Tips Efektif Melakukan Pekerjaan Rumah Sambil Mengasuh Anak

Menjadi seorang ibu rumah tangga bukanlah pekerjaan yang mudah. Meskipun kelihatannya ibu rumah tangga hanya di rumah dan mengurus rumah, suami, dan anak, banyak tanggung jawab yang dipikul ibu rumah tangga. Menjadi ibu yang baik tidak bisa dicapai dengan sekejap mata.

Salah satu peran ibu adalah memastikan bahwa kebutuhan seluruh anggota keluarga terpenuhi, serta menjaga rumah menjadi tempat pulang yang dirindukan seluruh anggota keluarga. Ibu harus bisa membuat suasana rumah nyaman untuk semua anggota keluarga. Ibu juga harus senantiasa menjaga kebersihan dan kerapihan rumah agar rumah tidak kotor, berdebu. Rumah yang rapi dan bersih akan membuat keluarga betah dan menghindarkan tubuh dari penyakit. .

Dengan begitu banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan seorang ibu, menjadi ibu yang baik dan cerdas berarti harus dapat mengatur waktu sebaik mungkin agar pekerjaan tidak menumpuk. Tentu ini bukan hal yang mudah, terutama ketika sudah memiliki anak. Di satu sisi anak minta diperhatikan dan harus diasuh, di sisi lain pekerjaan rumah begitu banyak. Dapatkan seorang ibu mengatasi semuanya? Simak tips-tips efektif untuk ibu dalam melakukan pekerjaan rumah sambil mengurus anak.

Waktu Anak Tidur Siang

1. Waktu Anak Tidur Siang

Saat anak tidur siang adalah saat yang tepat untuk mengerjakan pekerjaan rumah. Ketika anak tidur, Anda memiliki cukup banyak waktu untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan. Jika Anda tidak bisa berada di sampingnya setiap saat, cek keadaan anak Anda secara berkala. Waktu anak tidur siang adalah saat yang baik sebab anak Anda tidak akan merengek meminta perhatian.

Membersihkan Sebisa Mungkin

2. Membersihkan Sebisa Mungkin

Menjadi ibu rumah tangga sekaligus mengasuh anak membutuhkan kecekatan dan kemampuan multitasking yang mumpuni. Ketika Anda memiliki waktu yang cukup sempit, Anda harus mengerjakan banyak pekerjaan dalam satu waktu. Sebagai contoh, ketika memasak, Anda bisa sekaligus mencuci piring atau peralatan masak yang telah selesai digunakan. Gunakan Sunlight Clean & Soft yang merupakan perpaduan antara kemampuan membersihkan lemak dari ekstrak jeruk nipis asli dan lidah buaya yang melembabkan secara natural membantu Anda membersihkan piring dan tangan halus cantik. Ketika mencuci baju meggunakan mesin cuci, Anda bisa menyapu dan mengepel lantai rumah.

Kerjakan Secara Bertahap

3. Lakukan Secara Bertahap

  Mencoba mengerjakan semua pekerjaan rumah sekaligus adalah hal yang mustahil. Anda hanya akan menyusahkan diri sendiri, membuat stamina cepat terkuras dan cepat lelah. Ketika aselesai mengerjakan satu pekerjaan rumah yang berat dan menyita waktu, sempatkan beristirahan 10-15 menit sebelum melakukan pekerjaan rumah selanjutnya. Sesibuk apapun, jangan mengorbankan kesehatan Anda. Peran ibu tidak akan bisa dikerjakan secara maksimal tanpa kesehatan yang baik. Pastikan Anda Beristirahat dengan cukup dan makan makanan bergisi agar tidak mudah sakit, serta kondisi tetap prima.

Membuat Jadwal

4. Buat Jadwal

Menjadi ibu yang baik berarti Anda tidak boleh terlihat keteteran dalam menyeimbangkan pekerjaan rumah maupun mengasuh anak, bahkan melakukan kegiatan untuk diri Anda sendiri. Membuat jadwal memang kelihatan klise, tapi cara ini amat efektif untuk membuat Anda menjadi disiplin. Buatlah prioritas pekerjaan setiap harinya, tentukan waktu pengerjaannya, dan sisipkan waktu istirahat secukupnya. Dengan begitu, Anda tidak akan keteteran dan pekerjaan akan selesai tepat waktu.

Jangan Segan Meminta Bantuan

5. Jangan Segan Meminta Bantuan

 Meskipun ibu adalah tulang punggung keluarga dalam hal mengurus rumah, jangan menanggung beban itu sendirian. Kebersihan dan kerapian rumah merupakan tanggung jawab seluruh anggota keluarga. Peran ibu adalah memastikan semuanya berjalan lancar, setiap orang melakukan tugasnya masing-masing. Jika Anda merasa kelelahan dan membutuhkan bantuan, jangan sungkan untuk berkomunikasi dengan suami, atau anak, jika anak sudah cukup besar untuk mulai belajar melakukan pekerjan rumah
 
Jika Anda merupakan wanita karir, jangan ragu untuk mempekerjakan seorang asisten rumah tangga untuk membantu Anda mengurus rumah. Keluarga yang sehat dan terhindar dari stress akan menjadi keluarga yang bahagia. Anda tentu tidak akan mengorbankan kebahagiaan keluarga Anda demi apapun bukan?


PRODUK YANG DIGUNAKAN

TOP