Tips Memilih Taplak Meja untuk Mempercantik Meja Makan

Sebagai aksesori, taplak meja mungkin sering luput dari perhatian. Ketika menata dapur, seringkali kita lupa memilih taplak meja yang sesuai dengan tema dapur. Padahal meskipun sepele, taplak meja bisa menjadi satu elemen yang mampu “menghidupkan” suasana dapur dan memberi warna. Menata dapur minimalis bukan berarti menghilangkan segala sesuatu yang berkesan ramai. Kekuatan taplak meja dalam memberikan sentuhan warna dalam suatu ruangan tidak hanya dapat diterapkan di meja makan, namun juga meja ruang tamu.

Selain sebagai pemanis ruangan, taplak meja juga memiliki fungsi yang cukup penting, yaitu melindungi sesuatu yang ada di di bawahnya. Taplak meja makan, misalnya mampu melindungi meja makan dari tumpahan saus, kuah sayur, ataupun minuman. Dengan menggunakan taplak meja, berarti cairan kotor tidak akan mengenai meja secara langsung dan lebih mudah membersihkan taplak meja ketimbang membersihkan meja makanan terutama jika bahan meja makan Anda memang perlu perawatan khusus.

Taplak meja juga mampu melindungi meja makan dari debu. Selain itu, teplak meja juga mampu menutupi kekurangan yang dimiliki meja, misalnya bagian yang mengelupas atau hangus terkena asap rokok. Bagaimanakah tips memilih taplak meja untuk menata dapur minimalis Anda?

Sesuaikan dengan Ukuran Meja

Sesuaikan Dengan Ukuran Meja

Taplak meja yang baik adalah yang berukuran sesuai dengan meja yang ditutupinya. Sesuaikan juga dengan bentuk meja Anda, apakah bulat, kotak, persegi panjang, atau tidak beraturan? Dengan begitu Anda akan dapat memilih taplak meja yang sesuai untuk meja makan Anda. Jika perlu, ukur meja Anda untuk mengetahui ukurannya dengan lebih akurat. Taplak meja yang kebesaran bisa menjuntai ke bawah, dan bisa terseret oleh pergerakan tubuh ketika makan, dan taplak meja yang kecil tidak bisa menutupi semua permukaan meja. Jika Anda ingin menambahkan ornamen, misalnya rumbai di tepi taplak, pastikan tidak mengganggu dan menyebabkan benda-benda di atasnya terjatuh. 

Pilih Bahan Berkualitas

Pilih Bahan Berkualitas

Dalam menggunakan kain sebagai taplak meja, terdapat beragam jenis bahan yang bisa Anda gunakan. Anda bisa memilih brokat, sutra, linen, maupun katun. Jangan sampai Anda salah memilih bahan untuk taplak meja makan Anda. Salah pilihan bisa berakibat repotnya Anda ketika mencuci taplak. Bahan lainnya yang dapat dijadikan taplak meja adalah plastik, foil, maupun kertas. Pastikan ketika menentukan pilihan, sudah sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Memiliki Warna Yang Senada

Memilih warna yang senada 
Biasanya setiap orang memiliki preferensi warna tersendiri dalam memilih aksesoris, begitupun dengan taplak meja. Ketika menata dapur minimalis, tidak berarti pilihan warna dan motif taplak meja Anda harus polos juga. Anda bisa memilih warna yang nyentrik atau penuh warna. Jangan melupakan fungsi utama dari taplak meja, yaitu melindungi meja makan. Anda mungkin masih berpikiran bahwa fungsi taplak meja hanya untuk elemen dekoratif, tanpa ada fungsi lainnya.

Pemilihan warna - warna polos dan kelaem memang tidak salah, dan dapur Anda akan terlihat lebih hangan dan kalem. Namun, di sisi lain nya, memilih warna yang kalem, cerah, dan polos justru akan membuat taplak meja lebih rentan terkena kotoran. Noda akan terlihat lebih jelas di taplak meja yang polos, sehingga sulit dibersihkan. Anda pun harus menaruh perhatian Ekstra. Tidak ada salahnya memilih taplak meja yang bermotif cukup ramai dengan warna - warna yang cerah, swelama menurut Anda sesuai dengan tema dapur, dapat meningkatkan napsu makan keluarga, serta mudah dibersihkan. 

Sesuaikan dengan Anggaran

Sesuaikan dengan Anggaran 
Hal ini cukup penting, sebab bagaimanapun keinginan Anda memilih taplak meja ketika menata dapur, Anda harus menyesuaikan dengan budget yang dimilki. Jangan lupa, harga menentukan kualitas.

Taplak dengan kualitas yang bagus belum tentu ditawarkan dengan harga yang murah, begitu pun sebaliknya. Namun, jangan lupa bahwa hal terpenting adalah menyesuaikan dengan fungsinya dan menyesuaikan dengan konsep ruang Anda. Jika memahami kedua hal tersebut, Anda akan lebih mudah menyesuaikan dengan budget. Lengkapi pula tampilan taplak meja di meja makan Anda dengan peralatan dapur yang bersih dengan menggunakan Sunlight Double Power. Setiap tetes dari konsentrat gel di lengkapi dengan kemampuan ekstra membersihkan lemak, dan mampu membersihkan piring dua kali lebih banyak. Mulai dari noda sisa di gelas sampai dengan wajan yang berlemak, Anda hanya butuh satu tetes saja!



PRODUK YANG DIGUNAKAN

TOP