Membuang sampah pada tempatnya adalah satu hal sederhana yang sering diabaikan, termasuk ketika memasak. Anda bisa mengaplikasikan tips yang satu ini dengan meletakkan plastik sampah atau mangkuk di dekat Anda. Setelah Anda mengupas bawang, segera sisihkan kulit bawang dan buang di plastik atau mangkuk yang telah Anda sediakan. Dapur Anda akan terbebas dari sampah dengan segera, dan selalu terlihat bersih. 

8. Bersihkan Segera Beragam Jenis Tumpahan

Langsung Bersihkan Peralatan Masak

Noda membandel memang tidak bisa dihindari. Lemak yang tumpah dari panci, minyak goreng yang meletup dari wajan dan mengotori kompor, maupun bumbu ulekan yang terciprat ke mana-mana. Jika Anda menemukan hal seperti ini, jangan didiamkan! Lebih baik segera bersihkan dengan kain lap sebelum noda-noda itu mengering dan susah dibersihkan.  

9. Langsung Bersihkan Peralatan Masak

Gunakan Air Hangat

Usahakan untuk tidak menumpuk peralatan masak yang sudah Anda gunakan di tempat pencuci piring Anda. Segera cuci peralatan yang sudah selesai Anda gunakan selain agar sisa-sisa masakan Anda tidak mengering dan menjadi sulit untuk dibersihkan, hal ini juga akan membuat dapur Anda tampak lebih bersih. 

10. Gunakan Air Hangat

Untuk memudahkan dalam membersihkan peralatan masak yang Anda gunakan untuk masakan berlemak, Anda bisa gunakan air hangat pada peralatan tersebut sebelum Anda mencucinya dengan sabun pencuci piring Anda.

Tidak sulit untuk memasak makanan berlemak tanpa membuat dapur Anda kotor dan berantakan. Dengan tips memasak yang efektif tersebut, Anda pun tidak akan mengalami kesulitan dalam membersihkan beragam peralatan masak yang Anda gunakan. Dalam membersihkan peralatan-peralatan tersebut, pada dasarnya ada beberapa bahan yang bisa Anda gunakan, namun untuk kemudahan dan keampuhan yang tidak diragukan lagi, Anda bisa menggunakan Sunlight Jeruk Nipis. Sabun cuci piring yang satu ini dibuat dari ekstrak jeruk nipis, dan terbukti ampuh membersihkan noda membandel dengan mudah. Tidak hanya mampu membersihkan, Sunlight Jeruk Nipis juga menghilangkan bau tidak sedap dari peralatan memasak Anda, juga membuat peralatan masak Anda kesat, tidak licin. Selamat mencoba!

PRODUK YANG DIGUNAKAN

TOP