Tips Ampuh Merawat Koleksi Pisau Dapur

Pisau dapur tentu menjadi salah satu koleksi peralatan dapur yang berharga bagi Anda. Jika Anda hobi memasak, pisau dapur merupakan perlengkapan yang tidak pernah absen dari genggaman tangan. Banyak sekali jenis pisau dapur yang sering digunakan, misalnya pisau daging, pisau iris, dan pisau kue.

Jika Anda sudah memiliki koleksi pisau dapur yang cukup lengkap, Anda juga harus menguasai cara merawatnya dengan benar. Cara membersihkan peralatan dapur memang berbeda-beda, tergantung dari bentuk, fungsi, dan materialnya. Anda bisa merawat koleksi pisau dapur dengan mudah bila sudah memahami tips-tips ampuh ini.

Menyimpan Pisau pada Wadah Khusus

Menyimpan Pisau pada Wadah Khusus  

Sebaiknya Anda selalu meletakkan koleksi pisau dapur Anda pada wadah khusus. Wadah tersebut biasanya terdiri dari beberapa sekat yang terpisah, sehingga bagian pisau yang tajam tidak saling tergores satu sama lain. Cara menyimpan pisau yang satu ini juga sangat aman, karena biasanya wadah pisau memiliki bentuk yang tertutup untuk melindungi mata pisau. Tangan Anda tak akan mudah tergores karena tidak akan bersentuhan langsung dengan mata pisau.

Memilih Talenan yang Tepat

Memilih Talenan yang Tepat

Bahan dasar talenan ternyata bisa mempengaruhi kondisi mata pisau Anda. Jika ingin mengiris daging, sayuran, atau bahan lainnya, sebaiknya Anda menggunakan talenan dari bahan kayu atau polyethylene. Talenan yang terbuat dari kaca, batu granit atau besi tidak baik bagi pisau dapur, karena ketiga material tersebut bisa membuat mata pisau jadi cepat tumpul.

Mencuci Pisau dengan Sabun Cuci Piring Berkualitas

Mencuci Pisau dengan Sabun Cuci Piring Berkualitas  

Gunakan sabun cuci piring yang berkualitas seperti Sunlight untuk membersihkan koleksi pisau dapur Anda. Dengan varian produk yang lengkap, Sunlight bisa menjadi andalan Anda untuk membersihkan beragam peralatan dapur secara maksimal, karena setiap produk Sunlight diformulasikan secara khusus untuk membersihkan lemak, kotoran dan noda yang membandel. Anda tidak akan kesulitan membersihkan sisa lemak dan noda yang menempel pada pisau dapur bila Anda menggunakan Sunlight.

Jangan merendam pisau dalam air

Jangan Merendam Pisau dalam Air  

Proses pencucian pisau dapur harus dilakukan secara cepat dan hati-hati. Anda juga disarankan untuk tidak merendam pisau dapur dalam air. Agar pisau dapur tidak mudah berkarat dan tidak ada bercak air yang membandel pada permukaan pisau. Setelah pisau dicuci, Anda wajib mengeringkannya dengan kain lap bertekstur lembut. Pastikan bahwa pisau sudah benar-benar kering sebelum disimpan. Sebab bercak air pada permukaan pisau bisa menimbulkan kerak yang membuat pisau kelihatan kusam.

Mengasah Pisau Secara Teratur

Mengasah Pisau Secara Teratur  

Semakin sering Anda menggunakan pisau dapur, berarti Anda juga harus semakin sering mengasahnya. Pisau dapur yang sering digunakan harus diasah setiap satu minggu sekali. Agar mata pisaunya tetap tajam dan berkilau ketika hendak digunakan. Proses pengasahan harus dilakukan secara teliti. Posisi pisau dan pengasah pisau harus membentuk sudut 20 derajat supaya bisa menghasilkan tingkat ketajaman yang sempurna. Mengasah pisau secara teratur juga dapat meminimalkan timbulnya karat pada bagian mata pisau.

Cara membersihkan peralatan dapur memang tidak sulit kalau Anda mau melakukannya secara cermat. Koleksi pisau dapur kesayangan pun akan senantiasa bersih dan terawat bila Anda telaten. Di lain kesempatan, Anda pasti tidak ragu menambah koleksi pisau dapur sesuai kebutuhan. Sebab pisau-pisau dapur Anda tidak mudah rusak atau tumpul walaupun sudah lama digunakan.


PRODUK YANG DIGUNAKAN

TOP