MENJAGA KESEHATAN TUBUH DENGAN MAKANAN YANG BERSIH DAN HIGIENIS

Cara menjaga kesehatan tubuh perlu diterapkan sejak dini pada anak-anak. Dalam hal ini peran ibu sangat dibutuhkan. Terkadang anak-anak membeli jajanan di sekolah yang belum terjamin kebersihan dan kesehatannya. Ada baiknya jika para ibu memberikan bekal makanan yang dimasak di rumah untuk anak-anaknya, karena masakkan rumah lebih aman untuk dikonsumsi, khususnya untuk anak-anak.

Selain dari segi makanan, kesehatan tubuh juga perlu diperhatikan pada peralatan memasak yang digunakan. Jika peralatan memasak yang digunakan dalam kondisi bersih, maka hidangan yang Anda buat pun akan terbebas dari bakteri. Berikut ini adalah beberapa tips dalam menjaga kesehatan tubuh melalui makanan yang bersih.

1) Biasakan Mencuci Tangan Sebelum Makan

Biasakan Mencuci Tangan sebelum makan
Mencuci tangan merupakan hal yang paling penting dilakukan terutama sebelum makan. Karena tangan Anda merupakan salah satu bagian tubuh yang aktif, tanpa disadari kuman dengan mudahnya menempel di tangan Anda. Oleh sebab itu, Anda harus mencuci tangan menggunakan sabun dan air hangat agar tangan Anda lebih steril.

2) Mencuci Bahan Makanan Sebelum Diolah

Mencuci Bahan Makanan sebelum diolah

Setiap bahan makanan yang dibeli di pasaran belum tentu dalam kondisi bersih, sehingga kita perlu mencucinya terlebih dahulu sebelum diolah. Untuk bahan-bahan seperti sayuran dan buah-buahan bisa dicuci dengan menggunakan sabun untuk menghilangkan kandungan pestisida dan kotoran di dalamnya. Anda dapat menggunakan produk Sunlight Extra Nature yang terbuat dari garam mineral dan white tea yang ampuh untuk membersihkan pestisida pada sayuran dan buah-buahan. Caranya adalah dengan menyiapkan wadah yang berisi satu liter air dan setengah sendok teh Sunlight Extra Nature, kemudian masukkan buah dan sayur ke dalamnya, gosok-gosok agar kotoran terlepas dari buah dan sayur tersebut. Bilas kembali menggunakan air sampai bersih.

3) Peralatan dan Perlengkapan Dapur Harus Steril 

Peralatan dan Perlengkapan yang steril
Peran ibu juga penting dalam menjaga peralatan dan perlengkapan dapur agar selalu bersih karena hal ini akan mempengaruhi hasil masakan yang Anda buat. Kebersihan peralatan dapur harus diperhatikan agar tidak ada bakteri yang masuk ke dalam makanan. Jika di dalam makanan tersebut terdapat bakteri, maka sistem pencernaan pun akan terganggu dan menyebabkan berbagai macam penyakit. Oleh sebab itu, setiap peralatan dapur harus dibersihkan sebelum dan sesudah digunakan 

Dalam membersihkan peralatan dapur, Anda perlu memastikan bahwa tidak ada sisa-sisa kotoran atau lemak yang tertinggal. Hal ini juga sangat penting agar peralatan dapur Anda tetap steril dan aman untuk digunakan kembali. Anda dapat merendam dengan air panas atau hangat setiap peralatan dapur Anda yang kotor, dan Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan alami dari dapur seperti cuka, baking soda atau jeruk nipis untuk membantu Anda. Selain itu, gunakan juga Sunlight Habbatussauda yang tidak hanya membersihkan tetapi juga secara efektif akan mencegah pertumbuhan bakteri pada peralatan masak Anda.

5) Konsumsi Makanan yang Banyak Mengandung Vitamin dan Serat 

Konsumsi Makanan Yang Banyak Mengandung Vitamin dan Serat
Kita sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Tubuh Anda membutuhkan asupan vitamin yang baik untuk kesehatan, contohnya seperti vitamin D yang baik untuk mencegah bakteri dan virus masuk ke dalam tubuh. Begitu pula dengan serat yang baik untuk sistem pencernaan dan sistem kekebalan tubuh.

6) Hindari Memasak Bahan Makanan Terlalu Lama 

Hindari Memasak Bahan Makanan Terlalu Lama
Dalam mengolah bahan makanan tertentu, seperti sayuran sebaiknya tidak dimasak terlalu lama. Hal ini akan mengakibatkan kandungan vitamin di dalamnya menjadi berkurang atau bahkan bisa saja hilang. Cukup memasaknya sampai sedikit layu dan tidak terlalu keras agar kita lebih mudah dalam mengkonsumsinya.
 
Cara menjaga kesehatan tubuh dengan makanan yang bersih dan higienis akan membuat Anda terbebas dari berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Anda harus menyadari bahwa kebersihan merupakan aspek yang paling penting dan harus diperhatikan sejak dini.

PRODUK YANG DIGUNAKAN

TOP