TIPS MENGHEMAT AIR SAAT MENCUCI PIRING

Menjaga kebersihan dan kerapihan dapur adalah hal penting, namun ada satu hal penting yang sering kita lupakan dalam kehidupan sehari-hari: menghemat air saat mencuci piring. Satu hal sederhana ini memang terlihat sepele dan tidak banyak orang memperhatikan. Jadi, tugas kitalah untuk mulai menghemat air ketika mencuci piring.

Menghemat air bukan berarti kita tidak boleh mencuci piring secara sering, Namun, hal ini adalah agar Anda dapat lebih memperhatikan penggunaan air rumah tangga. Menumpuk cucian piring berlama-lama di tempat cuci piring memang bukan hal yang baik, maka kita harus mengatur dengan sebaik-baiknya. Berikut 6 tips menghemat air saat mencuci piring yang dapat Anda aplikasikan sehari-hari.

Buang Sisa Makanan ke Tempat Sampah

Buang Sisa Makanan ke Tempat Sampah 

Selain membuat Anda akan lebih mudah membersihkan cucian piring Anda di tempat cuci piring, membuang sisa makanan ke tempat sampah sebelum mencuci piring juga akan menghemat penggunaan air. Gunakan spons untuk membantu Anda membersihkan piring dari sisa makanan dan kotoran lainnya, ketimbang membuangnya ke wadah sampah di wastafel menggunakan air mengalir. Selain membuang air, Anda perlu membersihkan kembali wadah sampah yang menumpuk di wastafel Anda, yang akan membuang lebih banyak air.

Kumpulkan Piring dan Gelas Kotor di Dekat Wastafel

Kumpulkan Piring dan Gelas Kotor di Dekat Wastafel 

Mengumpulkan cucian piring di dekat tempat cuci piring akan memudahkan Anda dalam mengambil piring kotor maupun mengatur urutan mencucinya. Mengetahui apa saja yang Anda cuci bisa menghemat waktu, dan menghemat waktu mencuci piring sama dengan menghemat air. Apalagi jika Anda membersihkan terlebih dahulu kotoran “kasar” yang menempel di cucian piring Anda.

Siapkan Wadah Sabun Pencuci Piring

Siapkan Wadah Sabun Pencuci Piring 

Ketimbang menuangkan langsung sabun pencuci piring Anda langsung ke spons, meremasnya di bawah air mengalir dan melakukannya berkali-kali, akan lebih hemat bagi Anda untuk menyiapkan satu wadah khusus berisi campuran air dan sabun pencuci piring untuk mencuci piring kotor Anda. Selain menghemat air, melakukan ini bisa menghemat sabun pencuci piring Anda.

Untuk itu, gunakanlah sabun pencuci piring yang tepat, yaitu Sunlight Double Power. Setiap tetes dari konsentrat gel di lengkapi dengan kemampuan ekstra membersihkan lemak, dan mampu membersihkan piring dua kali lebih banyak. Mulai dari noda sisa di gelas sampai dengan wajan yang berlemak, Anda hanya butuh satu tetes saja! Dengan begitu, Anda bisa menghemat air lebih banyak hanya dengan menggunakan Sunlight Double Power.

gunakan keran dengan bijaksana

Gunakan Keran dengan Bijaksana

Jika Anda menggunakan aliran air keran ketika membilas cucian piring, pastikan untuk menyalakannya ke dalam intensitas yang rendah, sehingga debit air yang mengalir tidak banyak dalam satu waktu. Jika memiliki anggaran lebih, Anda bisa mengganti keran westafel Anda dengan keran beraliran rendah. Setelah itu, jangan lupa untuk selalu menutup keran dengan rapat setiap kali Anda selesai menggunakannya.

Gunakan Mesin Pencuci Piring

Gunakan Mesin Pencuci Piring

Mencuci menggunakan mesin pencuci piring bisa membantu Anda menghemat air, karena memiliki teknologi hemat energi dan air. Anda pun bisa mengira-ngira berapa banyak air yang digunakan untuk mencuci piring. Lain halnya dengan mencuci piring secara manual, di mana intensitas air yang keluar akan bergantung kepada berapa banyak cucian piring Anda dan berapa waktu yang Anda habiskan untuk mencuci semua piring kotor.

Bilas Piring dalam Wadah

Bilas Piring Dalam Wadah

Jika Anda melakukan hal-hal di atas seperti membersihkan kotoran piring sebelum mencucinya, mengumpulkan cucian piring, serta menggunakan sabun pencuci piring yang berkualitas, makan bukan hal sulit untuk membilas piring kotor Anda. Daripada menggunakan air mengalir, Anda bisa menggantinya dengan membilasnya di dalam wadah, bisa berupa ember atau baskom yang telah diisi dengan air bersih. Jangan lupa untuk mengikuti aturan mencuci piring yang benar, sehingga meskipun tidak menggunakan air mengalir, cucian piring Anda tetap bersih mengilat sempurna.

Tidak sulit untuk mengaplikasikan tips - tips di atas, bukan? Tunggu apalagi! Menghemat air akan membantu kita untuk mejaga ketersediaan air di bumi, terutama untuk generasi mendatang kelak.



PRODUK YANG DIGUNAKAN

TOP